8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Burungnya.com – Kucing termasuk hewan yang lucu dan imut. Namun ternyata banyak juga orang yang tidak suka kucing karena sering buang kotoran sembarangan. Tidak hanya itu, kucing juga suka pipis sembarangan.

Bagaimana solusi agar kucing tidak buang kotoran sembarangan di halaman rumah? Untuk sekarang, sebenarnya sudah ada solusi yang praktis.

Produk Pengusir Kucing yang Buang Kotoran Sembarangan

  • Gocat Gel
  • Gocat Spray
  • Pengusir Kucing Liar atau Cat Repellent Spray Anti Kucing
  • Racoon Cat Repellent Cairan Pengusir Kucing Alami
  • Pengusir Kucing Bye Bye Cat

Anda bisa menggunakan Gocat Gel yang fungsinya mencegah kucing pup sembarangan.

Ada lagi Go Cat Spray untuk mencegah kucing pup sembarangan. Beberapa produk tersebut, seperti cairan semprot pembersih kaca.

Baca juga: 3 Cairan Pengusir Kucing Aman Tanpa Menyakiti

Anda cukup menyemprotkan cairan tersebut ke lokasi-lokasi yang biasa dijadikan tempat buang kotoran kucing. Ini termasuk cara mengusir kucing secara halus. Jadi tidak akan menyakitinya.

Nah kalau mau cara yang di luar kebiasaan, Anda dapat mencoba cara-cara terdahulu. Cara-cara yang kami jelaskan ini mungkin belum pernah dicoba sebelumnya, tapi sebagian besar berhasil.

Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan (youtube.com)
Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan (youtube.com)

Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Oh iya, cara ini kami dapatkan setelah membaca blog secangkirkafein.wordpress.com. Pemilik blog menuliskan artikel Cara Mencegah atau Mengatasi Kucing yang Suka Berak Sembarangan.

Artikel tersebut dipublikasikan pada tanggal 18 April 2015 dan sudah mendapat 121 komentar positif. Kebanyakan dari pembaca mengomentari tips mencegah kucing buang kotoran pakai lidi.

1. Balsem

Cara pertama mungkin bisa dibilang agak kejam ya. Bagaimana tidak, agar kucing tidak pup sembarangan, bagian duburnya atau pantat diolesi balsem.

Tentu kucing akan merasa risih dan kesakitan. Bagi orang yang tega, mungkin akan mencobanya di rumah. Namun, pecinta kucing tidak akan mengolesi balsem di pantat kucing.

Kalau ini bukan seperti mencegah, tetapi lebih ke hukuman. Kucing mungkin bisa stres kalau bagian sensitifnya diolesi balsem.

2. Siram Air

Nah, kalau cara kedua bisa dibilang lebih manusiawi. Begitu Anda melihat kucing sedang buang kotoran, siram saja dengan air. Nanti kucing akan lari terbirit-birit.

Tidak perlu air panas, air biasa saja sudah membuatnya ketakutan. Namun, perlu Anda pikirkan lagi lokasinya. Kalau di dalam rumah, tidak mungkin disiram dengan air.

Jadi, beli saja semprotan air atau tembak-tembakan air. Saat kucing mau pup, semprot. Begitu saja terus, sampai kucing tidak eek sembarangan.

Baca juga: 13 Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran di Depan Rumah

3. Bersihkan Lokasi Pup

Anda pasti tahu lokasi mana yang disukai kucing saat pup. Nah, bersihkan area tersebut pakai karbol atau bayclin. Wangi-wangian dari produk pembersih tersebut konon katanya dapat mengusir kucing.

Namun, sepertinya cara ini tidak bisa bertahan lama. Bila cairan sudah mengering, aromanya akan hilang dan kucing tetap buang kotoran di situ.

Lebih baik, cairan tersebut dimasukkan dalam botol sprayer dan disemprotkan pada kucing. Walau terkesan kejam, tapi ini cukup ampuh mengusir kucing yang nakal.

4. Pelihara Kucing Galak

Di antara kucing dengan kucing lainnya sering timbul perselisihan. Entah karena pasangan, rebutan gebetan, makanan, dan lain-lain.

Loading...

Jika Anda sudah mengetahui siapa tersangka (kucing) yang sering buang kotoran di rumah Anda, coba cari kucing lain yang suka berkelahi dengannya.

Pelihara kucing tersebut agar kucing yang suka buang kotoran tidak datang ke rumah lagi. Intinya, kucing nakal harus dilawan dengan kucing juga.

Kotoran Kucing (thesunnysideofsomething.com)
Kotoran Kucing (thesunnysideofsomething.com)

5. Dipenuhi Barang

Semisal kucing suka buang kotoran di pojok atau sudut rumah, coba bagian tersebut dipenuhi dengan barang. Aroma kotoran kucing akan hilang dan kucing tidak akan pup di situ lagi.

Tips ini sebagian besar berhasil. Tapi ada kemungkinan kucing akan memilih lokasi di sekitarnya. Jadi, percuma juga diberi barang kalau pada akhirnya kucing tetap berak di sebelahnya.

Semoga saja, kucing tersebut tidak pup di situ lagi dan pindah ke rumah orang lain. Paling tidak ini solusi sementara walaupun merugikan orang lain.

Baca juga: Gara-gara Kotoran Kucing, Rumah Tetangga Ditutup Tembok Tinggi

6. Oli Bekas

Konon katanya kucing tidak suka dengan oli bekas. Untuk kasus kucing buang kotoran di halaman atau kebun, Anda bisa mencoba trik oli bekas.

Oli bekas kendaraan yang masih tersisa siramkan pada tempat yang sering dikotori kucing. Nanti kucing tidak akan pup di situ lagi.

Kemungkinan kucing jijik dengan oli bekas atau aroma oli membuat kucing pergi. Yang pasti cara ini berhasil walau kebun Anda kelihatan agak kotor.

7. Pasir Pantai Selatan Jawa

Kalau sedang liburan ke pantai selatan Jawa, coba bawa sedikit pasirnya ke rumah. Siapa tahu nanti ada kucing yang buang kotoran sembarangan.

Katanya kucing tidak suka dengan pasir pantai yang teksturnya tajam. Nah, sebagian besar pasir pantai selatan Jawa teksturnya tajam-tajam seperti kaca.

Taburkan pasir tersebut di area yang sering dijadikan tempat buang kotoran kucing. Niscaya kucing tidak akan buang kotoran di sana lagi.

8. Batang Lidi

Cara ini mungkin tidak masuk akal, tapi dari komentar di blog secangkirkafein, sebagian besar menjawab berhasil.

Pertama ambil sebatang lidi, ukur panjangnya sesuai panjang ekor kucing. Tancapkan lidi di permukaan tanah halaman rumah Anda. Jika lokasi di atas lantai, berarti gunakan media play-doh atau lilin plastisin untuk menancapkan lidi.

Satu tangkai saja lidinya ditancapkan secara vertikal. Nanti kucing akan pergi dan tidak buang kotoran di situ lagi. Cara lain yang cukup mudah, letakkan saja lidinya secara horizontal, kucing juga pergi sendiri.

Mengapa cara ini berhasil? Kami juga masih mencari tahu alasannya. Yang jelas kucing tidak mau buang kotoran sembarangan lagi. Jika cara ini berhasil, berarti alhamdulillah, tapi jika tidak, Anda tidak akan rugi karena cuma modal sehelai lidi.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Pipis Kucing yang Menyengat

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengusir kucing yang buang kotoran sembarangan. Walau cara-cara tadi sedikit tidak masuk akal, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Sebab, beberapa cara memang tidak mengeluarkan uang sama sekali alias gratis. Bila cara yang gratis saja berhasil, mengapa harus keluar banyak uang untuk beli produk cairan pengusir kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!