5 Cara Mengatasi Lovebird Jarang Ngekek Jadi Rajin Ngekek Panjang

5 Cara Mengatasi Lovebird Jarang Ngekek Jadi Rajin Ngekek Panjang

Burungnya.com – Ada saja masalah yang dialami Lovebird, salah satunya Lovebird jarang ngekek. Ya, mungkin Anda setiap hari jarang sekali mendengar Lovebird ngekek. Jangankan ngekek, bunyi ngetik saja tidak pernah. Mungkin hal seperti ini juga dialami kicau mania lainnya?

Jika Anda mengalami masalah serupa, tenang saja kami punya solusinya. Burung Lovebird yang jarang ngekek biasanya dipengaruhi oleh faktor mental yang kurang matang dan stres akibat berbagai faktor.

Jadi, ketahui dulu penyebab Lovebird tidak mau ngekek panjang, agar Anda lebih mudah mengatasinya. Jangan menganggap sepele masalah Lovebird jarang ngekek, karena bisa jadi Lovebird sedang mengidap suatu penyakit.

Penyebab Lovebird Jarang Ngekek

1. Lovebird Birahi

Lovebird sedang birahi, tapi penanganannya kurang tepat, sehingga Lovebird jadi jarang ngekek. Bahkan, jika masalah ini terlalu parah, maka burung Lovebird akan macet bunyi.

Baca juga: 3 Tingkatan Lovebird Birahi Lengkap dengan Ciri dan Cara Mengatasinya

2. Lovebird Jarang Dimandikan

Selain itu, ternyata penyebab lainnya yaitu Lovebird jarang dimandikan. Tahukah Anda, burung yang jarang mandi mudah stres sehingga malas bunyi.

3. Sering Gonta-ganti Pakan Lovebird

Jika Anda sudah menemukan pakan kesukaan Lovebird, sebaiknya jarang digonta-ganti karena Lovebird bisa jarang ngekek. Niatnya Anda ganti pakan biar Lovebird ngekek panjang, tapi hasilnya justru Lovebird tidak mau ngekek.

Baca juga: 8 Penyebab Burung Stres di Kandang Koloni Lengkap dengan 6 Solusi Mengatasinya

Ini wajar karena untuk mengganti pakan burung, seharusnya dilakukan secara bertahap. Semisal, pakan yang lama mulai dicampur dengan sedikit pakan baru. Kemudian, jika Lovebird sudah terbiasa, maka perlahan tambah porsi pakan yang baru sampai Lovebird benar-benar menikmatinya.

4. Lovebird Kalah Mental

Apabila Anda sering ngetrek burung Lovebird dengan burung milik tetangga yang punya mental fighter, sebaiknya berhati-hati. Sebab, Lovebird jarang ngekek kemungkinan karena kalah mental.

Jadi, mental Lovebird down setelah kalah gacor dengan burung lain. Alhasil, burung Lovebird menjadi minder dan tidak mau bunyi lagi. Kalau Lovebird ngekek biasanya cuma jarang-jarang.

Cara Mengatasi Lovebird Jarang Ngekek

1. Lovebird Mandi secara Teratur

Mandi merupakan rutinitas yang seharusnya dilakukan setiap hari. Jadi, kalau bisa Lovebird dimandikan setiap hari agar rajin bunyi. Namun, jika cuaca buruk dan tidak mendukung, maka mandikan Lovebird 3 hari sekali.

Terapi Mandi Lovebird biar gacor (instagram.com-@ryansempol)
Terapi Mandi Lovebird biar gacor (instagram.com-@ryansempol)

Baca juga: 12 Perbedaan Lovebird Tipe Panas dan Lovebird Tipe Dingin

Selain untuk membersihkan bulu yang kotor, mandi juga bisa membuat tubuh lebih rileks agar tidak mudah stres. Saran kami mandikan Lovebird dengan cara disemprot halus.

2. Lovebird Dijemur

Burung Lovebird akan merasa kedinginan setelah mandi. Anda bisa menjemurnya untuk menstabilkan suhu pada tubuh Lovebird. Namun, sebelum dijemur, sebaiknya Lovebird diangin-anginkan sampai bulunya mengering.

Pasalnya, jika Lovebird langsung dijemur, maka akan sangat berbahaya. Coba bayangkan, gelas berisi air es saja bisa pecah saat terkena panas, bagaimana dengan tubuh burung Lovebird?

Loading...

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Proses penjemuran Lovebird kurang lebih selama 1 jam. Waktu jemur Lovebird dapat dilakukan mulai puku 07.00-08.00 pagi. Yang penting jangan menjemur Lovebird lebih dari jam 10.00.

3. Pakan Utama Lovebird

Kalau sedang macet bunyi atau jarang ngekek, Lovebird cuma perlu diberi makanan utama yaitu milet putih. Hentikan dulu makanan-makanan yang konon katanya bisa membuat Lovebird ngekek panjang.

Makanan burung Lovebird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang (birdeden.com)
Makanan burung Lovebird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang (birdeden.com)

Baca juga: 33 Makanan Burung Lovebird Biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang

Kembalikan dulu ke makanan standar Lovebird, yakni milet putih. Setelah Lovebird mulai baikan, maka bisa diberi pakan tambahan, berupa kangkung, jagung, bayam, hingga jamu tradisional.

4. Lovebird Harus Istirahat

Untuk mengembalikan agar Lovebird ngekek lagi, Anda harus menghentikan latihan yang berat-berat. Sebaiknya Lovebird diistirahatkan dulu dengan cara dikerodong mulai sore hari sampai malam hari.

Burung Lovebird jangan dipertemukan atau ditrek dengan burung lain. Anda harus mengembalikan suasana hati Lovebird agar merasa nyaman dan rileks. Setelah itu, Anda bole memaster Lovebird lagi atau mengajak latihan dengan burung lain.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Mengerodong Lovebird Agar Tidak Stres

5. Lovebird Dicarikan Untulan

Bisa saja Lovebird berhenti ngekek karena butuh menyalurkan nafsu birahi. Kalau memang butuh penyaluran birahi, Anda dapat mencarikan pasangan atau untulan untuk Lovebird tersebut.

Setingan Lovebird Untulan (wallpapersafari.com)
Setingan Lovebird Untulan (wallpapersafari.com)

Biasanya Lovebird yang dekat dengan untulan akan kembali gacor karena sejatinya Lovebird ditakdirkan untuk hidup berpasang-pasangan. Bahkan, saat ini banyak bermunculan setingan Lovebird dengan untulan.

Artinya, Lovebird ngekek panjang atau Lovebird Konslet sebenarnya cuma butuh untulan untuk memuaskan birahinya. Kalau setingan Lovebird tunggal tanpa untulan, tentu membuat Lovebird tersiksa.

Dijamin setelah melakukan beberapa perawatan tadi, Lovebird yang awalnya jarang ngekek akan menjadi ngekek panjang. Terlebih setingan untulan, karena mayoritas Lovebird yang punya untulan selalu tampil bagus di lomba.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mengatasi lovebrid tidak mau ngekek

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!