Cara Mengatasi Lovebird Birahi atau Emosi di Rumah dan Lapangan (instagram.com)

18 Cara Mengatasi Lovebird Birahi atau Emosi di Rumah dan Lapangan

Burungnya.com – Beli Lovebird yang baru pisah dari pasangan biasanya mudah sekali birahi dan emosi. Jadi kalau membeli Lovebird lebih baik sekalian dengan untulannya. Namun kalau dana terbatas dan cuma bisa beli satu burung, maka Anda harus dapat menerima risiko burung jadi mudah birahi dan emosi.

Untuk mengatasi Lovebird yang birahi dan emosi di rumah dan di lapangan ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Namun Anda harus melakukan hal tersebut secara bertahap biar tidak salah langkah.

Catatan yang perlu diperhatikan:

  1. Birahi selalu diikuti dengan emosi.
  2. Emosi tidak selalu diikuti dengan birahi.

Lovebird Birahi di Rumah

  1. Burung Lovebird bertemu lawan jenis. Untuk meredam birahi harus dipisah ruangan. Lovebird jantan satu ruangan, begitu juga dengan semua Lovebird betina di ruangan yang berbeda. Kalau Lovebird pasangan bebas atau bisa campur.
  2. Pakan Lovebird terlalu kencang. Cara mengatasinya, Lovebird bisa diberi milet putih kiloan tanpa campuran atau racikan apapun.
  3. Burung Lovebird dijemur terlalu lama. Biasanya Lovebird jantan dan betina dewasa mudah sekali birahi saat dijemur kelamaan. Kalau Lovebird paud tidak terlalu berpengaruh. Nah, untuk mengatasi Lovebird dewasa birahi yaitu dengan menjemur selama 5-15 menit.

Lovebird Birahi di Lapangan

  1. Burung Lovebird bertemu dengan lawan jenis di lapangan. Untuk mengatasinya cukup sulit, apalagi kalau Lovebird single fighter. Solusinya berikan pakan Lovebird yang rendah. Nantinya bila di lapangan kurang birahi bisa diberi pakan agak kencang.
  2. Pakan Lovebird terlalu kencang. Jadi saat mendekati lomba lebih baik Lovebird diberi pakan rendah dulu. Nanti bila birahi kurang, Anda bisa menambahkan pakan yang kencang.
Lovebird Birahi dan Emosi (instagram.com)
Lovebird Birahi dan Emosi (instagram.com)

Lovebird Emosi di Rumah

  1. Penyebab Lovebird emosi karena sering mendengar Lovebird lain tapi tidak pernah bertemu. Biasanya perilaku ini dimiliki Lovebird single fighter atau Lovebird yang sering dikerodong. Cara mengatasinya Anda harus memberikan jadwal trak atau gantang lebih sering, misal seminggu 1-2 kali.
  2. Lovebird dipaksa mandi. Padahal ada jenis Lovebird yang tidak suka mandi. Dia lebih suka mandi sendiri. Oleh karena itu, pahami Lovebird masing-masing biar tahu dia suka mandi atau tidak. Soalnya ini bisa msmbuat Lovebird emosi.
  3. Burung Lovebird terlalu lama dijemur. Ini memicu emosi Lovebird naik, baik balibu sampai dewasa. Agar aman, jemur Lovebird 5-15 menit.
  4. Pakan terlalu tinggi juga bisa menaikkan emosi. Cara mengatasinya berikan milet putih kiloan dan pakan tambahan jagung.
  5. Lovebird masuk masa mabung atau jatuh bulu besar. Kondisi burung mabung dalam keadaan drop. Agar emosi burung tidak naik, taruh Lovebird di tempat tenang.
  6. Birahi Lovebird tidak tersalurkan sehingga burung jadi mudah emosi. Anda bisa memberikan untulan atau makanan penurun birahi.
  7. Lovebird stres karena perawatan ekstrem, seperti renang hingga umbaran. Sebenarnya perawatan tersebut bagus, tapi terkadang kicau mania salah menerapkannya, contoh dipaksa renang sampai dipukul-pukul saat umbaran atau pakai bola warna-warni. Jadi biarkan burung berenang sendiri sesuka hati atau biarkan dia main umbaran sendiri. Agar Lovebird tidak stres, dikoloni, diberi untulan, diberi gigitan kayu, atau diberi ayunan, hingga dibiarkan terbang di kandang koloni.

Lovebird Emosi di Lapangan

  1. Setingan Lovebird terlalu tinggi, misal pakan terlalu kencang, atau full kerodong terlalu lama. Solusinya, setingan lomba Lovebird dilakukan H-1 agar burung tidak merasa tertekan.
  2. Lovebird dewasa bertemu Lovebird paud atau sebaliknya. Untuk mengatasi masalah seperti ini adalah latihan gantang di lapangan sesering mungkin.
  3. Bertemu Lovebird dominan di lapangan. Solusinya juga butuh latihan trek atau gantang di lapangan.
  4. Lovebird ketemu lawan jenis di lapangan. Burung jadi emosi tapi Anda bisa melatihnya dengan cara sering-sering gantang agar terbiasa.
  5. Stamina Lovebird habis di sesi-sesi akhir. Burung berputar-putar sampai tabrak jeruji. Untuk mengatasinya buat Lovebird kenyang agar kuat main sampai akhir lomba.
  6. Mental Lovebird drop saat bertemu burung lain yang tidak disukai atau bertemu lawan yang lebih tangguh sampai gangguan tepuk tangan atau teriakan para pengunjung. Solusinya Lovebird lebih sering diajak ke gantangan agar mentalnya naik.

Loading...

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi Lovebird birahi atau emosi di rumah dan lapangan. Anda harus memahami catatan di awal bahwa Lovebird birahi pasti emosi, sementara Lovebird emosi belum tentu. Untuk mengatasi Lovebird birahi bisa diberi pakan polosan milet putih kiloan tambah jagung.

Baca juga:

Ingat lebih baik meningkatkan birahi dan emosi daripada menurunkan birahi dan emosi. Kuncinya simpel, sejak awal burung diberi pakan yang rendah saja, terus H-1 baru pakan dinaikkan sedikit asupan gizinya. Dengan begitu, Lovebird tidak akan birahi atau emosi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tips meredam emosi lovebird
  • cara mengatasi emosi lovebird jantan
  • cara mengatasi labet sering emosian kalau d trek
  • Cara menghilangkan emosi lo
  • cara menurunkan emosi lb jantan
  • cara meredam emosi lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!