Terapi Cendet Giras (birdseye.photo)

20 Cara Mengatasi Cendet Giras dengan Terapi

Burungnya.com – Burung Cendet hasil tangkapan hutan sering kali terlihat giras dan sulit jinak. Kalau didekati manusia, burung tersebut tampak tidak tenang dan takut. Burung bisa menabrak dinding sangkar dan terbang ke sana ke mari. Bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi Cendet giras dan sulit jinak, Anda bisa melakukan serangkaian terapi. Ada beberapa terapi untuk mengatasi Cendet yang galak atau giras. Dengan terapi ini burung bisa cepat jinak dan tidak giras lagi secara alami.

Namun sebenarnya apa saja penyebab burung Cendet giras? Mengapa burung tidak tenang saat didekati manusia? Tentu saja ini karena perubahan habitat dari alam yang hijau ke tempat baru dan banyak manusia.

Cara Mengatasi Cendet Giras dengan Terapi (birdwatchingdaily.com)
Cara Mengatasi Cendet Giras dengan Terapi (birdwatchingdaily.com)

Penyeban Burung Cendet Giras

Pelajari dulu penyebab Cendet giras agar Anda lebih mudah mengatasinya. Apa kira-kira yang menyebabkan Cendet giras dan galak?

  1. Proses adaptasi dengan lingkungan baru.
  2. Bertemu dengan burung lain.
  3. Tidak nyaman dengan sangkar.
  4. Sering mendengar suara bising dan keras sampai kaget.
  5. Belum terbiasa dengan voer baru.
  6. Gonta-ganti voer.
  7. Pola makanan berubah.
  8. Burung Cendet ditakut-takuti kucing, anjing, tikus, dan hewan lain.
  9. Baru datang dari perjalanan jauh.
  10. Perawatan salah dan tidak sesuai dengan kebiasaan sebelumnya.
  11. Sangkar burung terjatuh.
  12. Burung pernah lepas terus tertangkap lagi.
  13. Cendet bertemu burung Cendet lain yang lebih fighter.

Terapi Mengatasi Burung Cendet Giras

Sekarang saatnya menyembuhkan burung giras dengan sejumlah terapi. Nah, saat menjalankan terapi Anda harus mempunyai banyak waktu luang karena prosesnya harus dilakukan secara rutin.

1. Terapi di Keramaian

Burung Cendet yang baru dibeli memang giras dan galak. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah melakukan terapi keramaian. Burung diletakkan di lokasi yang ramai dilalui banyak orang. Contohnya, Cendet ditaruh di pinggir jalan, ruang tamu, di teras lantai dua, dan lain-lain.

2. Terapi Mandi Basah Kuyup

Tidak hanya diletakkan di tempat ramai, agar burung Cendet tidak giras lagi Anda dapat memandikan burung sampai basah kuyup. Caranya burung dipegang dengan tangan lalu dimasukkan ke baskom berisi air. Tangan satunya mengelus tubuh Cendet secara lembut sampai basah kuyup. Lakukan pemandian seperti ini setiap hari sampai burung Cendet tidak giras.

3. Terapi Kerodong

Setelah mandi basah, burung dijemur atau diangin-anginkan. Kemudian, Cendet langsung dikerodong full. Biarkan burung beristirahat dan menikmati sejuknya udara sehabis mandi. Tujuan pengerodongan agar burung tidak terganggu dengan dunia luar, seperti gangguan hewan lain atau burung lain.

Loading...

4. Terapi Lapar

Burung Cendet yang masih galak bisa dijinakkan dengan terapi lapar. Caranya sejak jam 21.00 malam pakan diambil sampai keesokan harinya. Paginya burung Cendet diembunkan, dimandikan, dan dijemur seperti biasa.

Biarkan burung cuma minum saja agar dia lapar. Setelah cukup lapar, berikan jangkrik sedikit saja atau pakan porsi sedikit di dalam cepuk. Jangan diberi pakan langsung dengan tangan, takutnya nanti burung terlalu jinak.

5. Terapi Mandi Malam

Untuk terapi mandi malam tidak harus dilakukan tengah malam. Anda bisa melakukan terapi setelah solat Isya sampai jam 21.00. Nanti kalau terlalu malam justru membuat burung kedinginan. Jadi, burung cukup disemprot halus saja. Setelah bulu terlihat basah, angin-anginkan burung di dekat lampu, lalu kerodong full.

6. Terapi Suara Alam

Burung yang giras kebanyakan karena stres dengan habitat baru. Ini juga disebabkan karena burung belum bisa beradaptasi. Oleh karena itu, kita harus tetap memberikan suara di hutan dengan terapi suara alam.

Berikan masteran suara gemericik air terjun, air sungai, dan kicauan burung-burung di hutan. Suara audio seperti ini bisa didapatkan di YouTube secara gratis.

7. Terapi Kerodong Basah atau Sauna

Mungkin terapi yang satu ini agak sedikit memaksa agar burung tidak giras. Caranya burung Cendet disemprot embun sedikit saja. Tutup sangkar dengan kerodong. Kemudian kerodong disemprot sampai basah dan dijemur. Lihat kondisi burung dan tunggu sampai kerodong kering.

Kalau kerodong sudah kering, semprot lagi sampai basah. Lakukan hal tersebut berulang kali asalkan burung masih terlihat normal. Jika burung Cendet sudah terlihat tidak nyaman maka segera hentikan terapi tersebut. Terapi ini memaksa burung Cendet cepat jinak dengan cara seperti sauna.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi burung Cendet giras dengan terapi. Pastikan Anda menjalankan terapi dengan benar. Selain itu, amati terus kondisi burung Cendet selama proses terapi. Jangan sampai burung malah jatuh sakit karena terapi tersebut.

Tujuan kita agar burung tidak giras dan galak. Oleh karena itu, kunci utama adalah membuat burung nyaman. Setelah nyaman, Cendet pasti mudah beradaptasi dan akhirnya tidak giras lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Apakah cicak bisa menggacorkan burung cendet
  • Terapi air terjun kicauan burung fighter

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!