5 Cara Menambah Birahi Perkutut secara Alami

Burungnya.com – Pada dasarnya Perkutut harus memiliki birahi tinggi agar mau manggung dan gacor. Kalau burung Perkutut tidak birahi, dia akan diam saja saat mendengar suara Perkutut lain atau Perkutut betina.

Oleh sebab itu, tingkat birahi Perkutut merupakan kunci Perkutut mau bunyi. Masalahnya sekarang, banyak di antara Kung Mania yang belum mengetahui cara meningkatkan birahi burung Perkutut.

Mereka hanya memberikan pakan campuran milet dan air putih saja. Padahal, ada beberapa bahan makanan yang bisa diberikan ke Perkutut supaya dia over birahi.

Baca juga: Pakan Jamu Tradisional Perkutut Agar Rajin Manggung dan Gacor

Dalam kasus ini burung tidak mau bunyi dan hanya diam setiap hari. Kemungkinan birahi burung sedang drop. Anda membutuhkan Perkutut betina atau jantan untuk memancing burung tersebut mau bunyi.

Kalau burung belum mau bunyi, salah satunya cara bisa menggunakan makanan alami yang biasa buat bumbu masakan di dapur.

Cara Menambah Birahi Perkutut secara Alami

1. Daun Saga

Apabila Anda pernah mencari rumput untuk pakan ternak, Anda pasti pernah melihat daun saga. Sekilas daun saga mirip dengan daun kelor. Namun, daun saga ukurannya lebih kecil.

Daun ini dipercaya dapat meningkatkan birahi burung Perkutut. Cara pemberian daun saga pada Perkutut bisa dengan cara dibuat butiran seperti kacang hijau lalu diberikan pada Perkutut.

Cara yang lain, daun saga direbus dulu kemudian air bekas rebusan dijadikan air minum Perkutut.

Porsi pemberian untuk butiran daun saga, cukup 5-7 butir setiap seminggu sekali. Pemberian di minggu pertama cukup daun saga saja.

Baca juga: Modal Rp 3000, Perkutut Bisa Rajin Bunyi dan Gacor

2. Terasi

Selanjutnya di minggu kedua, Anda bisa memberikan terasi. Kandungan protein pada terasi cukup tinggi. Jadi baik untuk burung Perkutut.

Pemberian terasi pada Perkutut sama seperti daun saga yaitu dibuat butiran sebesar kacang hijau. Sebelumnya, mandikan burung Perkutut, lalu diberi terasi 3-4 butir setiap seminggu sekali.

Cara Meningkatkan Birahi Perkutut (bukalapak.com)
Cara Meningkatkan Birahi Perkutut (bukalapak.com)

3. Kencur

Biasanya setelah diberi terasi, burung Perkutut sudah mulai bunyi. Tahap selanjutnya di minggu ketiga adalah pemberian kencur.

Loading...

Masih sama cara pemberiannya, Anda bisa memotong kencur sebesar biji kacang hijau. Kemudian kencur dilolohkan ke burung Perkutut.

Kencur efeknya bisa menghangatkan tubuh Perkutut. Porsi pemberian kencur cukup 2-4 butir dalam seminggu.

Baca juga: Perkutut Baru Beli Tidak Mau Bunyi dan Cara Mengatasi

4. Undur-undur

Konon katanya undur-undur bisa membuat Perkutut cepat bunyi. Sayangnya, undur-undur cukup sulit didapat.

Kalau di rumah Anda ada undur-undur berbahagialah. Hewan kecil ini bisa diberikan 3 ekor seminggu sekali.

Sebelum diberikan, buat undur-undur lemas dengan cara ditekan bagian kepalanya agar tidak menyakiti tenggorokan burung. Waktu pemberian undur-undur sore hari menjelang malam.

5. Kacang Hijau

Kalau kacang hijau sudah umum dan banyak diberikan pada Perkutut. Namun, bukan kacang hijau yang keras. Kacang ijo harus direbus dulu sampai teksturnya lunak, baru diberikan ke Perkutut.

Sebenarnya tidak perlu direbus, kacang ijo cukup ditaruh di wadah kemudian disiram air panas. Setelah lunak, kacang hijau bisa diberikan ke burung Perkutut.

Porsi pemberian bisa 3-7 butir dalam 3 hari sekali. Tenang saja, kacang hijau tidak ada efek samping, justru Perkutut Anda akan semakin sehat dan gacor.

Baca juga: Undur-undur Makanan Burung Perkutut agar Rajin Bunyi

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menambah birahi burung Perkutut secara alami. Kalau burung Perkutut tubuhnya hangat atau panas, dia akan lebih cepat birahi. Solusinya, burung bisa dijemur lebih lama atau dibantu makanan alami tadi.

Setelah tubuh burung Perkutut hangat, birahi mulai naik. Begitu mendengar suara burung lawan jenis, biasanya burung akan langsung nyaut atau bunyi. Namun, tergantung pada mental juga. Apabila mental Perkutut masih belum naik, burung kebanyakan cuma diam saja. Jadi, keduanya harus naik bersamaan antara birahi dan mental Perkutut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tips naikin birahi perkutut
  • cara menambah birahi perkutut
  • Cara merangsang birahi perkutut
  • Cara menaikkan birahi ternak perkutut
  • cara menaikkan birahi perkutut
  • cara menaikan birahi perkutut betina
  • cara menaikan birahi burung perkutut
  • Cara membuat perkutut cepat birahi
  • cara membuat perkutut betina birahi
  • birahi perkutut

1 thought on “5 Cara Menambah Birahi Perkutut secara Alami”

  1. Terima kasih informasinya bermanfaat.
    Agar lebih sempurna bisa dilengkap agar lebih jelas karena saya masih pemula.
    Ilmu sampai kapan pun akan hidup dan akan mengalir sampai kapan pun.
    Semoga bermanfaat.
    Terima kasih.

    Reply

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!