Cara Mengatur Birahi Lovebird Lomba dengan EF yang Tepat

Burungnya.com – Kunci utama setingan Lovebird Lomba sebenarnya terletak pada kondisi birahi Lovebird. Jika birahi Lovebird sedang stabil, dia akan tampil maksimal di perlombaan. Namun, jika Lovebird over birahi atau birahinya tinggi maka performanya di lapangan lomba juga akan menurun.

Lovebird yang over birahi biasanya terlihat ngeruij, ngering, menempel di jeruji sangkar, berputar-putar pada jeruji, ngelantai atau turun ke dasar sangkar, dan lain sebagainya.

Kalau sudah demikian, bisa dipastikan birahi Lovebird sedang tinggi. Nah, di sini Anda harus menurunkan birahi Lovebird agar kondisi birahinya stabil atau normal.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan EF

Extra Fooding atau EF sangat berperan penting dalam hal menurun birahi Lovebird. Pasalnya, setingan EF untuk Lovebird Lomba terbukti bisa dengan cepat menurunkan birahi atau menaikkan birahi Lovebird. EF apa saja yang dapat digunakan untuk menurunkan birahi Lovebird?

Loading...

Ternyata untuk menurunkan birahi Lovebird Lovebird dengan cepat, Anda bisa memberikan gabar dari beras merah yang sudah dicampur dengan milet putih.

Cara Menaikkan Birahi Lovebird dengan EF

Ada beberapa EF yang biasa dipakai untuk mendongkrak birahi Lovebird. EF tersebut antara lain, jagung muda, biji matahari, dan kangkung. Jadi jika Lovebird kurang birahi, Anda dapat memberikan cacahan kangkung atau jagung muda. Anda juga bisa menambah sedikit garam pada air minum Lovebird agar birahinya naik.

Untuk pemberian biji matahari tidak boleh sembarangan, paling tidak Lovebird hanya dikasih 10-25 butir saja. Pertama berikan 10 butir biji matahari terlebih dahulu. Apabila Lovebird sudah terlihat nyaman dan performanya membaik, maka biji matahari tidak perlu ditambah.

EF untuk Lovebird Lomba (budidayalovebirds.blogspot.com)
EF untuk Lovebird Lomba (budidayalovebirds.blogspot.com)

Hal ini menandakan pula bahwa Lovebird Anda mempunyai birahi yang tinggi. Pasalnya, cuma dikasih 10 butir biji matahari, Lovebird birahi Lovebird sudah optimal atau stabil. Kalau tipe Lovebird Anda kurang birahi, biasanya harus dikasih biji matahari hingga 25 butir dulu baru birahinya stabil.

Setiap jenis Lovebird mempunyai karakter yang berbeda, sehingga setingan untuk lomba juga berbeda. Untuk mengetahui setingan Lovebird Lomba, Anda harus melakukan penelitian setingan Lovebird Lomba sekitar 1 bulan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami karakter Lovebird dan Anda bisa tahu kondisi Lovebird.

Tidak hanya setingan EF saja, sebenarnya ada pula perawatan harian untuk Lovebird Lomba. Setingan harian untuk Lovebird ini tidak terlalu berbeda dengan Lovebird rumahan yang lain. Berikut setingan harian Lovebird menjelang lomba.

  1. Lovebird dijemur di bawah terik sinar matahari pada pukul 06.30.
  2. Lovebird Lomba dibiarkan mandi sendiri di dalam cepuk. Jika Lovebird Anda sudah terbiasa disemprot, maka Lovebird tetap disemprot saja.
  3. Dekatkan Lovebird Lomba dengan burung masteran, seperti Cucak Jenggot, dan Kenari. Cara mendekatkannya hanya dengan meletakkan sangkar burung masteran berdekatan dengan burung Lovebird Anda.
  4. Pada saat proses penjemuran, mandi, dan pemasteran, Anda jangan mendekatkan Lovebird lain ke Lovebird Anda. Intinya Lovebird Anda jangan sampai mendengar suara Lovebird lain sebelum lomba untuk menjaga performanya di perlombaan.
  5. Kalau sudah jam 09.30, burung dibawa masuk ke dalam rumah. Sebelumnya, Anda bisa mengangin-anginkan Lovebird di teras rumah.
  6. Setelah cukup lama, Anda dapat mengerodong sangkar Lovebird dan menggantungnya di dalam rumah.
  7. Jangan lupa pada saat Lovebird Lomba dikerodong, burung masteran harus senantiasa berada di sisi Lovebird.
  8. Sebaiknya pelihara dua ekor Lovebird di rumah. Agar Lovebird tidak berkicau bersahut-sahutan di dalam rumah. Dengan demikian, Lovebird hanya akan ngekek panjang di lomba.

Itu tadi beberapa setingan Lovebird Lomba dengan EF yang tepat. Jika EF nya sesuai, Lovebird akan dengan mudah gacor dan ngekek panjang di lomba.

Baca juga: 21 Cara Merawat Lovebird Paud atau Balibu Agar Cepat Fighter di Lomba

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih

Pencarian terkait:

  • cara menaikan birahi lovebird untuk lomba
  • obat burung lb biar stabil birahiny
  • mengatur birahi lovebird
  • cara pemberian ef pada lovebird
  • burungku com
  • ef lb tidak birahi
  • www ef harian bagi burung lovebird
  • cara menaikan birahi normal lovebird
  • birahi yang pas untuk lovevird betina buat lomba
  • cara mengatur bir

Berikan komentar