5 Cara Menangkap Burung Bandangan Lovebird yang Lepas Paling Cepat

Burungnya.com – Biasanya pemilik burung Lovebird akan kejatuhan ‘durian runtuh’ berupa bandangan burung Lovebird. Terlebih bila pemilik burung tersebut memiliki banyak Lovebird.

Burung Lovebird yang lepas akan menghampiri burung Lovebird lain. Ini karena karakter burung Lovebird lebih suka berkoloni. Jadi apabila dia terlepas sendirian, maka dia akan mencari teman atau pasangan.

Sebelum menangkap bandangan Lovebird, ada baiknya Anda menyebarkan info adanya burung Lovebird yang datang ke rumah Anda. Coba foto dulu, siapa tahu memang dia milik tetangga atau orang kampung sebelah.

Kalau burung sudah diinfokan banyak orang tapi tidak ada yang memilikinya, baru Anda boleh memelihara burung tersebut. Kasihan kalau sampai pemilik burung bandangan susah-susah mencarinya, tapi malah ada pelihara.

Cara Menangkap Bandangan Lovebird yang Lepas

1. Semprotan Air

Pertama siapkan semprotan air yang biasanya Anda pakai untuk memandikan Lovebird. Namun kali ini Anda tidak menggunakan air biasa melainkan air sabun atau sampo.

Jadi begitu Anda melihat Lovebird bandangan, segera buat air sabun. Tujuannya agar bulu Lovebird lebih cepat basah. Kalau air biasa, bulunya agak lama basah.

Atur ujung semprotan ke mode satu titik agar semprotan airnya jauh dan kuat. Anda harus latihan dulu agar tingkat akurasinya tinggi.

Paling tidak Anda harus berada di jarak 2 meter dengan burung. Kalau Anda bisa lebih dekat, maka lebih baik. Arahkan airnya tepat di bagian bulu agar burung Lovebird kesulitan terbang.

Begitu bulu sayap basah, pastikan bulu yang lain juga basah. Jangan mengarahkan air ke mata, nanti takutnya burung akan mengalami gangguan penglihatan.

Setelah burung terlihat tidak bisa terbang, langsung tangkap dengan tangan atau handuk. Tenang Anda tidak perlu takut burung akan kabur karena bulunya sudah basah kuyup.

2. Lovebird Betina

Untuk pancingan, Anda dapat menggunakan Lovebird betina atau sebaliknya. Burung bandangan Lovebird tersebut kemungkinan datang karena terpikat oleh Lovebird betina.

Jadi pajang terus Lovebird tersebut agar burung bandangan tidak pergi menjauh. Pilih lokasi yang memudahkan Anda untuk menembak target.

Jangan terlalu memaksakan untuk menyemprot sebelum jaraknya dekat. Kalau Anda asal menembak dan tidak tepat sasaran, nanti dia bisa kabur.

Cara Menangkap Lovebird Lepas (youtube.com)
Cara Menangkap Lovebird Lepas (youtube.com)

3. Suara Lovebird MP3

Supaya Lovebird bandangan tidak terbang menjauh, lebih baik Anda memutarkan suara burung Lovebird MP3 atau streaming YouTube.

Volume diatur sebagaimana suara Lovebird pada umumnya. Sehingga seolah-olah burung Lovebird terus-terusan memanggil burung bandangan.

Otomatis bandangan Lovebird tidak akan terbang jauh. Dia akan terus di sekitar rumah Anda. Nah, Anda jadi mudah menangkapnya.

4. Getah Pohon atau Pulut

Sebagian orang memakai getah pohon atau pulut untuk menangkap burung Lovebird yang lepas. Namun, cara ini bisa dibilang kuno karena tingkat keberhasilannya kecil.

Loading...

Bagaimana tidak, pulut dibalurkan di ujung tongkat. Kemudian ditambah sedikit pakan tujuannya supaya Lovebird terpikat hinggap di situ.

Kalau Lovebird sedang kelaparan mungkin berhasil. Namun, sebagian besar Lovebird bandangan sudah kabur duluan begitu didekati tongkat panjang.

Mungkin dia mengira akan dipukul dengan tongkat tersebut. Nah, cara ini bisa berhasil bila burung terlepas di area pepohonan besar dan tinggi.

Sebab, tongkat Anda akan tersamarkan dengan adanya banyak pohon. Kalau burung tadi lepas di area perumahan atau kabel listrik, tentu saja cukup sulit.

Lebih baik Lovebird dipancing dulu dengan Lovebird betina agar dia mau turun dan mendekat. Begitu jaraknya lumayan dekat, Anda baru boleh menyemprotnya dengan air shampo sampai basah kuyup.

5. Bawa Banyak Lovebird

Terakhir dan pastinya ampuh, Anda bisa membawa banyak burung Lovebird di kandang kotak. Taruh burung di bawah, lalu sebarkan pakan biji-bijian yang banyak di sekitarnya.

Tunggu sebentar dan jaga jarak agar burung bandangan tidak takut untuk mendekat. Sekarang Anda tidak perlu memakai air semprotan lagi.

Soalnya area cukup besar dan posisi Anda agak jauh, maka alat yang tepat adalah selang air. Tidak perlu pakai shampo atau sabun, cukup semprotkan air kran ke arah Lovebird.

Mode semprot bisa menyebar seperti air hujan atau lurus dan kuat. Ini tergantung dari posisi Lovebird. Saat dia mendekati umpan dan menikmati makanan, cukup disemprot lembut. Namun, begitu dia mau terbang menjauh, Anda dapat menyemprot dengan mode lurus.

Sayangnya cara ini cuma berhasil bila burung bandangan Lovebird berada di area rumah yang terjangkau selang.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menangkap bandangan Lovebird yang lepas paling cepat. Sebenarnya cara ini bisa lebih mudah dan cepat kalau burung bandangan masuk ke dalam rumah.

Begitu Lovebird masuk ke rumah, langsung tutup semua pintu dan jendela. Siapkan semprotan air dan shampo. Anda tidak perlu pakai suara-suara burung atau Lovebird betina, langsung semprot saja.

Semoga dari semua cara ini ada yang berhasil. Kami menghimbau agar Anda selalu mengabarkan dulu sesuatu yang bukan milik Anda. Nanti setelah dikabarkan dan tidak ada yang memiliki, baru Anda boleh merawatnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Memanggil Lovebird lepas
  • cara menjebak burung lovebird dengan makanan
  • Cara menjebak burung lovebird
  • Cara mencari burung lovebird yang hilang
  • cara menangkap LB liar
  • cara menangkap lb bandangan
  • Cara menangkap burung Lovebird liar
  • Cara memanggil burung Lovebird yang lepas
  • Cara memanggil burung lovebird
  • Merawat burunglovebird yang kabur

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!