Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi di Lomba

Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi di Lomba

Burungnya.com – Untuk mengatasi Lovebird tidak mau bunyi di lomba, solusinya cuma memahami karakter Lovebird dan perawatan. Selain itu, Anda harus mengetahui apa kemauan Lovebird dan apa yang tidak disukai Lovebird.

Misalnya, mood Lovebird Anda seperti apa? Apakah Lovebird suka ngekek setelah dimandikan atau justru tidak suka mandi sama sekali. Terus, apakah Lovebird sedang birahi atau tidak. Soalnya ini penting untuk perawatan sehari-hari maupun lomba.

Selain karakter dan perawatan, ternyata pola makan EF juga sangat berpengaruh tehadap penampilan Lovebird di lapangan. Tapi kalau urusan pakan Lovebird, sebenarnya tidak terlalu sulit karena variasi makanan Lovebird sudah sangat banyak.

Cukup diberikan jamu Lovebird atau racikan pakan Lovebird, biasanya Lovebird sudah mau ngekek lagi, baik di rumah atau di lomba.

Setingan tunggal Lovebird Balibu single fighter (parrot-bird.com)
Setingan tunggal Lovebird Balibu single fighter (parrot-bird.com)

Baca juga: 3 Setingan Tunggal Lovebird Paud Single Fighter

Walau begitu, sebenarnya apa saja yang membuat Lovebird tidak mau bunyi di lomba?

1. Lovebird masih terlalu muda

Masalah utama karena Lovebird masih berusia muda. Jadi watak dan karakter Lovebird tersebut belum stabil. Mental tempur Lovebird belum terlalu kuat. Cara satu-satunya untuk mengatasi Lovebird macet bunyi di lomba yaitu sering-sering di bawa ke lapangan, tujuannya untuk membiasakan diri melawan musuh.

2. Lovebird gelisah dan agresif

Burung Lovebird yang selalu gelisah dan agresif. Lovebird seperti ini biasanya cuma dialami oleh Lovebird bahan atau bakalan. Selain itu karena Lovebird tersebut belum terbiasa dengan lingkungan sekitar arena lomba, makanya dia memilih diam saja selama lomba.

Cara mengatasinya yakni membuat Lovebird cepat beradaptasi dengan lingkungan. Setiap seminggu sekali diajak ke gantangan untuk melatih keberaniannya. Sehingga begitu nanti diturunkan ke lomba, Lovebird tersebut sudah tidak takut, tidak gelisah, dan tidak agresif.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Cepat dalam Hitungan Jam

3. Lovebird masuk masa birahi

Kalau Lovebird sudah masuk masa birahi, lihat untulan atau Lovebird lain saja bisa over birahi. Anda harus segera bertindak dengan cara mengawinkan Lovebird atau mencarikan untulan untuk melampiaskan birahi.

Tapi biasanya setelah dikawinkan Lovebird akan mudah birahi lagi. Hal ini yang mengharuskan Anda untuk mencari beberapa untulan agar nafsu Lovebird tersalurkan.

Loading...
Lovebird birahi (lnprponorogo.blogspot.com)
Lovebird birahi (lnprponorogo.blogspot.com)

Jika Lovebird sedang birahi, sebaiknya dimandikan secara rutin. Efek dingin terkena air membuat Lovebird lebih tenang dan tidak mudah over birahi.

Baca juga: 3 Tingkatan Lovebird Birahi Lengkap dengan Ciri dan Cara Mengatasinya

Bisa jadi Lovebird Anda sebenarnya memang belum siap mengikuti lomba tapi Anda melihat Lovebird sudah ngekek panjang di rumah. Jadi Anda berinisiatif untuk mengikutkan lomba.

Tindakan ini sering dilakukan kicau mania. Daripada Anda salah melangkah, sebaiknya pelajari dulu apakah Lovebird sudah siap lomba atau belum?

Karakter Lovebird Siap Lomba

Lovebird yang sudah siap lomba bisa dilihat dari fisiknya. Biasanya Lovebird lomba tersebut mempunyai dua sayap yang saling menyilang. Ini menandakan Lovebird tersebut dalam kondisi prima, baik stamina atau mental yang akan dikeluarkan di lomba.

Kalau masalah suara, hal tersebut belum bisa dijadikan patokan Lovebird siap lomba. Lovebird Anda mungkin berani ngekek panjang di rumah, namun saat di bawa ke lapangan diam seribu bahasa.

Karakter Lovebird di lapangan atau lomba (beritadaerah.co.id)
Karakter Lovebird di lapangan atau lomba (beritadaerah.co.id)

Jadi, yang terpenting untuk Lovebird lomba cuma mental dan setingan di lapangan. Anda hanya perlu membangkitkan mental tempur Lovebird selama di lapangan dengan cara-cara berikut:

  • Burung Lovebird ditrek dulu sebelum naik gantangan.
  • Lovebird digantung atau disendirikan agar dia merasa tenang.
  • Burung Lovebird full kerodong dan dibuka saat di gantangan saja.
  • Lovebird harus dicas atau ditrek dulu dengan pasangan atau untulan.

Ilmu tentang Lovebird yang tidak mau bunyi di lomba merupakan tulisan dari Jhons Chandra. Kami hanya menyunting dan memperbaiki saja kata-katanya agar mudah dipahami oleh para pembaca setia Burungnya.com.

Jadi intinya Anda harus memahami karakter Lovebird terlebih dahulu. Setelah mengetahuinya, jangan terburu-buru mengikutkan Lovebird lomba, namun pastikan mental Lovebird sudah fighter.

Baca juga: 5 Ciri Lovebird Fighter Mental Petarung yang Bagus untuk Lomba

Kemudian baru berikan setingan atau perawatan lomba di lapangan. Sisanya serahkan semuanya pada burung Lovebird Anda. Jika apa yang berikan disukai Lovebird, tentunya Lovebird Anda akan membalas budi dengan tampil maksimal di lomba.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara membiasakan LB full krodong
  • mental burung Lovebird keberanian di perlombaan
  • untulan tidak mau bunyi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!