Cara Menangkap Lovebird yang Lepas ala Artis Rizky Kinos

Burungnya.com – Seorang artis bernama Rizky Kinos, suami Nycta Gina hobi memelihara burung Lovebird. Jumlahnya cukup banyak, bahkan sampai disewakan rumah khusus untuk ternak Lovebird. Namun, beberapa hari yang lalu, Rizky Kinos merasa sedih lantaran Lovebird seharga Rp 15 Juta lepas dari kandang. Untungnya, burung tersebut kembali lagi. Begini cara menangkap Lovebird yang lepas ala artis Rizky Kinos.

Rizky Kinos dan Nycta Gina (liputan6.com)
Rizky Kinos dan Nycta Gina (liputan6.com)

Cara Menangkap Lovebird yang Lepas dari Kandang

Lovebird seharga Rp 15 juta milik Rizky Kinos lepas dari kandang. Lovebird tersebut sudah terbang jauh sampai ke tiang listrik. Namun, Rizky Kinos tidak kehabisan akal, dia mengeluarkan pasangan betinanya ke halaman rumah.

Lovebird jantan tadi yang lepas akhirnya melihat pasangannya dan berhasil ditangkap. Jadi, cara menangkap Lovebird tersebut cukup menggunakan Lovebird betina.

“Waktu itu Lovebird yang harga Rp 15 juta kabur. Benar-benar sudah lepas. Sudah di tiang listrik. Sudah pasrah. Cuma pasangannya saya taruh di kandangan di halaman, eh alhamdulillah dia balik lagi,” ujar Rizky Kinos, seperti yang dikutip dari Kompas.com (22/10/2018).

Ini berlaku untuk Lovebird yang sudah berpasangan atau memiliki untulan. Lantas, kalau Lovebird tidak mempunyai pasangan gimana? Ada beberapa cara lain untuk menangkap burung yang lepas sebagai berikut.

Cara Menangkap Burung yang Lepas

  1. Anda bisa menggunakan sangkar pemikat yang desainnya cukup mewah. Kalau tak punya sangkar seperti itu, Anda bisa meminjamnya dari tetangga atau saudara. Jangan lupa sertakan pakan kesukaannya di dalam sangkar tersebut.
  2. Jika sangkar pemikat tidak berhasil, maka bisa menggunakan burung pemikat. Yang terpenting burung tersebut harus sejenis sehingga suara kicauannya bisa memanggil burung Anda yang lepas.
  3. Cara menangkap burung lainnya bisa menggunakan tongkat yang panjang sekitar 3-4 meter. Tujuannya untuk menjangkau burung yang hinggap di ranting pohon atau kabel listrik. Sebelum digunakan, bagian ujung tongkat harus dilumuri pulut atau getah pohon agar burung tadi bisa menempel di tongkat.
  4. Anda juga bisa menggunakan suara masteran burung yang paling disukai burung Lovebird Anda. Caranya, putar suara masteran dari YouTube, MP3 player, atau aplikasi suara masteran burung sesuai jenis burung.

Baca juga: Cara Menangkap Burung Pakai Botol Bekas dan Video Pembuatan

Loading...

Rizky Kinos Ternak Lovebird

Oh iya, ternyata Rizky Kinos juga ternak Lovebird di rumah kontrakan. Saat ini sudah ada 20 pasang Lovebird. Rata-rata harga Lovebird tersebut sekitar Rp 5 juta – Rp 10 juta. Namun, dia juga punya Lovebird mahal seharga Rp 60 juta.

“So far sejauh ini cuman Lovebird seharga Rp 60 juta. Kenapa dibilang cuman? Karena masih banyak Lovebird yang lebih mahal dari itu. Sejauh ini banyak yang mau beli, tapi nggak gue jualin. Karena sekarang posisinya burung gue kan masih indukan semua, belum anakan. Kalau sudah anakan sih harapannya dijual,” tandas Rizky Kinos, seperti yang disadur dari Detik.com (20/10/2018).

Awal Mula Suka dengan Lovebird

Rizky Kinos dan anaknya memandikan burung Lovebird (kumparan.com)
Rizky Kinos dan anaknya memandikan burung Lovebird (kumparan.com)

Suami Nycta Gina mengungkapkan mengapa dia sangat menyukai burung Lovebird. Ternyata awalnya dia dikasih seekor Lovebird jinak. Lovebird tersebut dilepas tapi tak kabur dan bisa diajak main bersama anaknya. Sejak saat itu, Rizky Kinos mulai mengoleksi beberapa Lovebird.

“Awalnya cuma dikasih satu Lovebird, kebetulan dapat yang jinak. Dilepas dia main saja, enggak kabur. Jadi sering main sama Uta (anaknya). Anak senang, papanya juga senang. Terus nambah satu, nambah dua,” katanya.

Beberapa ekor Lovebird ada yang lepas, mungkin sekitar dua sampai tiga ekor Lovebird sudah kabur dari sangkarnya. Namun, harga Lovebird yang lepas terbilang murah. Sementara Lovebird yang harganya mahal masih aman semua dan belum ada yang mati.

Demikian cara menangkap Lovebird yang lepas ala artis Rizky Kinos, suami Nycta Gina. Kebetulan, Lovebird miliknya memang mempunyai pasangan karena mau diternak, sehingga mudah untuk menangkapnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri, tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar