Cara Menambah Durasi Ngekek Lovebird (google.com)

38 Cara Menambah Durasi Ngekek Lovebird Lebih Panjang

Burungnya.com – Saat ini mungkin burung Lovebird Anda sudah gacor atau mungkin cuma ngetik saja. Burung tersebut seperti sudah berhenti di titik gacor dan tidak mau ngekek panjang. Lantas, apa yang harus dilakukan agar durasi ngekek Lovebird lebih panjang dan stabil?

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat burung Lovebird ngekek panjang. Apalagi kalau sekadar meningkatkan durasi ngekeknya, tentu lebih mudah. Pasalnya, burung sudah memiliki dasar atau karakter ngekek panjang. Sehingga, kalau cuma ditambah durasi ngekeknya, biasanya lebih cepat.

Cara yang dapat Anda lakukan tidak instan. Jadi, Anda harus melakukan setingan ini secara bertahap dengan perawatan rutin harian.

Cara Menambah Durasi Ngekek Lovebird

Lovebird Ngekek Mangap (pamankicau.com)
Lovebird Ngekek Mangap (pamankicau.com)

Perawatan Lovebird setiap hari sangat penting. Jadi, burung bukan cuma diberi makan dan minum saja, tetapi harus diberi serangkaian terapi yang dapat membuat burung ngekek dengan durasi lebih panjang.

1. Pengembunan

Perawatan pertama cukup simpel, yakni pengembunan. Proses pengembunan pada Lovebird bisa dilakukan sekitar pukul 05.00 atau saat matahari terbit. Pada dasarnya semua jenis burung sangat menyukai waktu di pagi hari karena udaranya segar dan sejuk.

Embun pagi sangat bermanfaat untuk penapasan burung-burung, karena udara di pagi hari masih bersih dan bebas polusi. Kicauan burung pada waktu pagi akan terdengar lebih merdu atau ngeplong.

Pengembunan Lovebird ini juga bisa dilakukan untuk semua jenis burung, seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Pleci, Ciblek, dan lain–lain.

2.Terapi Mandi Malam

Untuk menyegarkan tubuh Lovebird, diperlukan Terapi Mandi Malam. Tahukah Anda, terapi semacam ini dapat menyebabkan burung menjadi lebih gacor karena kondisi birahi lebih terkontrol.

Mandi malam juga bisa dilakukan untuk burung yang mengalami Over Birahi (OB). Biasanya burung Lovebird OB ditandai dengan ngleper, burung terlihat seperti mengawini pangkringan, burung sering mencabuti bulunya sendiri, hingga burung Lovebird macet bunyi.

Waktu yang tepat untuk melakukan terapi mandi malam yaitu antara pukul 21.00–23.00 atau sesuaikan dengan waktu luang masing–masing.

Untuk tata caranya bisa disesuaikan dengan kebiasaan selama ini. Misalnya, mandi malam dengan cara semprot halus atau dengan menggunakan keramba. Oh iya, terapi mandi malam hanya ditujukan untuk burung yang sehat saja. Kalau burung sakit, sebaiknya jangan diterapi mandi malam.

3. Mandi dengan Shampo

Burung Lovebird yang ngekek panjang mempunyai bulu yang sehat dan bersih. Untuk itu, Anda harus memandikan burung menggunakan shampo khusus, seperti shampo Jati Jajar.

Cara pemberian, tuangkan 3 tutup botol shampo Jati jajar ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Shampo Jati Jajar selain bisa memperhalus bulu burung juga mampu membunuh bakteri atau kutu yang dapat mengancam kesehatan burung.

4. Burung Diumbar

Stamina burung Lovebird harus kuat agar durasi ngekek panjang. Caranya dengan memasukan burung ke dalam kandang umbaran. Biasanya kandang ini berfungsi untuk melatih pernapasan burung Lovebird.

Selain itu, Anda juga bisa mencampur Lovebird ke dalam kandang umbaran dengan beberapa burung Lovebird yang masih muda untuk melatih mental psikologi.

Burung tersebut akan merasa paling jago atau berkuasa, dibanding burung–burung lainnya yang jauh lebih muda. Dengan begitu, tingkat kepercayaan dirinya akan bertambah. Burung jadi lebih bebas mau ngekek panjang.

Manfaat lain dari umbaran, di antaranya kualitas suara yang dimiliki burung–burung lain ikut terasah karena setiap hari mendengarkan suara burung Anda.

5. Diberi Vitamin atau Suplemen

Tidak hanya perawatan dan terapi, burung Lovebird yang ingin tambah durasi ngekek juga perlu vitamin atau suplemen. Anda bisa menggunakan vitamin apa saja, yang penting sudah terpercaya dan terbukti.

Bagi Anda yang bingung, Anda bisa mencoba Ebod Lovebird dan Ebod Joss. Vitamin ini memiliki kandungan biji bunga matahari atau kwaci yang dipercaya bisa meningkatkan kegacoran pada burung Lovebird.

Tahukah Anda, biji kwaci mengandung berbagai unsur yang sangat baik. 90 persen dari lemak biji bunga matahari adalah lemak yang baik. Selain itu, biji tersebut juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin E, B 1, B 3, B 5, Mangan, Magnesium, Fosfor, dan Folat.

Kami tidak beriklan, kami hanya memberikan info agar burung Lovebird Anda jadi tambah durasi ngekeknya. Kalau mau iklan paid promote (PP), Anda bisa menghubungi kami lewat Instagram @burungnyadotcom.

Cara Meningkatkan Durasi Ngekek Lovebird Kusumo

Suplemen Lovebird Kusumo (youtube.com)
Suplemen Lovebird Kusumo (youtube.com)

Masih ingat dengan Lovebird Kusumo? Burung ini dulu jadi bintang di berbagai gantangan dan lomba. Sampai sekarang burung tersebut masih jadi legenda lomba Lovebird. Namun, sekarang Lovebird Kusumo sudah meninggal. Walau begitu, Anda masih bisa belajar cara menambah durasi ngekek Lovebird Kusumo.

1. Embun dan Umbar

Burung Lovebird Kusumo setiap pagi diembunkan. Selain itu, burung ini juga diumbar dua kali dalam seminggu. Proses embun sampai matahari terbit. Kalau proses umbar bisa 20-30 menit.

2. Semprot Dada

Burung yang sudah selesai umbaran, dipegang dan disemprot di bagian dadanya. Setelah semprot halus, burung dimasukkan ke dalam kandang harian.

3. Lovebird Dijemur dan Mandi

Selanjutnya Lovebird Kusumo dijemur sekitar 15-20 menit. Setelah itu, langsung mandi. Proses mandinya bisa mandi sendiri atau dimandikan dengan cara disemprot halus. Tunggu sampai bulu kering tanpa terkena sinar matahari, baru burung dimasukkan ke dalam rumah.

4. Pemasteran Lovebird

Untuk Lovebird Kusumo, biasanya dimaster dengan suara Kenari standar kecil. Burung Kenari ini harus hidup, bukan suara MP3. Jarak burung Kenari masteran dengan Lovebird sekitar 2-3 meter.

Jangan sampai burung Lovebird kemasukan suara masteran Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon. Sebab, suara burung Ciblek membuat suara Lovebird jadi menyatu atau ngumpul. Sehingga Lovebird tidak bisa tambah durasi ngekek.

Masteran yang bagus untuk Lovebird biasanya Cucak Jenggot, Cililin, Sogok Ontong, Walang Kecek, dan Belalang Raja.

Loading...

5. Siang Burung Tidak Dikerodong

Udara siang hari cukup panas, sehingga burung tidak perlu dikerodong. Burung cukup diletakkan di dalam ruangan saja dengan udara segar yang alami.

Baca juga:

Tips Meningkatkan Durasi Ngekek Lovebird Maisaroh

Lovebird Maisaroh (youtube.com)
Lovebird Maisaroh (youtube.com)

Sekilas tentang Lovebird Maisaroh. Burung ini milik Febrian LP29 Malang. Lovebird Maisaroh memiliki durasi ngekek 25-30 detik. Kemudian durasi ngekeknya dipanjangkan lagi dengan pengembunan dan umbaran.

1. Embun Setelah Solat Subuh

Burung Lovebird betina ini diembunkan setelah solat Subuh atau sekitar jam 05.00 pagi. Intinya saat matahari belum terbit, burung sudah dikeluarkan dari dalam rumah.

2. Lovebird Dimandikan

Selanjutnya Lovebird Maisaroh dimandikan sekitar jam 06.30 dengan cara disemprot halus atau mandi sendiri.

3. Penjemuran Lovebird

Untuk jemur, Lovebird ini dijemur selama 30 menit. Saat burung dalam keadaan birahi tinggi, dia tidak dijemur.

4. Full Kerodong

Setelah jemur, Lovebird full kerodong dan dimasukkan dalam rumah atau diletakkan di teras.

5. Jenis Pakan

Pemilihan pakan bebas, tapi Lovebird ini cuma diberi milet putih polos.

6. Lovebird Diumbar

Untuk menambah durasi ngekek, Lovebird ini diumbar seminggu 2 kali di kandang umbaran ukuran 2 x 1 meter.

7. Setingan Lomba

Kalau mau lomba, Lovebird tidak dimandikan. Burung cuma dikerodong full selama 2 hari sebelum lomba. Kemudian saat lomba akan dimulai, Lovebird diberi canary seed dan jagung.

Tips Menambah Durasi Ngekek Lovebird dengan Tebu

Manfaat Tebu untuk Lovebird (facebook.com cak iqbal)
Manfaat Tebu untuk Lovebird (facebook.com cak iqbal)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah durasi ngekek Lovebird, salah satunya dengan tebu. Mungkin Anda bingung dan bertanya-tanya, mengapa memakai tebu?

Manfaat Tebu untuk Lovebird

  1. Tebu bisa menambah durasi ngekek Lovebird.
  2. Batang tebu yang kering bisa menstabilkan birahi Lovebird.
  3. Tebu basah bisa menambah birahi Lovebird.
  4. Kalau tebu kering untuk menurunkan birahi.
  5. Kotoran Lovebird yang encer bisa jadi padat.
  6. Burung yang kotorannya terlalu padat bisa encer dengan tebu basah.
  7. Dapat menjaga stamina Lovebird.
  8. Mengatasi Lovebird macet bunyi.
  9. Menambah nafsu makan Lovebird.
  10. Menurunkan emosi Lovebird agar tidak terlalu galak.

Cara Pemberian Tebu ke burung Lovebird

  • Berikan tebu tua ke Lovebird.
  • Kupas kulitnya sampai bersih.
  • Tebu dijemur dulu sampai kadar air berkurang.
  • Sesuaikan kondisi tebu, basah atau kering.
  • Potong tebu sepanjang jari telunjuk dan jepit di dinding sangkar.
  • Biarkan Lovebird gigit tebu sampai hancur.
  • Pemberian tebu sehari sebelum lomba, tanpa jagung atau EF lain.
  • Perawatan harian pemberian tebu 2 hari sekali.

Tambah Durasi Ngekek Lovebird dengan Terapi Bambu Gila

Ukuran Bambu untuk Terapi Bambu Setan Lovebird (youtube.com)
Ukuran Bambu untuk Terapi Bambu Setan Lovebird (youtube.com)

Sekarang Anda bisa membuat ngekek Lovebird lebih panjang dengan terapi bambu gila. Kicau mania yang mempopulerkan terapi ini adalah Om Ali DAC. Bambu yang digunakan bisa bambu biasa yang sudah cukup tua dan besar.

Terapi Bambu Gila

  1. Pertama pilih bambu yang sudah tua.
  2. Potong bambu seukuran jengkal orang dewasa.
  3. Beri lubang kecil seukuran ruas jari di ujung satunya.
  4. Lubang bambu satu terbuka lebar, satunya lubang kecil.
  5. Terapinya mandi malam jam 00.00.
  6. Besok paginya burung diembun tanpa makanan sampai jam 07.00.
  7. Burung cukup diberi air minum saja.
  8. Lovebird tidak dijemur.
  9. Pakan milet putih polos diberikan setelah pengembunan.
  10. Waktu terapi bambu 1 bulan dengan pakan milet putih polos.
  11. Terapi bambu bagus untuk Lovebird single fighter dewasa.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menambah durasi ngekek Lovebird agar lebih panjang. Anda dapat mengikuti tips tambah durasi Lovebird Kusumo, Lovebird Maisaroh, pemberian tebu, hingga terapi bambu gila. Burung yang berasal dari indukan bagus, biasanya lebih cepat ditambah durasi ngekeknya.

Lovebird ngekek panjang cukup disegani dan sampai sekarang menjadi primado kicau mania. Asalkan Lovebird tersebut tidak lipsing atau tidur saat lomba.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!