Cara Memilih dan Melatih Merpati Kolong Juara dari Pakar Merpati

Cara Memilih dan Melatih Merpati Kolong Juara dari Pakar Merpati

Burungnya.com – Bagaimana cara memilih Merpati Kolong Juara atau Merpati Kolong yang Bagus? Pertanyaan seperti ini sering muncul bagi pecinta burung Merpati. Pasalnya, untuk mendapatkan Merpati Kolong terbaik masih sulit sekali. Oleh karena itu, mari kita cari tahu dari ahlinya.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, channel YouTube Merpati Lovers sudah mendapatkan jawabannya. Mereka bertanya langsung pada pakar Merpati yaitu Halilintar Team Pekalongan.

Dari situ, Anda akan mengetahui Merpati Kolong juara yang bagus itu seperti apa. Sebagai tanda terima kasih, ada baiknya Anda subscribe dulu channel YouTube Merpati Lovers.

Baca juga: 20 Cara Melatih Merpati Balap Untuk Pemula dan Pantangannya

Kalau sudah, saatnya membahas cara memilih Merpati Kolong Juara dilihat dari bagian fisik burung. Penjelasannya sederhana sekali, tapi kami yakin Anda cukup mudah memahaminya.

Cara Melatih Merpati Kolong (tribratanewsbantul.com)
Cara Melatih Merpati Kolong (tribratanewsbantul.com)

Ciri-ciri Merpati Kolong Juara yang Bagus

  • Mata burung Merpati Kolong harus jernih.
  • Bulu kalau bisa pilih yang lembut (memes) dan halus.
  • Badan tidak perlu terlalu besar, tapi pilih yang sedang saja.
  • Supit urang Merpati Kolong pilih yang tulangnya keras.
  • Sayap lembut, teratur kanan kiri, dan rapat.
  • Bagian dada terlihat kekar.
  • Pegangan burung Merpati Kolong terasa kecil, padahal terlihat badannya besar. Ini menunjukkan badan burung yang proporsional untuk menjadi juara.
  • Trah atau keturunan Merpati Kolong dari indukan juara.

Baca juga: Inilah Merpati Balap Termahal, Harganya Rp 6,7 Miliar

Dari ciri-ciri fisik Merpati tadi, Anda dapat memilih Merpati Kolong yang bagus. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyaksikan contoh Merpati Kolong Juara di video berikut.

Cara Melatih Merpati Kolong Juara

Nah, sekarang bagaimana cara melatih Merpati Kolong agar bisa menjadi juara atau jawara? Menurut penuturan Om Junaid selaku joki Merpati Qiu Qiu, begini cara yang benar dalam melatih Merpati Kolong.

Melatih setiap hari. Untuk giringan, burung Merpati Kolong dilatih selama 5-7 hari. Latihannya bertahap, mulai dari dekat, kemudian besoknya agak dijauhkan, dan seterusnya sampai jaraknya jauh.

Kalau burung Merpati Kolongan sudah giring, sebaiknya tidak perlu dijemur. Sebab, kalau dijemur, tenaga burung ini bisa habis dan saat lomba malah loyo.

Berkaitan dengan masalah Merpati Giring, kami akan membahas cara melatih agar burung Merpati Giring Keras.

Loading...

Baca juga: Ciri-ciri Burung Merpati Tinggian yang Berkualitas Bagus

Cara Melatih Merpati Giring Keras

Latihan Awal Agar Merpati Giring Keras

Pertama mandikan burung Merpati yang akan dijodohkan pada pagi hari. Tujuan memandikan Merpati di pagi hari adalah memudahkan kedua Merpati menjadi giring keras.

Merpati yang sudah dimandikan dijemur di bawah terik matahari, tetapi pisahkan saja dahulu kandangnya dan dijemur secara berdekatan.

Durasi lamanya penjemuran biasanya 2-4 jam tergantung terik matahari. Jangan sampai Merpati kita kepanasan atau jangan sampai melebihi jam 9 pagi. Oh iya, jangan lupa beri makan dan minum ketika Merpati dijemur.

Setelah penjemuran selesai, Merpati dimasukkan kembali ke kandang yang berbeda sampai malam.

Setelah malam, baru satukan kedua Merpati yang akan digiringkan di satu kandang dengan penerangan lampu minimal 5 watt.

Baca juga: 17 Cara Ternak Merpati Potong Lengkap dengan Analisa Usaha

Latihan Setelah Merpati akan Kawin

Lakukan tahap di atas selama 2-3 hari, dan apabila sudah mulai ada tanda-tanda akan kawin, sebaiknya masukan kedua Merpati ke dalam kardus atau sangkar tertutup. Biarkan merpati dalam satu kandang sampai siang hari.

Kalau sudah siang hari, pindahkan kedua Merpati di kandang yang terbuka, kemudian beri makan dan minum. Setelah itu Merpati dimasukkan kembali ke dalam kandang tertutup sampai malam hari.

Agar proses kawinnya cepat, di malam hari tambahkan jamu yang bisa dibeli di toko khusus hewan ataupun membuatnya sendiri.

Lakukan langkah pemberian pakan dan juga mengurung Merpati di kandang tertutup dengan durasi 3-5 hari tergantung Merpati itu sendiri.

Baca juga: Awal Mula Mike Tyson Menyukai Burung Merpati Sangat Mengharukan

Pengetesan Merpati Sudah Giring atau Belum

Setelah 3-5 hari, lakukanlah pengetesan apakah burung Merpati sudah giring atau belum dengan cara pegang Merpati betina di tangan kita lalu simpan Merpati jantan di kandang.

Apabila Merpati jantan gelisah dan ingin mendekati Merpati betina berarti kita sudah sukses membuat Merpati giring keras. Jika masih belum ulangi latihan di atas sampai Merpati giring.

Di samping itu, cobalah tes dengan cara melepas Merpati jantan dengan jarak tertentu setiap hari. Perhatikan tingkah lakunya, apakah masih giring atau tidak.

Perhatikan pula apakah Merpati betina akan bertelur atau tidak, jika sudah dipastikan Merpati betina akan bertelur lebih baik diistirahatkan dulu dari latihan.

Biarkan Merpati bertelur dan mengeram selama kurang lebih 1 minggu. Jika sudah 1 minggu, bersihkan kandang dari eraman telur atau telurnya di malam hari agar Merpati tidak stres.

Baca juga: Bea Cukai Tangkap Burung Merpati dengan Tas Kecil Berisi 178 Obat Terlarang

Terakhir, mandikan kembali dan jemur kedua Merpati agar lupa dengan telurnya. Namun, kalau Merpati sudah giring keras, sebaiknya tidak perlu dijemur lagi, cukup dimandikan saja.

Demikian cara memilih dan melatih Merpati Kolong Juara. Jangan lupa, berikan latihan yang rutin agar Merpati giring keras. Latihan ini butuh waktu yang tidak sama, tergantung dari Merpati itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dalam melatih Merpati agar menjadi juara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • asal usul merpati qiu qiu
  • sejarah merpati qiu qiu
  • doping juara merpati kolong
  • ciri ciri merpati qiu qiu
  • cara ternak merpati kolongan agar keturunan nya menjadi juara
  • cara memilih merpati kolong yang bagus
  • cara membuat merpati giring
  • cara melatih supit merpati
  • cara melatih merpati kolong di pagi hari
  • cara melatih merpati kolong dari kecil

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!