5 Cara Membuat Warna Bulu Burung Kenari Cerah Alami

5 Cara Membuat Warna Bulu Burung Kenari Cerah Alami

Burungnya.com – Bulu burung Kenari selalu tampak cerah dan indah. Warna burung Kenari juga bervariasi, seperti Kenari merah, orange, kuning, putih, dan lain-lain. Namun, karena suatu hal, terkadang bulunya menjadi kusam dan tidak cerah lagi. Kalau sudah begini, pesona burung Kenari menjadi menurun. Hal ini berpengaruh pada rasa percaya diri di lomba.

Burung Kenari yang kurang percaya diri di lomba, mentalnya rapuh dan pastinya kurang fighter. Saat melihat lawan, burung Kenari malah takut atau malu. Alhasil, burung jarang berkicau dan macet bunyi. Tentu semua orang tidak ingin burung Kenari peliharaannya diam dan macet bunyi hanya gara-gara warna bulu yang kusam.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari yang Jarang Diketahui

Oleh sebab itu, cari cara agar warna bulu Kenari tetap cerah dan indah. Anda tidak perlu membeli obat mahal untuk mencerahkan bulu Kenari. Ini karena bahan-bahan alami saja sudah bisa membuat bulu Kenari cerah.

1. Bulu Kenari Diberi Minyak Ikan

Warna Bulu Kenari (electricliterature.com)
Warna Bulu Kenari (electricliterature.com)

Agar bulu burung Kenari menjadi cerah dan indah secara alami, Anda dapat membeli minyak ikan, lalu dicampur pada pakannya. Dengan minyak ikan tersebut, manfaatnya dapat membuat bulu burung mengilat dan selalu tampak cerah.

Caranya dengan mencampur minyak ikan ke dalam pakan burung Kenari. Misalnya, Anda sedang memberikan makanan Kenari berupa sayuran, biji-bijian, buah, atau telur puyuh, maka Anda dapat langsung mencampurnya dengan makanan tersebut.

Walau harga minyak ikan cukup mahal, tak ada salahnya memberikan sedikit minyak ikan pada burung Kenari. Paling tidak, seminggu sekali, burung Kenari harus mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan yang lain bisa Anda konsumsi sendiri untuk menjaga kesehatan.

2. Kenari Mandi dengan Bahan-bahan Alami

Cara Membuat Kenari Rajin Bunyi (videoblocks.com)
Cara Membuat Kenari Rajin Bunyi (videoblocks.com)

Kalau minyak ikan dirasa mahal, Anda tidak perlu memaksakan diri. Coba alternatif lain agar bulu Kenari terlihat cerah. Salah satunya, dengan memandikan burung dengan bahan-bahan alami, sepert cuka apel, air jeruk nipis, garam Inggris, freshAves, dan lain-lain.

Porsi pemberian bahan alami untuk mandi Kenari harus disesuaikan dengan takaran berikut:

  • Cuka apel: 2 sendok untuk 1 liter air mandi
  • Air jeruk nipis: 5 tetes untuk 1 liter air mandi
  • Garam Inggris: 1 gram untuk 1 liter air mandi
  • FreshAves: 5 gram untuk 1 liter

Manfaat Bahan Alami untuk Mandi Burung Kenari:

  1. Cuka apel mengandung antiseptic dan antiparasit untuk membersihkan kotoran pada bulu Kenari.
  2. Jeruk nipis dapat menghilangkan lemak yang menempel pada bulu dan menghilangkan kotoran yang membandel.
  3. Garam Inggris bisa membunuh bakteri pada kulit dan bulu Kenari serta membersihkan sisa-sisa kotoran.
  4. FreshAves bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu Kenari, mengembalikan warna bulu Kenari yang kusam, dan membasmi parasit di kulit serta bulu Kenari.

3. Makanan Alami agar Bulu Kenari Cerah dan Indah

Racikan Makanan Kenari (videoblocks.com)
Racikan Makanan Kenari (videoblocks.com)

Berikan makanan-makanan yang alami supaya bulu Kenari menjadi cerah dan indah. Makanan ini tersedia di pasar tradisional atau supermarket. Jika Anda tinggal di desa yang mempunyai kebun atau sawah, tentu akan lebih mudah mendapatkan makanan alami untuk burung Kenari.

Sayuran hijau sangat dianjurkan untuk pakan alami burung Kenari. Sebab, di dalam sayur tersebut terkandung banyak vitamin dan betacarotin untuk menjaga keindahan bulu burung.

Loading...

Jenis Makanan Alami untuk Burung Kenari

  • Sawi hijau
  • Tomat
  • Wortel
  • Bayam
  • Paprika merah
  • Selada
  • Ubi jalar
  • Labu
  • Melon
  • Apel
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Gambas
  • Selada
  • Daun ginseng
  • Kubis
  • Mentimun
  • Daun mengkudu

4. Cara Pemberian Sayur atau Buah ke Burung Kenari

Salah Merawat Kenari (studentswithbirds.wordpress.com)
Salah Merawat Kenari (studentswithbirds.wordpress.com)

1. Gantung di Dinding Sangkar

Cara pemberian sayur dan buah alami ini cukup mudah. Anda cukup mencuci bersih sayur atau buah kemudian potong secukupnya dan digantung di dinding sangkar. Sayur dan buah tidak tahan satu hari, kalau terlihat sudah layu segera buang atau ganti dengan yang baru.

2. Potong Kecil-kecil

Buah atau sayur dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan dalam cepuk pakan. Kalau burung Kenari tidak mau memakannya, maka campur dulu sedikit pada biji-bijian kesukaannya. Lama-kelamaan burung Kenari dapat makan langsung buah atau sayur langsung dari wadah makan.

3. Blender Buah dan Sayur

Agar mudah dicerna burung Kenari, buah dan sayur dapat diblender sampai halus. Pemberian jus ini bisa dilakukan setelah penjemuran. Burung biasanya lapar, sehingga mau makan dan minum jus tersebut.

5. Hal Buruk yang Harus Dihindari

Bulu Kenari Cantik dan Indah (zooplus.co.uk)
Bulu Kenari Cantik dan Indah (zooplus.co.uk)

1. Bulu Basah Langsung Jemur

Bulu burung Kenari bisa berubah menjadi kusam, apabila setelah mandi dan bulu basah kuyup, Anda langsung menjemurnya. Sebaiknya, setelah bulu basah kuyup, burung diangin-angin sebentar sampai bulunya mengering, baru menjemurnya maksimal 1 jam. Jika Kenari dijemur lebih dari 1 jam biasanya warna cerah pada bulunya akan memudar dan berubah menjadi kusam.

2. Polusi Udara dan Air

Burung yang sering dijemur di pinggir jalan rentan terkena polusi udara. Bahkan, bulunya bisa bertambah kotor karena banyak debu dan kotoran yang menempel. Usahakan, burung digantang di teras rumah yang sejuk dan tidak terlalu panas, sehingga bulunya tetap sehat. Saat memandikan, pastikan air yang digunakan selalu bersih.

3. Doping Bahan Kimia Berlebihan

Penggunaan doping pada burung sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat merusak burung dalam jangka panjang. Namun, karena tuntutan lomba agar bisa menang, sebagian kicau mania berani mengambil risiko.

Mereka sengaja memberi doping obat-obatan agar suara Kenari gacor dan tampil maksimal di lomba. Hasilnya, kenari gacor di lomba dan di rumah, tapi efek sampingnya bisa membuat bulu rontok atau kusam. Terkadang suara Kenari bisa menjadi serak dan akhirnya macet bunyi. Dampak terparah doping, dapat membuat kenari mati.

Baca juga:

Demikian beberapa cara membuat warna bulu Kenari cerah alami. Bulu burung Kenari sudah cerah sejak kecil. Namun, karena perawatan dan pemberian pakan yang salah, warnanya menjadi memudar dan kusam. Oleh karena itu, jaga baik-baik pakan dan lingkungan Kenari, sehingga bulunya tetap cerah dan indah.

Kalau mau membuat bulu burung tetap cerah, sebaiknya konsumsi makanan-makanan alami dan tanpa bahan kimia. Dengan begitu, bulu burung selalu terlihat cerah sampai kapanpun.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara membuat ramuan minyak ikan pada burung kenari
  • cara mewarnai bulu kenari
  • makanan kenari agar warna bulu cerha
  • makanan kenari buat warna bulunya
  • pakan kenari biar warna bagus
  • pewarna burung kenari alami

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!