10 Cara Membuat Murai Batu Cepat Gacor

Burungnya.com – Perawatan Murai Batu sampai gacor sebenarnya seperti apa? Apakah burung harus terus dilatih fisik siang malam atau diputarkan suara masteran 24 jam?

Bukankah itu terlalu keras untuk seekor burung? Ya, mungkin itu terlalu berlebihan. Murai Batu gacor sesuai dengan usia dan kemauannya.

Kalau burung belum mau bunyi gacor, bisa jadi alasannya dua. Dia memang belum mampu berkicau gacor karena faktor usia atau memang belum mau gacor karena perawatan yang belum tepat.

Nah di sini perawatan yang ditekankan memang soal keseharian burung. Jadi mulai dari pagi sampai malam ada perlakuan secara bertahap.

Baca juga:

Cara Merawat Murai Batu Sampai Gacor

1. Pagi Embun

Setiap pagi burung Murai Batu harus diembunkan. Waktu pengembunan bisa dilakukan ba’da solat Subuh atau sebelum matahari terbit.

Mengapa pengembunan Murai dilakukan pagi hari? Soanya pagi hari udara masih sejuk dan dingin. Tubuh Murai Batu akan semakin bila pengembunan dilakukan rutin.

Cara Merawat Murai Batu Gacor
Cara Merawat Murai Batu Gacor

2. Tempat Pengembunan

Di mana letak pengembunan yang bagus untuk Murai Batu? Biasanya lokasi yang paling bagus adalah di teras rumah yang nantinya bakal terkena sinar matahari pagi.

Teras jadi tempat yang cocok karena mudah dipantau dan tidak perlu memindahkan saat nanti burung mau dijemur.

3. Penjemuran Murai Batu

Setelah matahari terbit, biarkan Murai Batu dijemur sekalian selama 30 menit. Fungsi matahari ini untuk menghangatkan tubuh burung saja.

Tadi burung mungkin kedinginan karena pengembunan dilakukan pagi-pagi buta. Sekarang tubuhnya perlu dihangatkan.

4. Makanan Burung Batu Pakan EF

Pakan EF Murai Batu cukup jangkrik dan kroto. Porsi pemberiannya tergantung dari keinginan burung.

Sebagai contoh, Murai Batu terbiasa diberi jangkrik 10 ekor. Namun, Anda menambah 5 ekor jangkrik dan masih habis. Tandanya, porsi makan Murai Batu memang lebih banyak dari 10 ekor.

Misal Murai Batu sudah tidak mau jangkrik setelah diberi 17 ekor, berarti takaran pakan EF jangkrik yang tepat memang 17 ekor.

Makanan Burung Murai Batu yang Bagus (youtube.com)
Makanan Burung Murai Batu yang Bagus (youtube.com)

5. Murai Batu Tidak Dimandikan

Terdapat rahasia yang belum diketahui banyak orang. Sebenarnya Murai Batu tidak perlu dimandikan. Anda bisa memandikan burung seminggu sekali.

Alasannya karena Murai Batu sudah diembunkan setiap hari. Efeknya sama yaitu kesejukan.

Justru kalau Murai Batu dimandikan setiap hari, nanti bulunya bisa rontok. Bulu ekor menjadi berat dan burung bisa kehabisan tenaga karena menggerakkan ekor panjang yang berat.

6. Murai Batu Ditrek

Apabila Anda memiliki Murai Batu yang lebih muda, Anda bisa menggunakannya sebagai partner tempur. Biarkan burung tersebut menjadi teman latihan mental burung gacoan Anda.

Setelah jemur dan makan, Murai Batu dipertemukan dengan temannya yang lebih muda. Nanti burung Anda akan terpancing dan bunyi gacor.

Wajar karena Murai Batu termasuk hewan yang suka mempertahankan teritorialnya. Jika ada yang mengganggu burung akan melawan dan marah.

Begitu Murai Batu emosi, tunggu sebentar lalu bawa pergi burung muda tadi. Seakan-akan Murai Batu yang muda ketakutan melihat burung gacoan Anda, sehingga dia kabur.

Cara Merawat Murai Batu Lomba Agar Juara
Cara Merawat Murai Batu Lomba Agar Juara

7. Pemasteran

Selanjutnya pemasteran Murai Batu bisa menggunakan suara burung yang tipikal suaranya keras dan panjang.

Biasanya suara panjang dan ngerol akan membuat Murai Batu semakin garang. Bila Murai Batu cuma cuit-cuit saja, tandanya dia masih belum memiliki kemampuan berkicau gacor.

8. Kerodong

Menjelang malam burung Murai Batu sudah dimasukkan ke dalam rumah dan dikerodong. Udara malam bisa sangat dingin, jadi tujuan mengerodong sangkar biar suhu di dalam hangat dan angin tidak bisa langsun menerpa tubuhnya.

9. Terapi Suara Air

Burung Murai Batu bisa dilatih menggunakan terapi suara air. Anda bisa mendapat suara air ini dari YouTube atau didekatkan pada aquarium, kamar mandi, kolam, taman, dan kamar mandi.

Suara air yang menetes atau gemericik air bisa membuat Murai Batu lebih tenang dan tidak stres.

Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu (flickr.com)
Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu (flickr.com)

10. Tidak Instan

Jangan berharap segala sesuatu serba instan. Sebab, ada banyak tahapan membuat Murai Batu gacor dor.

Mungkin ada Murai Batu yang langsung gacor walau dipegang oleh pemilik yang ganti-ganti. Dia mungkin Murai batu dengan mental tangguh. Kemudian dia juga cepat beradaptasi.

Sehingga wajar bila Murai Batu langsung cepat gacor. Menurut kami, Murai Batu seperti ini merupakan tipe enakan.

Dia bisa langsung enak diajak oleh siapapun. Murai gacor seperti ini tidak pilih-pilih siapa pemiliknya. Apabila asupan makanan sudah sesuai dan perawatan bagus, dia pasti gacor.

Jadi sebenarnya perlu waktu untuk membuat Murai Batu matang dalam hal usia dan performa. Namun karena adanya faktor trah jawara dan gen indukan yang berkualitas, waktunya bisa dipercepat.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Murai Batu cepat gacor. Burung bisa cepat gacor apabila usia, mental, pengalaman, karakter, dan perawatan sudah cocok.

Namun, sulit menemukan setingan Murai Batu gacor jika cuma bermodalkan ikut-ikut perawatan sana-sini.

Jadi pada intinya kami memperkenalkan dasar-dasar perawatan Murai Batu agar cepat gacor. Sisanya Anda bisa memodifikasinya biar sesuai dengan karakter burung Murai Batu Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara merawat murai batu cepat gacor dor
  • rekomendasi penggacor burung murai batu

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.