Setingan Pakan EF Jangkrik untuk Murai Batu (youtube.com)

Cara Mencari Setingan Pakan EF Harian Murai Batu

Burungnya.com – Cukup banyak pertanyaan tentang pakan Extra Fooding (EF) harian yang tepat untuk Murai Batu. Setelah diberikan jenis pakan EF Murai Batu yang bagus, sekarang pertanyaannya berkembang menjadi porsi seberapa dan waktu pemberian kapan.

Jawaban untuk pertanyaan tersebut tentu tidak sama antara burung satu dengan yang lain. Sebab, Murai Batu memiliki karakter yang berbeda-beda. Namun, Anda dapat mempelajari sendiri dari kebiasaan burung. Sehingga Anda akan mendapatkan setingan yang tepat.

Setingan Pakan EF Murai Batu (youtube.com)
Setingan Pakan EF Murai Batu (youtube.com)

Cara Menemukan Setingan Pakan Jangkrik Untuk Murai Batu

Untuk menemukan setingan yang tepat, setidaknya Anda harus mengamati satu per satu burung. Selain itu, Anda harus sabar karena pemberian pakan EF harus diberikan mulai dari 1 ekor, kemudian ditambah 2 ekor, dan seterusnya. Dengan begitu, Anda akan tahu porsi pakan EF yang tepat untuk Murai Batu dan kapan waktu pemberian yang bagus.

1. Murai Batu Diberi 1 Ekor Jangkrik Dulu

Awal-awal, Anda bisa memberikan 1 ekor jangkrik pada burung Murai Batu. Perhatikan dan amati, seberapa kuat Murai Batu memakan jangkrik. Jika 1 ekor jangkrik terlihat lahap, apakah di jangkrik ke 2 dan 3 akan sama.

Misalnya, Murai Batu diberi jangkrik 3 ekor tampak lahap dan suka. Kemudian di jangkrik ke-4, jangkrik cuma dimain-mainkan atau tidak disentuh sama sekali. Berarti porsi pakan jangkrik yang tepat adalah 3 ekor.

Setingan ini untuk pagi saja, kalau sore Anda juga harus melakukan uji coba serupa. Berikan jangkrik satu per satu sampai burung tidak mau memakannya. Lakukan uji coba mencari setingan pakan EF Murai Batu selama beberapa hari sampai menemukan jumlah yang pas.

Perlu diingat bahwa waktu pemberian jangkrik harus konsisten. Kalau Anda memberikan jangkrik jam 07.00 pagi, maka keesokan harinya juga jam 07.00 pagi. Begitu juga kalau pemberian jangkriknya sore, waktunya harus sama.

2. Pemberian Jangkrik Lebih Banyak

Murai Batu yang diberi jangkrik satu per satu akan menjadi jinak dan kurang fighter. Anda bisa memberikan jangkrik dalam jumlah lebih banyak. Misal, pemberian jangkrik langsung 5 ekor di wadah cepuk.

Hitung berapa jangkrik yang dimakan dan jangkrik yang tidak dimakan. Kalau jangkrik yang tidak dimakan cuma 1 ekor, berarti setingan pakan EF jangkrik yang tepat adalah 4 ekor.

Ingat, waktu pemberian pakan harus konsisten. Alasannya, jika Anda telah memberi makanan pada Murai Batu, maka porsinya akan bertambah. Sebaliknya, jika Anda terlalu cepat memberi pakan, maka burung yang masih kenyang akan menyisakan makanannya.

Loading...

Baca juga:

Kalau sudah begini, setingan pakan menjadi kacau. Emosi burung tidak stabil dan birahi tidak stabil. Sebab, pakan EF tadi membuat birahi burung naik turun. Sehingga tingkat birahi Murai Batu juga tidak stabil dan hasilnya pada kinerja menjadi tidak baik.

Ada pertanyaan, kalau berapapun jangkrik yang diberikan selalu habis, setingannya seperti apa? Burung tipe seperti ini berarti setingan pakan hariannya belum stabil. Berikan burung pakan dengan jumlah tertentu dalam beberapa hari sampai burung terlihat kenyang. Nanti akan ketahuan setingan yang pas.

Cara Menemukan Setingan Pakan Kroto Untuk Murai Batu

Pemberian pakan kroto biasanya dilakukan setelah perawatan pagi. Jadi, setelah burung diembunkan, jemur, dan mandi, maka burung Murai Batu bisa diberi kroto.

Contoh pemberian kroto, pagi hari burung diberi 1 sendok kroto segar. Perhatikan apakah di sore hari kroto tersebut masih sisa. Jika kroto habis, berarti porsi kroto kurang.

Tambah lagi porsi kroto sebanyak setengah sendok, jadi totalnya 1,5 sendok kroto. Amati sampai kroto di cepuk tersisa sedikit. Misalnya, sisa kroto cuma beberapa butir saja, atau tersisa 1 layer tipis, berarti porsi kroto sudah cukup.

Kesimpulan

Demikian cara mencari setingan pakan EF Murai Batu sehari-hari. Kalau Anda sudah menemukan setingan yang tepat, performa burung akan menjadi bagus. Selain itu, Anda juga akan mengetahui karakter burung dan maunya burung.

Yang terpenting, burung Murai Batu harus mendapatkan pakan EF berupa jangkrik dan kroto. Kalau voer tidak harus diberi dalam jumlah banyak. Namun, pastikan setiap hari di dalam sangkar selalu ada pakan voer, meski jumlahnya sedikit.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!