5 Cara Mengatasi Lovebird Galak Jadi Jinak

Burungnya.com – Lovebird galak merupakan burung yang bersifat agresif dan tidak mudah dijinakkan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan lovebird berperilaku galak antara lain trauma, minimnya sosialisasi, stres, atau faktor keturunan dari lovebird yang galak.

Untuk menangani lovebird galak, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti membuat lovebird merasa nyaman, memberikan makanan yang sesuai, sosialisasi dengan manusia, latihan fisik, dan sabar dan konsisten.

Info Seputar Lovebird Galak

Penyebab lovebird galak

Lovebird galak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma atau pengalaman buruk yang dialami sebelumnya, kurangnya sosialisasi dan interaksi dengan manusia, stres atau ketidaknyamanan di lingkungan tempat tinggal, atau faktor keturunan dari lovebird yang galak.

Cara mengatasi lovebird galak

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lovebird galak, yaitu:

1. Kenyamanan

Membuat lovebird merasa nyaman dengan memberikan kandang yang bersih dan nyaman, makanan dan minuman yang cukup dan bergizi, serta mainan untuk menghiburnya.

2. Makanan Burung Lovebird

Memberikan makanan yang benar untuk menjaga kesehatan lovebird dan membuatnya lebih tenang. Makanan yang benar dapat membantu menjaga kesehatan lovebird dan membuatnya lebih tenang.

Berikan makanan yang mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral, dan protein. Anda juga bisa memberikan makanan yang mengandung triptofan, seperti biji bunga matahari, untuk membantu meredakan stres pada lovebird.

3. Berinteraksi dengan Lovebird

Sosialisasi dengan manusia dengan memberikan perawatan dan interaksi yang positif dengan lovebird secara teratur. Mulailah dengan memberikan makanan dari tangan Anda dan berbicara dengan lovebird Anda secara lembut. Lakukan ini secara bertahap dan jangan memaksakan lovebird untuk berinteraksi.

4. Latihan fisik

Latihan fisik dengan memberikan waktu untuk terbang di ruangan atau kandang yang cukup besar untuk menjaga kesehatannya.

5. Konsisten

Sabar dan konsisten dalam mengatasi lovebird galak. Proses ini membutuhkan waktu dan usaha, jadi jangan menyerah jika hasilnya tidak langsung terlihat. Teruslah memberikan perhatian dan interaksi yang positif dengan lovebird Anda setiap hari.

Lihat juga: 10 Cara Membuat Lovebird Jinak Paling Mudah

Dampak dan efek lovebird galak

Lovebird Dewasa Galak Jadi Jinak (youtube.com)
Lovebird Dewasa Galak Jadi Jinak (youtube.com)

Lovebird galak bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik maupun mental burung tersebut maupun pemiliknya. Beberapa dampak dari lovebird galak adalah:

Lovebird galak bisa menyebabkan luka fisik pada burung itu sendiri maupun orang lain jika burung itu menyerang atau menggigit.

Lovebird galak bisa menyebabkan gangguan psikologis pada burung itu sendiri maupun orang lain jika burung itu menunjukkan perilaku agresif atau tidak kooperatif.

Lovebird galak bisa menyebabkan penurunan produktivitas atau kreativitas pada pemiliknya jika burung itu menjadi tidak mau bekerja atau berkarya.

Bagaimana cara mencegah atau mengurangi risiko dari lovebird galak?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko dari lovebird galak, yaitu:

Memilih jenis burung yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya maupun kepribadian pemiliknya.

Beberapa jenis burung lebih mudah dipelihara daripada jenis lain. Memberikan pendidikan awal kepada burung sejak kecil agar mereka tumbuh menjadi burung cerdas dan ramah.

Pendidikan awal meliputi aspek-aspek seperti nama-nama dasar (nama-nama), bahasa tubuh (gestur), bahasa suara (kicau), bahasa isyarat (tanda-tanda), dan bahasa emosi (suara-suara).

Memberikan stimulasi yang cukup kepada burung agar mereka tidak bosan dan tidak merasa terisolasi. Stimulasi dapat berupa mainan, buku, musik, atau aktivitas lain yang menarik bagi burung.

Menghindari faktor-faktor yang dapat memicu stres pada burung, seperti suhu yang terlalu panas atau dingin, kebisingan, cahaya yang terlalu terang atau redup, atau perubahan lingkungan yang tiba-tiba.

Menjaga kesehatan fisik dan mental burung dengan memberikan vaksinasi, pemeriksaan rutin, dan perawatan kandang yang bersih dan nyaman.

Tips mengatasi lovebird galak menjadi jinak

Sebenarnya mudah saja untuk membuat lovebird jinak. Walau sebelumnya lovebird tersebut galak, mereka tetap bisa jinak dengan menggunakan terapi lapar.

Hanya saja terapi tersebut butuh pengawasan ketat. Apabila Anda telat memberikan makan, burung bisa jatuh sakit, lemas, dan meninggal.

Sebab, terapi lapar menjadikan burung tetap merasa lapar dan kita hanya memberikan makanan sedikit demi sedikit.

Burung lovebird akan bergantung pada kita karena jumlah makanan yang diberikan terbatas. Sehingga burung yang awalnya galak akan berubah jadi jinak.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi Lovebird galak dan penyebabnya. Burung Lovebird pada dasarnya galak karena merasa tidak nyaman atau takut. Apabila Lovebird sudah mengenal tangan kita, biasanya Lovebird tidak akan menggigit.

Jadi, saran kami perawatan lebih difokuskan pada interaksi untuk melatihnya menjadi jinak. Lovebird jinak lebih mudah dirawat ketimbang lovebird galak. Bahkan, lovebird yang sudah jinak harganya bisa lebih mahal, walau belum menang lomba sama sekali.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Follow Official Instagram kami @burungnyadotcom.

Leave a Comment