Cara Memilih Makanan Kucing Terbaik Untuk Pemula

Burungnya.com – Banyak sekali jenis makanan kucing yang dijual di pet shop, Indomaret, dan Alfamart. Namun bagaimana menentukan makanan kucing terbaik?

Sebelum membahas cara memilih makanan kucing yang bagus, mari mempelajari siklus hidup kucing yang berkaitan dengan pola makan.

Baca juga:

Siklus Hidup Kucing

Awalnya kucing merupakan hewan liar. Namun, sekitar 10.000 tahun lalu, kucing didomestikasi dari hewan buas menjadi hewan peliharaan.

Nah, bersamaan dengan proses tersebut, manusia banyak mengubah pola hidup mereka. Kehidupan kucing menjadi lebih mudah karena makanan kucing sudah tersedia dan diberi oleh pemiliknya, bukan berburu.

Sehingga kualitas makanan kucing selalu mengalami peningkatan. Terlebih kucing akan menjadi semakin aman karena tidak perlu bertemu dengan para predator.

Dari sini kualitas hidup kucing domestik menjadi meningkat. Kucing domestik bisa hidup lama dibandingkan kucing zaman dulu yang berada di alam liar.

Energi yang dibutuhkan kucing domestik untuk bertahan hidup lebih sedikit karena tidak perlu berburu, berebut, atau menghindari pemangsa lainnya.

Cara Memilih Makanan Kucing Terbaik Untuk Pemula
Cara Memilih Makanan Kucing Terbaik Untuk Pemula

Makanan Kucing Bernutrisi

Nah, karena semuanya menjadi lebih mudah, kucing membutuhkan nutrisi yang memadai. Pasalnya, mereka sudah tidak perlu olahraga untuk berburu makanan.

Tubuh kucing menjadi lebih pasif dan rentan mengalami obesitas bila tidak diberikan makanan yang bernutrisi.

Dengan begitu, Anda harus memberikan makanan kucing yang nutrisinya seimbang agar mereka bisa hidup sehat.

Pemberian makanan berkualitas dan lengkap bisa mengurangi risiko kucing terkena penyakit dan harapan hidup kucing menjadi lebih lama.

Kalau asal memberikan makanan pada kucing, nanti nutrisinya tidak lengkap dan justru kucing mengalami gangguan nutrisi.

Kucing jadi mudah sakit, tubuhnya lemas, bulu rontok, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Makanan Kucing

Sebagai cat lovers Anda harus memberikan makanan kucing yang terbaik. Terutama bila Anda masih pemula atau baru mengadopsi kucing, tentu pengetahuan tentang pemilihan makanan kucing harus dikuasai.

1. Ketahui Kebutuhan Kucing

Rata-rata kebutuhan pakan kucing tergantung dari beberapa hal berikut:

  • Jenis kucing
  • Umur
  • Ras kucing
  • Ukuran tubuh
  • Aktivitas keseharian
  • Jenis kelamin
  • Status sterilisasi
  • Lokasi tempat tinggal
  • Kebutuhan pribadi

Setiap kucing mempunyai karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, maka Anda harus menyesuaikan pakannya.

2. Ketahui Kandungan Nutrisi

Dari makanan kucing, yang terpenting adalah soal kandungan nutrisinya. Anda harus memastikan bahwa makanan kucing sudah mengandung energi, protein, asam amino, vitamin, mineral, ion, asam lemak, karbohidrat, dan serat.

3. Ketahui Kandungan Taurine

Kucing termasuk hewan karnivora obligat, artiinya dia membutuhkan makanan dengan kandungan protein tinggi. Tujuannya untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin dan asam amino kucing.

Salah satu asam amino yang vital dan diperlukan kucing adalah taurin. Sehingga coba perhatikan apakah merek makanan kucing yang Anda pilih sudah memiliki kandungan taurin atau belum.

4. Harga Makanan Kucing

Setelah mengetahui kebutuhan nutrisi kucing, Anda juga harus memperhatikan harga makanan kucing.

Soalnya ini menyangkut pengeluaran mingguan untuk membeli makanan kucing. Jangan sampai, Anda membeli makanan kucing terbaik, tapi kebutuhan pribadi Anda sendiri serba kekurangan.

Jadi, lebih baik pilih makanan kucing yang kandungan nutrisinya mencukupi dengan harga yang murah.

Anda juga bisa membeli makanan kucing kemasan repack sehingga pengeluaran bulanan lebih hemat. Namun, pada dasarnya lebih murah bila Anda membeli kemasan makanan kucing kiloan yang besar sekalian.

Makanan Kucing Terbaik Sehat dan Bergizi (thecatniptimes.com)
Makanan Kucing Terbaik Sehat dan Bergizi (thecatniptimes.com)

Kesalahan dalam Memberi Makanan Kucing

Dalam hal ini Anda sudah mengetahui seharusnya kucing diberi makanan seperti apa. Anda juga harus mengetahui apa saja kesalahan cat lovers saat memberikan makanan kucing.

1. Satu Jenis Makanan Kucing

Anda mungkin terbiasa memberikan daging cincang terus menerus pada kucing. Takutnya kucing nanti bisa terkena defisiensi kalsium dan hiperparatiroid sekunder.

2. Ikan Air Tawar

Tahukah Anda bila memberikan ikan air tawar mentah secara berlebihan, maka hasilnya tidak baik bagi kesehatan kucing.

Ikan air tawar mentah mengandung antagonis thiamine yang bisa menyebabkan defisiensi thiamine pada kucing.

3. Makanan Anjing

Ada kemungkinan para pemula pernah salah memberikan makanan anjing pada kucing. Hal tersebut bisa membuat kucing mengalami gangguan nutrisi.

Kandungan vitamin A, asam arachidonate, dan taurin pada makanan anjing tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Di samping itu, kucing juga membutuhkan asupan lemak, protein, vitamin niacin, asam amino arginine, dan pyridoxine yang lebih banyak dari anjing.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips memilih makanan kucing terbaik untuk pemula. Biasanya cat lovers yang baru beli kucing, dia akan memberikan Whiskas.

Padahal makanan kucing sangat banyak sekali. Ingat Anda juga harus memperhatikan masalah harga makanan kucing tersebut.

Kucing makan enak dan mahal, tapi Anda sendiri cuma makan tahu tempe tanpa protein hewani yang memadai. Kemudian kucing Anda sehat, tapi Anda jadi kurus dan kurang bertenaga.

Lebih baik, semua dibuat berjalan beriringan. Jadi, makanan kucing yang murah saja tapi kandungannya sudah mencukupi kebutuhan kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.