2 Cara Mencetak Lovebird Albino Mata Merah Langka

2 Cara Mencetak Lovebird Albino Mata Merah Langka

Burungnya.com – Mengapa harga Lovebird Albino masih mahal? Ini karena banyak kicau mania yang belum memahami cara mencetak Lovebird Albino yang benar. Kalau sudah paham, pasti banyak orang yang bisa mencetak Lovebird Albino Mata Merah.

Mari mengenal Lovebird Albino Mata Merah lebih jauh. Lovebird Putih ini mempunyai nama genetis Blue NSL Ino. Artinya, burung warna putih ini membawa mutasi Blue dan NSL Ino.

Baca juga: 3 Cara Mencetak Lovebird Parblue Turquoise Dijamin Berhasil

Kalau secara sederhana, Lovebird tersebut dinamakan NSL Ino dengan seri warna biru. Setelah mengetahui nama asli Lovebird Albino, sekarang memahami ciri-ciri Lovebird Albino dari bentuk fisiknya.

Ciri Lovebird Albino Mata Merah

1. Lovebird Albino mempunyai Mata Warna Merah

Dari bagian atas, ciri Lovebird ini sudah sangat terlihat jelas, yaitu matanya merah. Ini bukan karena kemasukan debu atau kecolok, tapi benar-benar dari mutasi genetik.

Macam Jenis Mata Merah pada Lovebird Albino (lovebirdindonesia.com)
Macam Jenis Mata Merah pada Lovebird Albino (lovebirdindonesia.com)

Alasan mengapa Lovebird Albino matanya merah karena pengaruh melanin atau zat pewarna gelap. Jadi, warna Lovebird ini awalnya hitam, tapi karena pewarna gelapnya hilang, sekarang berubah jadi merah.

2. Bulu Lovebird Albino Warna Putih

Sudah pasti karena disebut Lovebird Albino maka warna bulunya putih. Mengapa warna bulu Lovebird Albino putih? Hal ini karena kehilangan melanin, sehingga seluruh warna bulu menjadi putih.

3. Kaki dan Kulit Lovebird Albino Putih Pucat

Tak hanya bulu, bagian kaki dan kulit Lovebird Albino juga berwarna putih. Warna putih ini dipengaruhi oleh hilangnya zat pewarna gelap pada tubuh Lovebird Albino.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Poligami 1 Jantan 3 Betina agar Berhasil

4. Lovebird Albino Matanya Tidak Sepenuhnya Merah

Ada juga kasus di mana zat melanin tidak hilang sepenuhnya. Hal ini menyebabkan, mata Lovebird Albino tidak sepenuhnya merah. Jadi, ada bagian retina mata yang merah, ada pula yang pupil dan kornea matanya merah. Kalau di masyarakat, sering disebut Lovebird Manik Merah karena retinanya saja yang berwarna merah.

Lovebird Albino Retina Merah (lovebirdindonesia.com)
Lovebird Albino Retina Merah (lovebirdindonesia.com)

Selain itu, kaki dan kulit Lovebird Albino tidak putih sepenuhnya melainkan terdapat warna abu-abu dengan kuku yang tidak bening. Kasus Lovebird Albino langka ini sering disebut golongan NSL Ino with Perfect Albinism.

Loading...

Cara Mencetak Lovebird Albino Mata Merah

Ternyata tak mudah mencetak Lovebird Albino Mata Merah. Terbukti dari seluruh masyarakat yang mencoba mencetak Lovebird Putih, 90 persen di antaranya mengalami kegagalan, seperti yang disadur dari LovebirdIndonesia.com (20/12/2018).

Hal ini tentu karena mereka asal menjodohkan saja, tanpa mengetahui ilmu mutasi pada Lovebird. Jika mutasi Lovebird Albino diketahui, tentu akan sangat mudah menghasilkan Lovebird Albino Mata Merah.

Baca juga: 2 Cara Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

1. Ciptakan Blue Split Ino

Banyak yang mengira, mengawinkan sesama Lovebird Albino Mata Merah akan menghasilkan anakan Lovebird yang sama. Padahal, hal tersebut justru menjadi malapetaka karena anakan dari Lovebird Albino Mata Merah terlalu lemah, sehingga tidak bisa bertahan hidup sampai dewasa.

Ya, secara genetis, mutasi NSL Ino rentan terhadap segala hal. Kekebalan anakan Lovebird Albino minim dan pengaruh lingkungan dapat membuat anakan Lovebird mudah terserang penyakit, hingga kematian.

Salah Satu Indukan Harus Lovebird Kobalt

Jadi, Anda harus memilih indukan Lovebird yang bisa menguatkan sistem ketahanan tubuh Lovebird Albino. Salah satu indukan yang tepat adalah Lovebird Kobalt.

Baca juga: Cara Mencetak Lovebird Violet Lengkap dengan Harga dan Jenisnya

Anda dapat mengawinkan Lovebird Albino Mata Merah dengan Lovebird Cobalt. Untuk kelaminnya sama saja, yang penting salah satu indukan berasal dari Lovebird Kobal.

Dari perhitungan genetic calculator diketahui hasil kawin silang Lovebird Albino Mata Merah dengan Lovebird Kobal adalah 100 persen Blue Split Ino. Artinya, wujudnya nanti 100 persen Lovebird Kobalt tapi gennya Ino.

2. Mengeluarkan Mutasi Ino dengan Lovebird Split

Anda juga bisa mencetak Lovebird Albino Mata Merah melalui indukan Lovebird Split. Hasilnya nanti, 50 persen anakan berwujud Lovebird Albino Mata Merah, dan 50 persen lagi berwujud Lovebird Kobalt Split Ino.

Jika anakan yang keluar 4 ekor, maka 2 di antaranya akan berwujud Lovebird Albino Mata Merah. Kelebihan dari mengawinkan Lovebird Split yaitu jumlah anakannya akan lebih banyak dan indukan dapat produksi sepanjang tahun.

Baca juga: 14 Jenis Lovebird Parblue, Asal Usul, Harga dan Cara Mencetaknya

Harga Lovebird Albino Mata Merah

Tak disangka, harga Lovebird Albino Mata Merah selalu berada di atas Lovebird Batman. Memang berapa harganya? Menurut penulis LovebirdIndonesia.com, harga Lovebird Albino Mata Merah di kisaran Rp 500 ribu – Rp 800 ribu pada bulan Desember 2018.

Lovebird Albino Mata Hitam dan Lovebird Pastel Putih

Dalam ilmu genetika, cuma ada Lovebird Albino Mata Merah, sementara Lovebird Albino Mata Hitam tidak ada. Namun, terkadang muncul mutasi khusus (dark Eyed Clear) DEC Blue yang berwujud Lovebird warna putih, kaki putih pucat, tapi matanya berwarna hitam.

Kalau Lovebird Pastel Putih (Pasput) bagaimana? Untuk Lovebird sebenarnya cuma terdapat dua warna, yakni Blue dan Green. Sehingga, adanya cuma Lovebird Pastel Blue dan Lovebird Pastel Green. Sementara Lovebird Pastel Putih tidak pernah ada.

Baca juga: Cara Mencetak Lovebird Biola dengan Biaya Pas-Pasan tapi Berhasil

Demikian cara mencetak Lovebird Albino Mata Merah yang langka. Katanya sulit mencetaknya, tapi jika sudah tahu ilmu mutasi genetis, pasti siapapun dapat mencetak Lovebird Albino dengan mudah.

Untuk belajar lebih banyak tentang ilmu mutasi Lovebird, Anda dapat membaca artikel-artikel di LovebirdIndonesia.com.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mencetak warna burung murai batu
  • albino mata merah
  • lovebird albino manik merah
  • lb albino
  • cara mencetak love bird albino mata merah
  • cara mencetak albino
  • indukan lb albino
  • ciri ciri lb keturunan albino
  • cetak lb albino mm
  • ciri lovebird lutino manik merah

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!