3 Cara Mengatasi Lovebird Snot secara Alami dan Murah

3 Cara Mengatasi Lovebird Snot secara Alami dan Murah

Burungnya.com – Salah satu penyakit yang sering menyerang Lovebird adalah snot. Sebagian kicau mania menyebut ini adalah penyakit mata, tetapi ada juga yang mengatakan snot bukan penyakit mata. Di luar dari perdebatan tersebut, kita harus mengakui bahwa penyakit ini cukup mengganggu Lovebird.

Bagaimana tidak, Lovebird yang biasanya mau berkicau dan ngekek panjang, sekarang jadi pendiam dan lemas. Mungkin karena pandangannya terganggu sehingga membuatnya tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai penyakit tersebut agar burung Lovebird Anda tidak terkena snot.

Lovebird terkena penyakit snot (bukalapak.com)
Lovebird terkena penyakit snot (bukalapak.com)

Cara Mengobati Lovebird Snot secara Alami

Sekarang sudah ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi penyakit snot. Cara ini bisa dikatakan alami karena bahannya berasal dari bahan-bahan alami. Ya, bahkan Anda dapat mencari bahan alami tumbuhan-tumbuhan ini dari pekarangan atau kebun sekitar rumah Anda.

Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat snot. Murah meriah, Lovebird yang tadinya snot bisa sembuh kembali.

1. Tanaman Kitolod

Pernah mendengar tanaman Kitolod? Mungkin bagi Anda yang tinggal di perkotaan jarang sekali mendengar tanaman tersebut. Namun, untuk kicau mania yang tinggal di pendesaan pasti sudah pernah mendengarnya. Ya, kitolod adalah tumbuhan liar yang bisa menyebuhkan penyakit mata Lovebird.

Tidak hanya snot, bahkan penyakit katarak, infeksi mata, belekan, rabun, dan buram dapat disembuhkan oleh tanaman kitolod. Orang Sunda sering menyebut kitolod dengan sebutan Tolod. Kalau orang Jawa menyebut kitolod dengan nama kendali atau sangkobak.

Perlu Anda ketahui, getah tumbuhan kitolod sangat berbahaya. Jadi sebaiknya Anda cuma mengambil bagian bunganya saja. Efek pemberian bunga kitolod pada Lovebird yakni mata burung menjadi perih atau pedih, dan burung sering mengeluarkan air mata. Namun, diyakini air mata yang keluar ini bersamaan dengan kotoran yang ada di mata. Sehingga mata Lovebird menjadi bersih dan sehat kembali.

Cara Pemberian Kitolod ke Lovebird Snot

Bagaimana cara memberikan tanaman kitolod ke burung Lovebird? Pertama bunga kitolod dicuci bersih, kemudian diperas dan diteteskan pada mata. Jangan kaget kalau Lovebird akan merasa kesakitan karena rasanya pedih sekali. Mata burung menjadi berair, tapi cuma berlangsung sementara kemudian mata Lovebird secara berangsur-angsur sehat kembali.

Jika Anda malas mencari atau kesulitan mendapat bunga kitolod, Anda dapat membeli ekstrak bunga kitolod di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Tanaman ini biasanya dijual dalam bentuk botolan kecil isi 10 ml. Selain online, Anda juga bisa membeli obat snot Lovebird di kios burung atau pasar burung.

2. Daun Sirih Merah

Berbeda dengan daun sirih hijau, kalau daun sirih merah mempunyai khasiat untuk menyembuhkan burung yang terkena bakteri. Sebab, diketahui bahwa penyakit snot merupakan akibat dari bakteri haemophilus paragallinarum. Bakteri ini dapat menyebar melalui unggas, burung lainnya, dan peralatan pakan dan sangkar.

Cara Pemberian Daun Sirih Merah pada Lovebird Snot

Siapkan 7 lembar daun sirih merah, lalu diremas-remas, dan campur dengan 1 liter air. Gunakan air tersebut untuk mandi Lovebird. Cara lain, air perasan daun sirih merah dapat diteteskan langsung pada mata Lovebird sebanyak 3 kali sehari. Mungkin efeknya akan sama dengan kitolod yaitu mata burung menjadi berair.

3. Air Seni

Percaya tidak percaya, sebagian kicau mania sudah membuktikan bahwa air seni dapat menyembuhkan Lovebird snot. Namun, air seni di sini harus yang sehat dan bersih. Bagaimana cara mengetahui air seni sehat?

Mudah saja, sebelumnya Anda harus makan minum makanan atau minuman yang sehat dan tidak berbahaya. Besoknya saat bangun tidur di pagi hari Anda dapat memberikan air seni tersebut kepada burung Lovebird.

Loading...

Cara Pemberian Air Seni ke Lovebird

Air seni dapat diberikan langsung ke mata Lovebird sebanyak 2-4 tetes. Setelah 1 menit, mata Lovebird dibilas sampai bersih. Pemberian air seni dapat dilakukan pagi dan sore hari. Selain diteteskan, air seni juga bisa diberikan dengan cara dikompreskan pada mata Lovebird snot. Tunggu sebentar kemudian bilas dengan air bersih dan masukkan ke dalam kandang.

Penyakit Snot Lovebird (youtube.com)
Penyakit Snot Lovebird (youtube.com)

Ciri Lovebird Snot

Bagaimana cara mengetahui Lovebird terkena penyakit snot? Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa Lovebird snot, di antaranya sebagai berikut:

  • Mata Lovebird merah.
  • Bagian mata burung Lovebird bengkak.
  • Ada selaput bening atau putih yang menutupi mata.
  • Mata burung membesar seperti mau keluar.
  • Hidung Lovebird mengeluarkan lendir yang lengket dan kental.
  • Burung Lovebird sering bersin atau flu dan sering menggerakkan kepalanya seperti ingin mengeluarkan lendir dari hidung.
  • Bagian mata Lovebird mengeluarkan nanah.
  • Suara Lovebird terdengar ngorok dan serak.
  • Nafsu makan burung Lovebird menurun drastis.
  • Napas Lovebird menjadi cepat dan tersengal-sengal.
  • Burung Lovebird kena diare.
  • Mata Lovebird basah dan selalu mengeluarkan air.
  • Burung sering memejamkan matanya.
  • Lovebird kurang bergairah melakukan apapun dan terlihat lemas.
  • Bulu burung Lovebird gembung atau mbalon.
  • Terlihat belek putih di area kornea mata Lovebird.
  • Seperti tumbuh daging kecil di mata Lovebird.
  • Burung Lovebird jadi sering tidur dan menutup mata.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengatasi Lovebird snot secara alami dan murah. Bisa dikatakan murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Bunga kitolod dapat dicari di pekarangan rumah. Daun sirih merah juga demikian. Terlebih air seni bisa didapat sendiri setelah bangun tidur.

Baca juga:

Kalau Anda takut ada efek sampingnya dan tidak terlalu percaya dengan cara-cara alami, Anda bisa membeli obat snot di kios burung dan pasar burung. Untuk menghindari adanya penyakit snot, sebaiknya rajin-rajinlah dalam membersihkan sangkar dan kotoran Lovebird. Apabila Lovebird sudah terkena snot maka segera pisahkan dengan burung yang lain agar yang lain tidak terlular penyakit snot.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!