10 Cara Menaikkan Mental Cucak Ijo agar Fighter dan Emosi

Burungnya.com – Kalau ingin membuat Cucak Ijo fighter dan cepat emosi, yang pertama dilakukan adalah menaikkan mental. Soalnya, burung Cucak Ijo tipikal burung yang emosian saat bertemu lawan.

Dia tidak mau kalah bersaing saat berkicau. Kecuali kalau mentalnya down karena suatu kejadian, misalnya sangkar terjatuh. Jadi, yang harus diperkuat adalah mentalnya dulu.

Setelah itu, birahi Cucak Ijo juga ikut dinaikkan. Tujuannya supaya burung tersebut bisa cepat emosi, bongkar isian, dan ngentrok.

Cukup jarang menemukan Cucak Ijo yang bongkar isian dan gampang marah. Rata-rata burung Cucak Hijau cuma rajin bunyi saja tanpa menunjukkan emosinya yang meletup-letup.

Cara Menaikkan Mental Cucak Ijo (pustakakicau.blogspot.com)
Cara Menaikkan Mental Cucak Ijo (pustakakicau.blogspot.com)

Cara Menaikkan Mental Cucak Ijo

Dari sini kami dari tim Burungnya.com akan membantu Anda untuk menaikkan atau meningkatkan mental burung Cucak Ijo. Caranya dengan perawatan sederhana saja, seperti pakan, suplemen burung, kebiasaan harian, dan lain-lain.

1. Burung Diembunkan

Setiap pagi setelah solat Subuh, langsung keluarkan burung Cucak Ijo. Walau masih gelap, tidak masalah. Biarkan burung menikmati sejuknya udara di pagi hari sebelum matahari terbit.

Bersamaan saat diembunkan, Cucak Ijo bisa diberi jangkrik dan pisang yang sudah diolesi vitamin atau madu. Anda juga bisa memberikan pakan extra fooding lainnya.

2. Mandi Air Dingin

Air di pagi hari tentu dingin sekali. Pakai air tersebut untuk memandikan burung Cucak Ijo. Burung ini bisa dimandikan dengan cara disemprot atau mandi sendiri di keramba.

3. Mandi Sauna Kerodong

Pilih salah satu antara mandi air dingin atau mandi sauna. Kalau mandi air dingin, berarti burung tidak perlu mandi sauna menggunakan kerodong. Sebaliknya, bila burung dimandikan dengan terapi sauna, berarti burung tidak perlu dimandikan dengan air es.

Tahukah Anda, mandi sauna maksudnya burung dikerodong, kemudian disemprot kerodongnya sampai basah. Setelah itu, burung dijemur di bawah sinar matahari.

4. Penjemuran

Setelah burung dimandikan, burung dibiarkan sebentar. Lalu, burung Cucak Ijo dijemur di bawah sinar matahari. Penjemuran sebentar saja, selama 30 menit.

5. Angin-anginkan

Burung bisa diangin-anginkan setelah proses penjemuran. Soalnya burung membutuhkan udara segar setelah kepanasan.

6. Dimaster dengan Cucak Ijo Gacor

Anda harus mempunyai Cucak Ijo lain yang sudah gacor, agar burung tersebut terpancing untuk gacor juga. Burung masterannya bisa milik Anda sendiri atau pinjam milik teman hingga tetangga.

Loading...

Namun, nanti saat burung dipertemukan dengan burung masteran jangan terus-terusan diperbolehkan saling melihat. Pertemukan sebentar lalu masteran disembunyikan.

Tujuannya agar Cucak Ijo penasaran dan ingin mengalahkan burung masteran yang sudah gacor.

7. Pakan EF Cucak Ijo

Makanan tambahan burung Cucak Ijo cukup pisang kepok putih, jangkrik, dan ulat hongkong. Tambahkan pula madu di makanan tersebut supaya gizinya lebih banyak.

8. Malam Hari Kerodong

Setiap malam, burung bisa kedinginan. Oleh karena itu, Cucak Ijo dikerodong setiap malam. Jika burung kerabyakan di dalam kerodong, matikan saja lampunya.

9. Adaptasi di Berbagai Lokasi

Biarkan burung beradaptasi di berbagai lokasi. Caranya burung digantung di beberapa tempat berbeda setiap harinya.

Misal, hari ini burung digantung di depan rumah. Besok burung digantung di belakang rumah. Besoknya lagi, burung dibawa ke rumah tetangga.

Burung juga digantung di tempat ramai supaya dia terbiasa dengan kehadiran manusia. Lama-kelamaan mental Cucak Ijo akan naik dan tidak takut pada manusia.

10. Dilatih dengan Tangan

Burung Cucak Ijo harus sering-sering dilatih dengan tangan. Masukkan tangan Anda saat akan memberi pakan. Biarkan dia mengejar-ngejar makanan.

Cara ini dilakukan agar burung tidak takut dengan manusia dan mentalnya bertambah. Namun, cara seperti ini jangan sampai membuat burung Cucak Ijo menjadi manja.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara menaikkan mental Cucak Ijo agar fighter dan cepat emosi. Burung harus dibuat marah dulu agar dia emosi dan ngentrok. Mentalnya harus bagus supaya dia mudah emosi.

Kalau burung gampang takut, maka dia akan sulit emosi karena tingkat kesabarannya tinggi. Jadi, lebih baik buat burung gampang marah agar bisa ngentrok dan emosi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!