7 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Minum dan Penyebabnya

Burungnya.com – Kucing bisa saja dehidrasi kalau kekurangan cairan di dalam tubuh. Untuk itu kucing harus minum setiap hari. Namun, terkadang ada kucing tidak mau minum sedikitpun. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Ada yang bilang kucing mempunyai kepribadian yang mirip manusia. Sebagian manusia jarang minum air putih karena lupa atau memang tidak suka.

Kalau kucing sendiri tidak berbeda jauh dengan manusia. Namun, alasan kucing tidak mau minum karena bebera hal. Contohnya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Minum (enjo.com)
Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Minum (enjo.com)

Penyebab Kucing Tidak Mau Minum

1. Kucing Sakit

Tahukah Anda kucing yang sakit biasanya tidak mau minum dan makan. Pemiliknya mungkin akan panik karena kucing tidak makan dan minum sama sekali.

Jelas saja panik, karena kucing bisa mengalami dehidrasi akut. Nantinya, kucing bisa lemas dan tidak sadarkan diri. Kalau hal tersebut berlanjut, kucing bisa mati.

Penyakit kucing karena dehidrasi bisa dilihat dari kulit bagian punggung atau leher atas. Kalau bagian kulit tersebut dicubit dan tidak kembali ke asalnya, berarti kucing dehidrasi atau sakit. Tapi kalau kerutan kembali seperti semua, berarti kucing sehat.

Baca juga: 8 Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur Murah Bergizi

2. Kebutuhan Cairan Sudah Terpenuhi

Kalau kebutuhan air di dalam tubuh kucing sudah terpenuhi kucing tidak akan mau minum. Bisa saja dia tidak terlihat minum atau jarang minum karena sering diberi makanan basah.

Nah, di dalam makanan basah terdapat sedikit cairan yang bisa diserap tubuh. Sehingga kucing jadi jarang minum. Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut karena kucing Anda sudah pintar mencari cairan di dalam makanan basah.

3. Air Minum Kotor atau Tercemar

Mungkin saja secara fisik, air minum kucing terlihat bersih. Namun, faktanya air tersebut kotor dan banyak sekali bakteri serta tercemar bahan tertentu.

Kucing Anda sudah mencium bau tak sedap pada air tersebut, sehingga dia tidak mau meminumnya. Jadi, bagi pemilik kucing, sebaiknya berikan air minum yang bersih.

Minimal periksa dulu sumber air tersebut. Jika sehari air tidak bisa diganti, besoknya air wajib diganti. Takutnya air tersebut sudah tercemari bahan-bahan kimia lain dari dalam rumah.

4. Posisi Wadah Minum Kucing Terlalu Rendah

Ternyata ada kucing yang memiliki masalah persendian. Jadi, dia selalu merasa kesakitan saat membungkuk atau tengkurap. Alhasil kucing jadi tidak bisa mengambil air minum yang posisinya rendah.

Dia tidak membungkuk karena sakit. Coba pindahkan posisi wadah air minum di atas meja supaya kucing tidak bisa membungkuk. Walau sepele, ternyata cukup penting bagi seekor kucing.

Loading...

Baca juga: Alasan Kucing Tidak Boleh Makan Ikan Mentah

5. Wadah Terlalu Cekung

Tidak sedikit pemilik kucing yang asal-asalan dalam memberikan wadah air minum dan pakan. Mereka pikir kucing bisa minum makan dari wadah apa saja.

Padahal, kenyataannya kucing kesulitan minum di wadah yang terlalu cekung atau airnya terlalu dalam. Bisa saja Anda memberikan air minum terlalu sedikit, sehingga mulut kucing sulit menjangkaunya.

Jadi, solusinya berikan wadah minum yang lebar dengan cekungan yang agak datar. Sehingga kucing mudah menjangkau air minum. Kucing kaki pendek mungkin akan kesulitan mengambil air minum di wadah yang terlalu tinggi atau cekung.

Penyebab Kucing Tidak Mau Minum (vethelpdirect.com)
Penyebab Kucing Tidak Mau Minum (vethelpdirect.com)

6. Kucing Terlalu Banyak

Anda memelihara beberapa ekor kucing, berarti jumlah wadah minum juga harus banyak. Kalau Anda pelihara 7 ekor kucing, tapi wadah air minum cuma 1, maka kucing akan berebut.

Alhasil tidak semua kucing akan mendapatkan air minum. Bisa saja ada 1-2 ekor kucing yang tidak kebagian air minum. Dia nantinya bisa jatuh lemas karena dehidrasi.

7. Kucing Stres dan Kesepian

Bagaimana rasanya saat Anda sedang stres? Anda mungkin tidak mau makan maupun minum. Ya, kucing juga demikian. Dia jadi tidak mau makan dan minum karena stres serta kesepian.

Kesepian karena tidak memiliki pasangan juga bisa membuat kucing stres. Akibatnya kucing jadi tidak mau makan minum. Kawinkan saja kucing Anda biar dia tidak stres lagi.

Baca juga: 17 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Minum

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kucing mau minum lagi. Cara ini mungkin sudah pernah Anda coba sebelumnya, kami hanya melengkapi saja.

  • Porsi makanan dikurangi supaya kucing terpancing untuk banyak minum.
  • Wadah minum dibersihkan rutin agar tidak bau dan kotor.
  • Air minum kucing diganti setiap hari agar selalu bersih.
  • Berikan air minum kemasan atau air kran yang bersih.

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi kucing tidak mau minum dan penyebabnya. Kucing jarang minum bukan karena air minumnya saja, bisa jadi karena kucing sedang tidak enak badan.

Banyak faktor yang mempengaruhi kucing jarang minum. Anda harus mencari tahu dulu penyebabnya supaya Anda bisa dengan mudah memberikan solusi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!