8 Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas dan Macet Bunyi

Burungnya.com – Saat burung Kacer memasuki masa mabung sebaiknya lakukan perawatan khusus. Sebab, apabila Kacer mabung tidak tuntas maka akibatnya akan sangat fatal sekali. Bahkan, Kacer juara pun kalau proses mabungnya tidak selesai, dia bisa macet bunyi mengalami masalah lainnya.

Burung Kacer mabung pertama pada usia sekitar 6 bulan. Mabung kedua biasanya umur 1 tahun sampai 1,5 tahun. Kemudian, burung Kacer sudah mapan dan bisa diikutkan lomba. Setelah itu, 2-3 tahun kemudian Kacer bisa mabung lagi. Jadi totalnya selama hidup Kacer bisa mabung sebanyak 3 kali.

Akibat Mabung Kacer Tidak Tuntas

  • Burung macet bunyi.
  • Bulu tumbuh tidak normal.
  • Bagian tubuh burung ada yang botak.
  • Burung mudah sakit.
  • Performa burung menurun drastis.

Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas dan Macet Bunyi

Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas dan Macet Bunyi (besgroup.org)
Cara Mengatasi Kacer Mabung Tidak Tuntas dan Macet Bunyi (besgroup.org)

1. Jangan Cabut Bulu secara Paksa

Sebagian kicau mania ingin Kacer mabung cepat selesai. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Kacer mabung tidak kunjung selesai dan lama. Hal ini karena pemilik burung mencabuti bulu secara paksa. Sehingga bulu yang harus tidak rontok justru dicabut dan tentu saja sangat menyakitkan.

Dalam kasus ini burung mabung harus diberikan waktu istirahat. Beri dia makanan bergizi dan tidak perlu mandi jemur dulu. Proses lepasnya bulu cukup menyakitkan jadi burung jangan diganggu.

2. Kandungan Makanan Burung Kacer

Pemberian makanan burung Kacer tidak boleh sembarangan. Setidaknya pakan burung ini harus mengandung banyak protein dan kalori tinggi.

Protein diperlukan untuk menumbuhkan bulu baru, sementara kalori untuk merontokkan bulu. Selain itu, ada juga tambahan berupa kalsium, fosfor, dan keratin agar bulu cepat tumbuh.

3. Porsi Pakan Kacer

Walau sudah mengetahui jenis pakan Kacer yang bagus saat mabung, Anda harus tetap memantau porsi pemberiannya. Sebab, terlalu banyak memberikan makanan berprotein tinggi seperti kroto dan jangkrik juga kurang baik.

Alasannya, burung Kacer bisa tambah aktif dan naik birahinya. Dengan begitu, proses mabung Kacer akan terhambat dan lama. Kalau bisa makanan Kacer dikombinasikan saja. Misalnya, kroto atau jangkrik dengan ulat kandang.

4. Stop Lomba Burung

Kalau burung Kacer sudah menunjukkan tanda-tanda bulu rontok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan lomba. Sebab, bukannya tampil bagus, burung mabung yang dilombakan justru akan mabung lama dan tidak tuntas.

Kacer merupakan burung tipe petarung. Kalau bertemu lawan, burung ini akan pasang badan dan karakternya ingin bertarung terus. Sehingga burung yang seharusnya istirahat mental dan fisik justru dipaksa untuk emosi.

Loading...

5. Burung Istirahat Total

Seperti yang sudah kami jelaskan, Kacer mabung harus istirahat total. Tempatkan burung di lokasi yang tenang dan tanpa gangguan. Kandang bisa dikerodong agar burung fokus merontokkan bulu.

6. Pakan Sentrat Ayam

Ada yang bilang bahwa Kacer mabung bisa diberi sentrat ayam atau voer ayam. Tujuannya agar proses mabung burung lebih cepat dan burung tetap mendapatkan nutrisi yang tinggi. Namun, efek sampingnya, setelah mabung burung Kacer bisa kegemukan.

7. Kulit Jeruk dan Daun Pandan

Sebagian kicau mania meyakini kulit jeruk dan daun pandan dapat membantu burung Kacer merontokkan bulu secara tuntas. Aroma kulit jeruk dan daun pandan dipercaya dapat membuat burung lebih rileks sehingga bulu cepat rontok.

8. Menjaga Suhu Tetap Hangat dan Lembab

Sebisa mungkin Anda harus mengatur agar suhu di dalam sangkar Kacer tetap hangat dan lembab. Alasannya agar pori-pori kulit burung melar dan lebih terbuka. Anda bisa mengaturnya menggunakan lampu bohlam kuning 5 watt, kerodong, baskom berisi air, pakan minum, dan voer ayam.

Jadi, lampu diletakkan di atap sangkar, kemudian bagian alas diberi baskom berisi air. Sangkar dikerodong full. Lampu di dalam sangkar dinyalakan malam hari, setelah Solat Subuh lampu dimatikan dan baskom ditambah air lagi.

Burung Kacer diembunkan agar bisa menghirup udara segar sambil dibuka kerodong. Terapi lampu dan baskom ini bisa dilakukan sampai bulu tua Kacer rontok. Anda bisa menghentikannya saat bulu burung yang berbentuk jarum sudah tumbuh atau nyulam.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi Kacer mabung tidak tuntas dan macet bunyi. Burung Kacer harus dikondisikan dalam keadaan drop agar lebih cepat mabungnya. Jangan sampai Kacer birahi karena bisa memperlama proses mabung.

Sebaiknya, Kacer dikarantina di tempat tenang dengan memberikan pakan EF bergizi dan suhu dalam sangkar yang hangat serta lembab.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kacer tidak tuntas mabung
  • Foto burung kacer mabung gundul
  • mengatasi kacer mabung tidak tuntas
  • cara mengatasi kacer gagal mabung
  • cara mengatasi kacer mabung trus
  • cara mengatasi burung kacer gagal mabung
  • cara merawat kacer setelah mabung pertama
  • Ciri kacer gagal mabung
  • Ciri-ciri kacer mabung tidak tuntas
  • Tangani Kacer sering rontok bulu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!