5 Cara Menaikkan Volume Kenari Jadi Lebih Keras

Burungnya.com – Kami tahu betul, Anda pasti sedang bingung dengan suara kenari yang pelan. Ternyata beberapa volume kenari ada yang keras, tapi ada juga yang perlu dikasih perawatan baru bisa keras suaranya.

Di sini nanti, kami akan bantu membagikan tips menaikkan volumen kenari jadi lebih keras. Caranya gimana, nanti simak penjelasan dari Omez Canary, seorang penangkar dan pecinta burung kenari.

Dalam membuat suara kenari lebih keras, ternyata memang dibutuhkan perawatan khusus. Jadi tidak bisa kenari, tiba-tiba keras setelah dikasih pakan.

Mungkin ada pakan mahal yang diklaim mampu menjadikan kenari gacor. Namun, pada dasarnya masih dibutuhkan perawatan supaya suara kenari menjadi keras dan gacor.

Cara Menaikkan Volume Kenari

1. Umbaran Rutin

Untuk menjadikan volume kenari keras, diperlukan fisik yang kuat dan sehat. Nah, cara membuat fisik kenari kuat bisa dengan cara umbaran.

Pengumbaran dilakukan rutin tiga kali dalam seminggu. Misal, jadwal umbaran kenari bisa dilakukan hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Burung perlu diberi jeda dan istirahat. Jangan setiap hari burung kenari diumbar, nanti bukannya kuat, tapi justru kelelahan dia.

2. Birahi Stabil

Burung kenari perlu distabilkan birahinya agar volume suara menjadi keras. Soalnya, apabila birahi rendah, suara kenari akan menjadi pelan. Namun, bila birahi kenari tinggi, suaranya tidak terlalu konsisten.

Jadi, paling bagus membuat birahi kenari stabil biar volumenya keras. Cara menstabilkan birahi kenari bisa dengan mandi pagi secara rutin dan umbaran.

3. Pakan EF Biji Fumayin

Pemberian biji fumayin sebagai pakan EF kenari sangat bagus. Biji ini bisa menjadikan suara kenari keras dan tampil ngotot.

Bahkan, di beberapa pakan premium sudah terkandung biji fumayin di pakannya. Banyak pemain kenari juga memberikan biji fumayin ke burung mereka.

Namun, pemberian biji fumayin jangan terus-terusan. Biji ini boleh diberikan saat burung kurang birahi atau suaranya pelan.

Selain itu pemberian biji fumayin yang berlebihan bisa menjadikan bulu burung kenari menjadi kusam.

4. Pakan EF Daun Ginseng

Manfaat daun ginseng untuk kenari bisa menghangatkan burung di musim hujan. Di samping itu, daun ginseng bisa dijadikan pakan EF untuk menambah volume kenari biar lebih keras.

Cara pemberian daun ginseng ke burung kenari cukup digantung saja satu sampai 3 helai di dinding sangkar. Nanti burung akan memakannya sendiri.

5. Memaster Kenari

Burung kenari butuh pancingan biar volume suaranya keras. Anda bisa memaster kenari dengan suara yang tingkat volumenya lebih rendah. Nanti kenari Anda akan berkicau semakin semangat dan keras.

Berbeda bila Anda memaster dengan suara kenari gacor dan keras, biasanya mental kenari akan drop dan suaranya tidak bisa bertambah keras.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara meningkatkan volume kenari jadi lebih keras. Cara ini bisa dilakukan apabila Anda konsisten dalam perawatan.

Mungkin beberapa orang justru membagikan doping untuk kenari. Namun, kami memilih yang alami dan simpel saja. Sebab, kami ingin burung kenari tetap sehat dan hidup lebih lama.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Jangan lupa follow Instagram @burungnyadotcom dan Google News.

Artikel terkait

Leave a Comment