10 Cara Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Kawin

Burungnya.com – Bayangkan kalau kucing sedang birahi, bagaimana perilakunya? Tentu kucing menjadi lebih agresif terhadap sesuatu. Tidak hanya pada kucing lawan jenis, biasanya pemilik juga jadi pelampiasan birahi.

Sebenarnya saat kucing birahi tinggi atau over birahi, yang perlu dilakukan cuma dikawinkan saja. Namun, terkadang pemilik cuma punya satu kucing. Sehingga proses kawin membutuhkan pihak ketiga.

Untuk ada beberapa cara mengatasi kucing birahi tanpa kawin. Apakah bisa demikian? Sudah pasti bisa, tetapi butuh waktu karena birahi kucing diredam tanpa disalurkan ke lawan jenis.

Ciri Kucing Birahi

Kucing Jantan

  • Jadi galak, agresif, dan gelisah.
  • Suka mencari tempat gelap dan lembab.
  • Kabur keluar rumah untuk mencari kucing betina.
  • Kucing jantan marah pada majikan dengan cara mogok makan.
  • Pipis atau kencing sembarangan di mana-mana.
Ciri Kucing Birahi (catster.com)
Ciri Kucing Birahi (catster.com)

Kucing Betina

  • Kucing akan mengeluarkan aroma pemikat ke kucing jantan.
  • Betina akan mengeong keras dan berisik untuk menarik perhatian kucing jantan.
  • Organ reproduksi kucing betina menjadi merah merona.
  • Bau kelamin kucing juga khas yang membuat kucing jantan ikutan birahi.
  • Kucing betina berguling-guling tanpa sebab.
  • Si kucing betina akan menegakkan ekornya ke atas untuk menunjukkan organ reproduksi yang sudah mengembang dan merah merekah.
  • Nafsu makan kucing menurun drastis.
  • Tubuh kucing betina jadi terasa hangat.
  • Kucing tidak tahan di dalam rumah dan ingin keluar rumah.

Cara Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Kawin

1. Kucing Dimasukkan ke Ruang Isolasi

Ini menggunakan teknik hitungan siklus estrus. Namun, ingat ruang isolasi harus aman sehingga tidak bisa dimasuki kucing lain dari luar. Begitu juga kucing dari dalam tidak bisa keluar ruangan.

Masa birahi kucing atau siklus estrus sekitar 3-14 hari. Namun biasanya ada masa tambahan namanya merestrus atau diestrus sekitar 30-40 hari. Jadi total siklus estrus kucing sekitar 1,5 bulan.

Sebisa mungkin kucing berada di dalam ruangan isolasi sekitar 1,5 bulan biar birahinya stabil lagi. Meski begitu, kucing betina akan birahi lagi setelah 2-3 bulan, namanya masa anestrus.

2. Diberi Tempat Duduk Hangat

Kucing yang birahi butuh pelampiasan. Berikan tempat duduk hangat agar alat reproduksinya bisa meredam birahi. Dudukan hangat ini bisa didapat dari handuk hangat yang sudah diperas.

Cara lain, masukkan air hangat pada plastik atau botol. Kemudian taruh di bawah dudukan. Nanti alas dudukan kucing tersebut menjadi hangat.

Pastikan alat reproduksi kucing bersentuhan dengan alas hangat tersebut. Soalnya, kelamin kucing betina biasanya sensitif terhadap dingin tapi nyaman pada sesuatu yang hangat.

Tips Mengatasi Kucing Birahi (mipetinsurance.com.au)
Tips Mengatasi Kucing Birahi (mipetinsurance.com.au)

3. Aroma Terapi

Tahukah Anda, aroma terapi dapat meredam birahi kucing. Anda bisa memilih aroma catnip dan feliway.

Biasanya tingkat birahi kucing akan menurun setelah menghirup aroma terapi tersebut. Kucing juga akan merasa rileks setelah menghirupnya selama 1-2 jam.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua kucing akan merasakan efek yang sama.

4. Obat Penenang Hermal Khusus Kucing

Nah, Anda bisa beli obat penenang herbal yang dikhususkan untuk kucing. Nantinya otot syaraf kucing akan lebih rileks dan melunak dan tenang.

Obat penenang ini bisa diberikan dengan tiga cara, seperti diteteskan ke mulut, dicampur air minum, dan disemprotkan melalui udara.

Ingat pilih obat penenang khusus hewan, bukan manusia. Sebab, kucing bisa mengalami overdosis atau gangguan hormonal.

Loading...

5. Difuser Feliway

Kalau ada rezeki, belilah mesin difuser feliway. Alat ini bisa menyebarkan senyawa kimia feliway untuk menenangkan jiwa kucing.

Senyawa ini sebenarnya hormon sintesis yang diformulasikan untuk ketenangan kucing.

Mesin ini sebaiknya diaktifkan saat kucing sudah mulai terlihat birahi. Metode ini dapat dikombinasikan dengan teknik ruangan isolasi.

6. Mengajak Kucing Bermain

Agar birahi kucing teralihkan, sering-seringlah mengajak kucing bermain. Kucing mudah sekali teralihkan dengan mainan.

Jangan biarkan kucing sendirian atau diam, nanti birahinya tambah parah. Lebih baik sibukkan kucing ini dengan berbagai kegiatan seperti bermain di dalam rumah.

Kalau bisa jangan mengajak kucing bermain di luar rumah. Nanti kalau dia bertemu lawan jenis, pasti akan dikejar.

7. Bersihkan Kotak Pasir

Saat kucing birahi, bersihkan kotar pasir secara berkala. Pasalnya, kotoran kucing betina mengandung aroma untuk memikat kucing jantan.

Kalau kotoran tidak dibersihkan, beberapa kucing jantan akan berbaris rapi di luar rumah. Nanti kalau kucing betina keluar, dia bisa langsung dihamili.

Cara Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Kawin (express.co.uk)
Cara Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Kawin (express.co.uk)

8. Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah

Setelah tahu masa birahi kucing, Anda jangan membiarkan dia keluar rumah. Percayalah ini masa-masa yang membuat kucing Anda bisa hamil di luar nikah.

Jadi jangan pernah mengeluarkan kucing dari rumah. Lebih baik kucing dirawat di ruang isolasi saja dengan tambahan aroma terapi.

Baca juga:

9. Disuntik Hormon Prostaglandin

Mungkin banyak yang belum tahu kalau suntik hormon Prostaglandin dapat menenangkan kucing birahi. Ternyata hormon ini berfungsi untuk mengatur estrogen dan progesteron pada badan kucing.

Nantinya siklus atau masa estrus pada kucing terganggu sehingga lama kelamaan birahi kucing akan turun.

Ini cuma suntik biasa saja, beberapa menit kemudian birahi akan normal. Namun, Anda harus berhati-hati karena bila metode ini dilakukan dalam jangka lama, nanti sel ovarium kucing akan mengalami gangguan.

Ya, anomali pada sel ovarium bisa memicu tumor dalam rahim kucing. Ini cuma metode suntik yang dilakukan karena terpaksa atau tidak ada jalan lain. Penyuntikan hormon ini juga harus dalam pengawasan dokter hewan atau dilakukan oleh ahli.

10. Kucing Disteril atau Kebiri

Jalan keluar terakhir yang bisa mengatasi birahi kucing tanpa kawin adalah sterilisasi atau kebiri. Ini solusi permanen karena kelamin kucing diangkat.

Dengan begitu, kucing tidak akan birahi lagi. Sebab, alat untuk memicu birahi sudah hilang. Namun, masalahnya nanti kucing tidak bisa mempunyai anak atau keturunan.

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi kucing birahi tanpa kawin. Sebenarnya banyak solusi untuk meredam birahi kucing. Namun, lihat dulu apa saja efeknya.

Kalau efek dari peredaman birahi ini masih positif, Anda dapat melanjutkannya. Namun, bila birahi kucing dihilangkan tapi berdampak negatif, sebaiknya jangan diteruskan metode tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mengatasi kucing jantan birahi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!