8 Cara Mengatasi Cendet Salto dan Loncat dengan Perawatan Khusus

Burungnya.com – Mungkin selama ini Anda mengalami banyak masalah terkait tingkah burung Cendet yang nakal. Hal seperti ini wajar, karena pada dasarnya Cendet merupakan burung liar dan predator ganas.

Di Alam liar, Cendet sudah mirip elang mini. Burung ini bisa memangsa hewan lain yang lebih besar. Alhasil, bila Cendet dimasukkan ke kandang, dia akan berulah.

Nah, berbicara tentang Cendet, tentu banyak sekali masalahnya, salah satunya Cendet salto dan loncat-loncat.

Burung Cendet suka terbang bebas di alam, tapi kalau sudah di kandang, pergerakannya terbatas. Sehingga burung akan berontak dan memintar keluar.

Ini untuk sementara waktu saja. Kalau burung sudah adaptasi dan jinak, Cendet bisa gacor seperti burung lain.

Nah, untuk mengatasi Cendet salto seperti apa? Dalam hal ini yang perlu dipikirkan adalah bagaimana membuat Cendet nyaman dulu.

Baca juga:

Cara Mengatasi Cendet Salto dan Loncat

Cendet Berperilaku Buruk (birdguides.com)
Cendet Berperilaku Buruk (birdguides.com)

1. Mandi Malam

Pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan mandi malam. Jadi, burung Cendet dimandikan malam hari secara rutin.

Waktu pemandian burung bisa di antara jam 19.00 – 21.00. Mengapa mandinya tidak dilakukan tengah malam? Burung akan kedinginan dan justru jatuh sakit.

2. Penghalang Tali Karet

Jika Anda punya karet gelang atau pentil, Anda bisa memasangnya di dekat tangkringan. Tujuannya agar Cendet kesulitan saat salto.

Burung akan diam di tangkringan karena ruang gerak untuk salto sangat terbatas. Tali karet dipilih agar tubuh burung tidak terluka.

3. Tangkringan Ditambah

Apabila Anda hanya memasang satu tangkringan, sekarang tambah lagi tangkringannya jadi dua. Tangkringan dipasang bertingkat dan menyilang.

Dengan begitu, Cendet akan terbentur dan sulit saat salto. Jadi, burung Cendet akan diam di satu tangkringan. Paling burung cuma loncat sedikit karena terbatas pergerakannya.

Latihan Mental Cendet yang Bagus (ebird.org)
Latihan Mental Cendet yang Bagus (ebird.org)

4. Cendet Diumbar

Mengapa Cendet perlu diumbar? Nah tujuannya agar Cendet lebih leluasa gerak. Kalau burung bebas terbang ke sana ke mari dia tidak akan salto lagi.

Burung lebih memilih untuk terbang seperti biasa. Dia tidak akan loncat-loncat karena ruang di kandang aviary sangat besar.

5. Pakan EF Dikurangi

Bila Anda terlalu banyak memberikan pakan EF, sekarang kurangi porsinya. Mungkin sekarang Anda memberikan jangkrik 10 ekor sehari. Kurangi jumlahnya jadi 5 ekor sehari.

Untuk ulat dan lainnya juga demikian. Porsi pakan EF dibatasi saja agar burung tidak over birahi.

6. Pakan Alami

Kalau ada pakan alami, mungkin lebih baik. Sebab, burung di alam suka dengan serangga kecil, seperti belalang hijau, orong-orong, kadal kecil, dan lain sebagainya.

7. Semprot Air Es

Burung Cendet harus dibiasakan disiplin agar tidak salto. Begitu burung salto, coba semprot dengan air es. Cendet pasti kaget dan terdiam.

Kalau Cendet salto lagi, semprot lagi. Lama kelamaan burung akan mengetahui bahwa perilaku tersebut tidak baik, sehingga dia akan mendapatkan hukuman.

Cara Mengatasi Cendet Nakal (wikimedia.org)
Cara Mengatasi Cendet Nakal (wikimedia.org)

8. Full Kerodong

Terakhir, Anda bisa mengerodong burung full setiap hari. Saat akan tidur, Cendet dikerodong, begitupun saat tidur siang.

Burung akan merasa nyaman karena suasana tenang dan tidak menyilaukan. Sehingga burung juga bisa lebih santai.

Dia juga tidak bisa lihat burung lain yang mungkin dapat memancing emosinya. Jadi, fungsi kerodong cukup banyak bagi Cendet yang hobi salto.

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi Cendet salto dan loncat-loncat. Cendet salto dinilai kurang baik bagi perfomanya. Selain dapat menguras energi, salto dianggap nilai minus di lomba burung.

Apabila Cendet bisa nagen satu titik di tangkringan, itu akan lebih baik. Burung Cendet seperti itu mungkin cukup jarang dijumpai sehingga cobalah membuat Cendet nagen di tangkringan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.