5 Cara Mengatasi Perkutut Macet Bunyi dengan Cepat

Burungnya.com – Perkutut awalnya gacor dan mau manggung. Namun, tiba-tiba Perkutut macet bunyi. Hal seperti ini terjadi karena faktor Perkutut lawan yang lebih fighter, burung kurang sehat, atau memang burung sedang stres.

Setiap masalah selalu ada jalan keluarnya, termasuk cara mengatasi Perkutut macet bunyi. Kalau di rumah mungkin burung Perkutut masih bunyi normal. Namun, begitu dia dibawa ke gantangan atau dinaikkan dengan kerekan, Perkutut seakan membisu atau macet bunyi.

Anda dan beberapa Kung Mania yang lain, pastinya pernah mengalami masalah serupa. Untuk itu, kami ingin memberikan solusi agar Perkutut kembali manggung dan rajin bunyi.

Cara Mengatasi Perkutut Macet Bunyi (thespruce.com)
Cara Mengatasi Perkutut Macet Bunyi (thespruce.com)

Tips Mengatasi Perkutut Macet Bunyi

1. Makanan Burung Perkutut

Pertama Anda bisa memberikan makanan favorit Perkutut. Anda dapat memberikan makanan tersebut dalam jumlah besar dan tidak perlu khawatir burung birahi. Yang penting burung dibuat sehat dan bahagia dulu. Ini untuk mengurangi stres dan drop mental.

2. Carikan Untulan

Setelah kenyang, Anda bisa mencarikan Perkutut seekor untulan atau pasangan. Sebisa mungkin untulan harus lebih muda sehingga pejantan mempunyai naluri berkuasa.

Jangan mencari Perkutut betina yang lebih tua dari pejantan dan lebih agresif. Sebab, hal tersebut bisa meredam birahi Perkutut. Kalau birahi burung turun lagi, keinginan untuk berbunyi menjadi sedikit.

3. Pisah Perkutut Jantan dan Betina

Tunggu Perkutut jantan dan betina mulai mengenal satu sama lain. Setelah 1 bulan, biasanya Perkutut jantan sudah mulai birahi. Saat itulah pisah Perkutut jantan dan betina di sangkar yang berbeda.

4. Perkutut akan Bunyi dan Manggung

Biasanya setelah dipisah, Perkutut jantan akan manggung dan bunyi terus. Burung akan bunyi gacor tanpa jeda. Sebab, dia sedang sayang-sayangnya pada burung betina, tapi malah dipisahkan oleh jarak dan restu pemilik burung.

Loading...

Pejantan yang birahi seperti ini bisa mengeluarkan bunyi nafsu sampai 50 kali suara. Namun, kualitas suara burung tersebut tidak ada. Dia cuma gacor saja karena ingin kawin dengan betina.

5. Membuat Suara Perkutut Berkualitas

Jika Perkutut sudah gacor, Anda harus mengubah suara tersebut menjadi lebih berkualitas. Caranya kurangi makanan Perkutut secara bertahap. Sebenarnya pakan burung harus dihilangkan sementara. Namun, kondisi kesehatan burung bisa drop karena tidak diberi makan.

Oleh karena makanannya dikurangi secara bertahap saja sampai tidak tersisa makanan sama sekali. Dengan begitu, bunyi nafsu pada Perkutut akan hilang sedikit demi sedikit.

Ini belum berakhir karena memoles suara Perkutut asmpai berkualitas membutuhkan waktu yang lama. Paling tidak, sekarang burung Perkutut sudah mau bunyi dan manggung lagi.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi Perkutut macet bunyi agar cepat manggung. Kalau dihitung-hitung saat memberikan pakan terbaik sampai pemisahan Perkutut jantan dan betina menghabiskan waktu sekitar 1 bulan.

Sehingga dapat dipastikan perkiraan burung Perkutut macet bunyi sampai mau bunyi lagi menghabiskan waktu sekitar 1 bulan. Kalau burung dalam keadaan fit atau sehat, waktunya tentu bisa lebih cepat lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Kenapa perkutut tidak mau bunyi
  • perkutut macet bunyi
  • Perkutut malas bunyi
  • terapi perkutut macet bunyi
  • perkutut tidak mau bunyi
  • cara mengatasi perkutut stres
  • perkutut males bunyi
  • mengatasi perkutut macet bunyi
  • kenapa burung perkutut tidak mau bunyi
  • penyebab burung perkutut macet bunyi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!