10 Cara Mengatasi Cendet Jarang Bunyi dan Kurang Gacor

Burungnya.com – Ada beberapa masalah yang sering menimpa burung Cendet. Permasalahan ini biasanya terjadi karena salah pola perawatan atau perawatan tersebut kucang cocok dengan burung.

Namun, ada juga alasan lain yang menyebabkan burung Cendet jarang bunyi. Biasanya kalau burung jarang bunyi sampai sering diam, dia sedang mengalami penyakit atau masalah tertentu.

Penyebab Burung Cendet Jarang Bunyi

  • Cendet stres
  • Burung drop mental
  • Diserang hewan lain
  • Terkena penyakit
  • Ketakutan terhadap sesuatu
  • Sangkar jatuh
  • Cuaca terlalu dingin
  • Angin bertiup kencang
  • Mabung
  • Cendet salah diberi makan

Cara Mengatasi Cendet Jarang Bunyi dan Kurang Gacor

Ini merupakan perawatan standar yang bisa membuat Cendet kembali gacor. Yang penting buat Cendet nyaman lagi dan mengembalikan tingkat kepercayaan dirinya.

1. Pengembunan

Mulai pagi-pagi buta saat matahari belum terbit, keluarkan Cendet agar dia bisa menikmati udara sejuk. Perawatan seperti ini dinamakan pengembunan. Biasanya perawatan tersebut dilakukan setelah Solat Subuh.

2. Mandi

Selanjutnya burung dimandikan sekitar pukul 06.00 atau 07.00 pagi. Kalau burung terbiasa mandi sendiri, biarkan dia mandi di cepuk mandi. Namun, kalau Anda membiasakan mandi semprot, berarti semprot burung dengan mode embun.

3. Angin-anginkan

Tunggu sampai bulunya basah kuyup lalu mandinya dihentikan. Biarkan sebentar atau diangin-anginkan di tanah biar bulunya agak mengering.

Cendet Malas Bunyi dan Kurang Gacor (flickriver.com)
Cendet Malas Bunyi dan Kurang Gacor (flickriver.com)

4. Jemur

Setelah bulu cukup kering, segera jemur burung Cendet di bawah sinar matahari. Burung akan menyukainya karena sebelumnya dia sudah cukup kedinginan.

Waktu jemur sebentar saja, kira-kira 15 menit sampai 30 menit. Nanti kalau kelamaan jemur, efek embun dan mandinya hilang.

5. Pemasteran

Setelah mandi, burung dikerodong full sambil dimaster. Putar volume suara masteran pelan saja agar burung bisa beristirahat sembari belajar.

6. Pakan Extra Fooding

Sebelum dikerodong burung diberi jangkrik 5 ekor. Tujuannya untuk mendongkrak performa burung dan menjadikan dia kembali gacor. Cara pemberian jangkrik langsung berikan di cepuk, bukan diberikan menggunakan tangan.

Loading...

Sore harinya masteran dihentikan, burung Cendet bisa dimandikan lagi atau cuma diangin-anginkan.

7. Terapi Mandi Malam

Malam harinya, coba lakukan terapi mandi malam. Tapi waktunya tidak perlu terlalu malam. Mandi malam jam 19.00 juga bisa atau setelah solat Isya.

Mandi malam untuk Cendet jangan sampai basah kuyup. Takutnya nanti malah kedinginan dia. Jadi, yang penting bulu lumayan basah sudah cukup.

8. Burung Dihangatkan

Setelah mandi malam, angin-anginkan burung sebentar di depan rumah. Anda juga bisa mendekatkan burung di sekitar lampu agar tubuhnya hangat.

Kalau bulu Cendet sudah cukup kering, segera kerodong sangkar sampai full. Biarkan burung beristirahat dan tubuhnya fit kembali.

9. Pemasteran Malam

Sambil beristirahat, putarkan suara masteran MP3 dengan volume pelan. Mengapa volume harus pelan? Tujuannya agar burung tetap bisa beristirahat, tapi juga belajar menirukan suara burung lain.

10. Cendet Kembali Gacor

Burung Cendet yang jarang bunyi dan kurang gacor niscaya akan kembali gacor lagi. Perawatan ini memang dirancang untuk membangkitkan semangat burung.

Namun, waktu gacornya tidak sama setiap burung. Ada burung yang cepat kembali gacor, ada juga lama gacornya. Semua ini karena banyak faktor, baik dari luar atau burung itu sendiri.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi Cendet jarang bunyi dan kurang gacor. Banyak faktor penyebab burung Cendet jadi malas bunyi. Namun, cara mengatasinya juga banyak.

Yang terpenting Anda cukup bersabar menunggu burung Cendet gacor kembali sembari memberikan perawatan terbaik.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara Mengatasi cendet kurang birahi
  • Ciri Cendet kurang jemur

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!