7 Cara Mengatur Pola Makan Lovebird Agar Rajin Bunyi

7 Cara Mengatur Pola Makan Lovebird Agar Rajin Bunyi

Burungnya.com – Ternyata membuat Lovebird rajin bunyi dan rajin ngekek tidak semudah yang dibayangkan. Lovebird biasanya cuma rajin ngekek di rumah, tapi macet bunyi di lomba. Masalah seperti ini sering dialami kicau mania di Indonesia.

Lantas, apa rahasia agar Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang di rumah maupun di lomba? Ternyata rahasianya cuma terletak pada perawatan sehari-sehari, terutama masalah pengaturan pola makan Lovebird.

Ya, ada ungkapan “makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang”. Mungkin sebagian dari Anda mengira ungkapan ini adalah hadist Nabi SAW. Namun, Ustad Adi Hidayat mengatakan bahwa hadist tersebut ternyata hadist palsu, tapi populer.

Baca juga: Hukum Islam Membunuh Jangkrik Untuk Pakan Burung dan Mitos saat Istri Hamil

Kita tidak perlu mempermasalahkan hadist palsu tersebut, tapi memanfaatkan teknik makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang untuk diterapkan pada burung Lovebird.

Cara Mengatur Pola Makan Lovebird Agar Rajin Ngekek di Rumah dan Lomba

  1. Setelah burung Lovebird dimandikan (untuk Lovebird yang biasa mandi pagi), maka pada jam 07.00 berikan pakan seperti biasa.
  2. Setelah jam 09.00, pakan Lovebird dikeluarkan agar Lovebird tidak banyak makan.
  3. Kalau sudah jam 12.00 siang, pakan Lovebird dimasukkan lagi.
  4. Tambahkan pula pakan EF extra fooding Lovebird yang biasa Anda berikan setiap hari.
  5. Pakan Lovebird dikeluarkan lagi pada jam 13.00 atau jam 1 siang.
  6. Menjelang malam, pada jam 17.00 sore pakan Lovebird dimasukkan lagi.
  7. Sebelum tidur, makanan Lovebird dikeluarkan lagi sembari mengerodong Lovebird.

Tujuan Pengaturan Pola Makan agar Lovebird Tidak Obesitas

Perawatan Lovebird ini untuk harian saja dan tidak untuk lomba. Burung juga harus dalam keadaan sehat agar perawatan ini berhasil. Tujuan dari perawatan pengaturan pakan adalah agar Lovebird tidak makan terus, sehingga dapat menjaga berat badannya.

Loading...

Lovebird yang terlalu banyak makan akan menjadi gemuk atau obesitas. Sehingga, Lovebird malas bunyi, tidak aktif, dan cuma diam sambil tidur karena kenyang.

Lakukan perawatan ini secara konsisten agar hasilnya dapat terasa. Kalau cuma beberapa hari saja, tentu Lovebird akan tersiksa karena tidak terbiasa makan sedikit.

Baca juga: Diberi 10 Butir Beras Merah, Lovebird Paud Ini Rajin Ngekek

Intinya, jangan terlalu sering memberikan pakan di dalam sangkar Lovebird. Berikan di waktu-waktu tertentu atau pada saat Lovebird lapar saja. Hal ini akan membuat Lovebird lebih sehat dan terhindar dari obesitas.

Makanan Lovebird (birdeden.com)
Makanan Lovebird (birdeden.com)

Kalau tidak tega, Anda dapat memberikan milet putih sedikit saja, misal sebanyak 1 sendok makan di dalam cepuk. Anda juga dapat memberikan pakan lain yang bergizi. Kalau porsi makanan Lovebird sedikit, maka kandungan gizinya harus tinggi.

Pakan milet 1 sendok makan boleh diberikan, asalkan ada makanan lain di dalam sangkar Lovebird, seperti sayur, buah, atau egg food.

Demikian cara mengatur pola makan Lovebird agar rajin bunyi dan ngekek panjang di rumah maupun di gantangan. Jangan memberikan makanan Lovebird terlalu banyak agar Lovebird tidak malas bunyi.

Manusia saja akan malas beraktivitas jika kekenyangan. Burung Lovebird juga demikian, dia bisa malas berkicau apabila merasa sudah kenyang.

Baca juga: 8 Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi dan Cepat Kawin

Jadi, berikan makanan saat Lovebird lapar dan berhenti memberi pakan sebelum Lovebird kenyang. Kunci perawatan ini sederhana sekali, sehingga Lovebird akan lebih fit dan bugar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara pemberian makan supaya burung love bird rajin berbunyi
  • cara membuat lovebird cepat kenyang
  • makanan lakbet paud

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!