10 Cara Memilih Kandang Kucing Terbaik Nyaman dan Aman

Burungnya.com – Kucing paling suka dipelihara di dalam rumah yang luas dan bebas. Namun, dengan kehidupan kita yang super padat, aktivitas di rumah menjadi lebih banyak dan cukup merepotkan kalau banyak kucing berkeliaran di rumah.

Sebaiknya, kucing diberikan kandang agar dia tidak berkeliaran dan buang kotoran sembarangan. Kucing termasuk hewan yang lucu dan berkepribadian baik. Meski begitu, kucing juga harus tetap diberi kandang supaya dia merasa memiliki tempat tinggal privasi.

Di dalam kandang kucing disediakan berbagai keperluannya, termasuk litter box, tempat makan minum, dan tempat tidur. Itu saja kucing sudah bahagia, tapi dia harus sering dikeluarkan dari kandang biar tidak bosan.

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Kucing Gigit Tangan dan Mencakar Tubuh

Kandang Kucing Terbaik (vivohome.com)
Kandang Kucing Terbaik (vivohome.com)

Cara Memilih Kandang Kucing Terbaik

1. Ukuran Kandang Kucing Harus Disesuaikan

Kandang kucing harus disesuaikan dengan ukuran tubuh kucing dan luas ruangan yang kosong. Jangan sampai Anda membeli kandang terlalu besar sehingga tidak muat disimpan di rumah.

Ukuran tubuh kucing juga harus disesuaikan dengan luas kandang kucing. Tujuannya agar kucing merasa nyaman di dalam kandang.

2. Kandang Bertingkat dengan Sekat

Setiap kucing bisa diberi satu ruangan dalam kandang. Namun, Anda bisa memelihara 2-3 ekor kucing dalam kandang bertingkat. Ya, Anda juga harus membeli kandang yang bertingkat tiga dengan pembatas setiap lantainya.

Dengan begitu, setiap kucing tidak saling bertemu tapi bisa saling mengobrol. Kucing jadi tetap akrab dan tidak bertengkar satu sama lain. Kalaupun kucing bertengkar, mereka tidak akan saling melukai.

3. Kandang Lebar dan Luas

Pilih kandang kucing yang besar, luas, dan lebar. Tujuannya agar litter box bisa masuk ke dalamnya. Sehingga kandang akan tetap bersih karena kucing buang kotoran di dalam kandang.

Berbeda kalau kotoran dibiarkan di lantai, nanti kaki kucing bisa kotor dan sumber penyakit akan berdatangan. Selain itu, bulu kucing bisa tambah kotor.

Litter box sendiri kalau bisa menempel di lantai atau diikat dengan dinding kandang. Tujuannya agar pasir di litter box tidak gampang tumpah.

Baca juga: 8 Cara Memilih Kucing Lucu dan Sehat dari Ciri Fisik

4. Lantai Kandang Keramik

Sebaiknya pilih lantai dari bahan keramik yang dingin dan sejuk. Kucing menyukainya karena suhu di dalam ruangan lebih sejuk. Terlebih cara membersihkan kandang juga lebih mudah.

Loading...

Anda cukup mengepel lantai maka kandang sudah bersih kembali, wangi lagi. Agar tidak terlalu dingin, lebih baik sebagian lantai keramik dilapisi karbet.

5. Jeruji Kandang Kucing

Ada baiknya jeruji kandang kucing terbuat dari aluminium atau stainless steel. Sebab, bahan tersebut kuat dan aman untuk kucing. Berbeda dengan jeruji dari kayu, nanti bulu kucing bisa menempel di kayu.

Jeruji juga harus kuat dan cukup rapat. Pastikan jeruji tidak bisa membuat kaki kucing terjepit. Nanti kucing bisa celaka kalau Anda sedang pergi dan kakinya tak sengaja tersangkut.

6. Bawah Kandang Ada Rodanya

Agar mudah dipindah-pindah pilih kandang kucing yang bawahnya ada rodanya. Sebab, Anda pasti ingin menjemur kucing tanpa harus menyentuhnya. Sehingga Anda bisa memindahkan kandang sekalian.

Kasus lain, mungkin Anda ingin membersihkan kandang secara menyeluruh. Sehingga kalau ada rodanya, Anda tinggal menggesernya dengan mudah.

Baca juga: 50 Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Kucing

7. Kandang Bahan Plastik

Pilih kandang kucing dengan ornamen berbahan plastik. Tujuannya agar kandang kucing lebih mudah dibersihkan dan tidak membahayakan kucing.

Plastik termasuk bahan yang kuat untuk kucing. Kalau besi nanti bisa berkarat bila terkena cairan. Sementara kayu bisa menyerap cairan sehingga sulit dibersihkan. Apalagi kalau kayu terkena air pipis, nanti baunya pasti sangat awet.

8. Kandang Bertingkat dengan Tangga

Kalau kucing Anda tipikal yang tidak bisa diam dan aktif, sebaiknya belikan kandang kucing yang besar dan bertingkat dengan tangga di dalamnya.

Sehingga bisa leluasa ke lantai atas dan bawah. Kucing juga bisa memanjat ke atas dan selonjoran di bawah. Inilah enaknya kandang bertingkat dengan tangga.

9. Pintu yang Besar

Ingat pastikan pintu kandang kucing sangat besar. Sehingga Anda bisa mudah mengeluarkan atau memasukkan kucing.

Litter box yang ukurannya besar juga bisa masuk. Anda jadi lebih mudah membersihkan kandang.

Baca juga: 28 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina Paling Akurat

10. Ukuran Sangkar Besar

Agar muat banyak kucing dan ruangan lega, pilih kandang berukuran 92 cm x 62 cm x 140 cm. Ukuran kandang ini besar dan bisa ditempatkan di ruangan yang sempit.

Ruangan untuk litter box ada, tempat bermain juga ada. Sehingga kucing bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara memilih kandang kucing terbaik nyaman dan aman. Poin penting dalam memilih kandang kucing adalah aman, kuat, bersih, besar, dan nyaman.

Dengan begitu, kucing Anda sehat dan bahagia. Kemudian pemiliknya juga sehat dan tidak stres karena barang-barang di rumah tidak kotor maupun rusak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!