8 Cara Menangkap Burung yang Lepas dari Kandang Sampai Berhasil

Burungnya.com – Pernahkah Anda merasakan pengalaman burung lepas dari kandang? Jika pernah, bagaimana kelanjutannya? Apakah burung lepas tidak kembali, atau burung hilang entah ke mana? Semua ini bisa dihindari, bila Anda mengetahui cara menangkap burung yang lepas dari sangkar.

Bahkan, nanti bila Anda mendapati burung liar di sekitar rumah, Anda juga bisa menangkapnya. Namun, burung-burung liar di alam jangan ditangkap semuanya. Kasihan nanti anak cucu kita yang tidak bisa menikmati indahnya kicauan burung.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Menangkap Burung Lepas?

  1. Semprotan air
  2. Tongkat panjang
  3. Pulut atau getah pohon nangka serta karet
  4. Sangkar burung kosong
  5. Suara burung masteran
  6. Burung pemikat
  7. Pakan EF atau extra fooding
  8. Jaring atau jala

Cara Menangkap Burung Lepas

1. Semprotan Air

Bagaimana cara menangkap burung lepas dengan semprotan air? Mungkin banyak yang meragukan cara ini, tapi sebenarnya semprotan air atau sprayer justru memiliki tingkat keberhasilan paling tinggi.

Alasannya, semprotan air bisa menjangkau burung yang lepas agak jauh. Namun, air di dalam semprotan, bukan air biasa. Anda bisa mencampur air dengan sabun atau shampo. Tujuannya agar bulu burung mudah basah.

Selanjutnya semprot burung menggunakan semprotan air sabun. Arahkan tepat di bulu sayapnya. Dengan begitu, burung tidak bisa terbang lagi.

2. Tongkat Panjang

Ahli penangkap burung lepas, biasanya menggunakan tongkat panjang. Tongkat ini didesain ramping dan kecil tapi lentur. Kemudian di bagian ujungnya diberi lem perekat atau pulut.

Ujung tongkat juga diberi pakan EF, seperti jangkrik ulat kandang, ulat bambu, dan lain-lain. Tujuannya agar burung terpancing untuk hinggap di tongkat sambil memakan pakan EF tersebut.

Setelah burung hinggap, dia tidak akan bisa lepas lagi karena kakinya menempel di pulut atau lem. Saat itulah, Anda bisa menangkapnya dengan mudah.

Cara Menangkap Burung Lepas dengan Pulut (pinterest.com)
Cara Menangkap Burung Lepas dengan Pulut (pinterest.com)

3. Pulut atau Getah Nangka dan Karet

Anda juga bisa menggunakan pulut atau getah pohon nangka untuk menangkap burung. Cara ini sudah dilakukan orang-orang zaman dulu dan terbukti berhasil. Mungkin orang zaman sekarang kebingungan cara membuat pulut.

Tapi tenang saja, sekarang pulut sudah dijual secara online. Ada juga kios-kios burung yang menjual pulut. Anda tidak perlu repot membuatnya lagi.

Pasang pulut di dekat sangkar atau tempat-tempat yang mungkin dihinggapi burung. Jangan lupa pulut diberi pakan pemikat atau burung pemikat agar burung yang lepas datang mendekat.

4. Sangkar Burung Kosong

Selanjutnya sangkar burung kosong bisa juga dipakai untuk tangkap burung yang lepas. Dekatkan sangkar kosong yang biasa digunakan burung tersebut. Buka bagian pintunya, agar burung mengenali sangkar dan mau masuk kembali ke dalam sangkar.

Loading...

Agar burung tidak takut, jaga jarak agak jauh dan gantung sangkar di pepohonan. Kalau perlu beri pakan kesukaannya di dalam sangkar.

5. Suara Burung Masteran

Sekarang sudah banyak aplikasi masteran burung atau suara burung pemikat di YouTube. Letakkan saja ponsel Anda di dekat burung yang lepas, putar suara masteran atau suara pemikat dari burung betina.

Siapkan pula peralatan lain, berupa semprotan air, tongkat, dan kandang kosong. Kalau cuma diberi suara masteran tanpa menggunakan peralatan lain, pasti burung akan sulit ditangkap.

6. Burung Pemikat

Kalau burung Anda berkelamin jantan, pikat dia dengan burung betina. Dekatkan saja burung betina di wilayah burung yang lepas. Begitu burung hinggap di sangkar burung betina, langsung semprot dengan air sabun.

Nanti bulu burung akan basah, sehingga burung tidak bisa kabur. Dia akan diam di dekat sangkar burung betina. Saat itulah tugas Anda untuk menangkapnya.

7. Pakan EF atau Extra Fooding

Berikan pakan EF atau extra fooding untuk memikat burung yang lepas. Soalnya burung yang lepas akan kesulitan mencari makanan di alam. Dia terbiasa makan dari pemberian pemiliknya.

Secara naluri, burung akan kembali ke rumah dan meminta makan. Namun, karena takut, dia cuma terbang-terbang di dekat rumah. Sehingga Anda bisa memikat burung dengan pakan EF kesukaannya.

8. Jaring atau Jala

Bila Anda memiliki jaring atau jala yang biasa untuk menangkap ikan, gunakan saja alat tersebut untuk menangkap burung.

Pasang jaring di antara dua tiang atau pohon. Saat burung liar melintas atau burung Anda melintas, dia akan terperangkap di jaring.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara menangkap burung lepas dari kandang atau menangkap burung liar. Kalau mau menangkap burung liar, Anda juga bisa menggunakan jebakan sangkar khusus. Sangkar tersebut biasanya sudah didesain agar bisa menutup pintu secara otomatis.

Cara-cara menangkap burung ini kami tujukan untuk kicau mania yang kehilangan burung peliharaanya. Tips ini jangan dipakai untuk menangkap burung liar atau burung dilindungi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara menangkap burung dengan jaring

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!