17 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Burungnya.com – Tiba-tiba kucing tidak mau makan. Apakah kucing ini sakit atau ada penyebab lain? Tenang, jangan panik dulu, Anda bisa mengatasi kucing malas makan setelah mengetahui penyebabnya.

Jadi, yang paling awal harus Anda lakukan, menerka-nerka penyebab kucing tidak mau makan. Setelah itu, Anda baru bisa mengobati kucing tidak ingin makan.

Penyebab Kucing Tidak Makan

  1. Bosan dengan makanan sehari-hari karena cuma diberi makanan kering. Kadang kombinasikan makanan kering dengan yang basah.
  2. Nafsu makan terganggu karena penyakit tertentu. Segera obati kucing Anda atau bawa ke klik dokter hewan.
  3. Kucing sakit mulut atau tenggorokan, seperti sariawan atau tersedak duri ikan, hingga sakit gigi.
  4. Awal kucing sakit biasanya memang nafsu makan menurun dan sampai ke fase tidak mau makan.
  5. Kucing stres terkadang juga tidak ingin makan. Stres di sini biasanya terjadi karena baru diadopsi oleh pemilik baru di lingkungan yang baru.
  6. Ada juga penyebab kucing nggak mau makan karena kucing over birahi atau birahi tinggi. Kucing seperti ini sedang birahi tapi tidak memiliki pasangan.
  7. Metabolisme tubuh kucing sedang kurang bagus. Di dalam tubuhnya ada benda asing, seperti parasit, kuman, virus, bakteri, dan lain-lain.
Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan (theguardian.com)
Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan (theguardian.com)

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

1. Ganti Makanan Kucing

Berikan variasi makanan setiap beberapa hari sekali. Misalnya, bila Anda sering memberikan makanan kering, coba ganti dengan makanan basah. Rasa makanan juga bisa divariasi.

Merek makanan kalau perlu bisa diganti. Tanyakan kepada pemilik lama sebelum Anda mengadopsinya. Siapa tahu, dia tidak suka makanan baru, dan lebih menyukai makanan kucing pertamanya.

2. Memancing Nafsu Makan

Kalau kucing sedang tidak mau makan, coba sodorkan makanan atau daging dekat ke hidungnya. Ada kemungkinan pernapasan kucing sedang mengalami masalah atau mungkin hidungnya tersumbat.

3. Menyuapi Makanan dengan Tangan

Tahukah Anda, kucing juga butuh bermanja-manja ria dengan pemiliknya. Jika dia sedang tidak mau makan, mungkin dia ingin disuapi.

Biasanya menyuapi makanan langsung dengan tangan lebih mengena di hati sanubari. Coba lakukan hal tersebut pada kucing Anda secara teratur.

4. Kasih Obat Penyakit Mulut

Bila Anda kesulitan membeli obat penyakit mulut khusus kucing, maka bawa saja ke klinik dokter hewan. Namun, bila Anda takut keluar biaya mahal, sementara coba berikan obat mulut yang biasa dikonsumsi manusia.

Penyakit mulut kucing beraneka ragam, bisa saja sariawan, jamuran, radang, terluka, dan lain-lain.

5. Vitamin Kucing

Anda merasa ada yang aneh dengan kesehatan kucing sehingga dia tidak mau makan. Coba berikan vitamin yang mengandung B kompleks dan lysin.

Vitamin ini bisa dibeli di apotik dengan nama Biolysin, Lysmin, atau Becombion. Takarannya sesuaikan dengan anak-anak saja.

Vitamin ini selain mencegah virus herpes dan flu kucing, ada juga manfaat lain yaitu menambah nafsu makan. Cara memberikan vitamin kucing dengan memberi makan sedikit agar lambung kucing tidak iritasi atau muntah.

Loading...
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan (thesprucepets.com)
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan (thesprucepets.com)

6. Kucing Diajak Main

Setiap hari kucing dirumah, sementara Anda sibuk kerja. Kucing merasa kesepian dan ingin protes tapi tidak tahu caranya. Akhirnya dia berinisiatif untuk mogok makan, supaya pemiliknya panik dan mulai mengajaknya main seperti awal-awal adopsi.

Jadi sesekali ajaklah kucing bermain di taman. Paling tidak lepaskan dia di dalam rumah, agar dia bisa setidaknya mendekati Anda saat kesepian.

7. Tempat Nyaman

Berikan tempat nyaman untuk kucing peliharaan di rumah. Paling tidak selalu sediakan tempat hangat dan tempat bermain untuk kucing. Pemberian makan dan minum juga jangan sampai kelupaan.

8. Tanyakan Jasa Cenayang Hewan

Kami pernah mengetahui ada jasa cenayang hewan di Facebook. Intinya, dia memiliki kemampuan bisa berkomunikasi dengan hewan. Ilmunya seperti indera keenam. Jadi, cuma melihat foto kucing, dia sudah tahu apa yang sedang dirasakan kucing tersebut.

9. Konsultasi ke Dokter Hewan

Jika kucing Anda sampai lemas karena tidak mau makan, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan. Nanti kucing Anda akan mendapatkan perawatan ekstra dan deteksi penyebab dia tidak ingin makan.

10. Makan Lewat Perut

Ada teknik memberi makan lewat perut kucing, tai ini bisa dilakukan bila dalam kondisi darurat atau menyangkut nyawa. Selain itu, yang boleh melakukan pemberian makan lewat selang ke dalam perut adalah dokter hewan. Istilahnya dalam dunia kedokteran hewan adalah Tube Feeding.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan dan penyebabnya. Pahami dulu, apa saja yang membuat kucing tidak ingin makan.

Setelah mengetahui alasannya, dekati kucing dan berikan apa yang dia inginkan. Mungkin saja saat ini kucing tersebut sedang stres. Sehingga dia butuh pendekatan secara emosional.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • awal adopsi kucing tidak mau maksn
  • cara mengobati kucing yg sakit dan gak galak makan
  • ciri ciri kucing lemas dan tidak mau makan tersedak sedak

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!