5 Cara Mengelus Kucing Biar Jinak

Burungnya.com – Kucing punya karakter yang sulit ditebak. Terkadang kucing ingin dimanja dan dielus. Tapi kadang dia tidak mau didekati. Sebaiknya Anda mulai sekarang berlatih cara mengelus kucing biar dia selalu ingin dimanja sepanjang waktu.

Anda tidak mau bukan kucing kesayangan justru tidak mau didekati pemiliknya. Jadi, saran kami Anda harus mengetahui cara mengelus bulu kucing yang nyaman dan benar.

Dengan begitu, kucing Anda akan menyukainya. Sehingga Anda bisa mengelus kapan saja. Kucing senang, Anda juga bahagia.

Baca juga:

Cara Mengelus Kucing Biar Jinak

Kucing sebenarnya ingin sekali dimanja dan dielus-elus. Namun, bila salah dalam mengelus, kucing bisa langsung mencakar dan menggigit tangan Anda.

Jadi lebih baik lakukan pengelusan yang benar dan lembut ya. Kucing Anda pasti menyukainya.

Cara Mengelus Kucing Biar Jinak
Cara Mengelus Kucing Biar Jinak

1. Perkenalkan Diri

Pertama sapa kucing dengan mendekatkan tangan Anda ke wajah kucing secara perlahan. Usahakan tangan Anda lebih rendah dari bagian hidungnya.

Tunggu sampai kucing memberikan sinyal dia mau dielus. Tandanya apa? Biasanya kucing akan mendekatkan mukanya ke tangan Anda.

2. Jangan Paksa Kucing

Meski kucing seperti sedang cari perhatian, dia belum tentu mau disentuh. Apabila Anda mau menyentuhnya lebih baik lakukan secara lembut.

Lihat reaksinya bila kucing masih mendekat, berarti dia mau dielus. Namun, bila dia menghindar, sebaiknya jangan dipaksa untuk mengelus kucing.

3. Mengelus Kucing di Bagian yang Disukai

Di mana letak bagian tubuh yang disuka kucing untuk dielus? Tentu saja area dagu. Nanti saat kucing dielus bagian dagunya, dia akan meregangkan kepala, mendengkur, dan memejamkan mata.

Bagian kepala belakang kucing juga tempat yang disukai kucing. Elus dari kepala sampai ke punggung secara searah.

Apabila kucing diam dan mendengkur, berarti dia menyukainya. Elus juga bagian pipi kucing nanti dia akan merasa rileks dan nyaman.

Terakhir elus bagian di antara kedua mata kucing. Di bagian tersebut kucing suka sekali. Bahkan, kucing akan menyodorkan kepalanya untuk dielus di bagian tersebut.

4. Jangan Mengelus Kucing di Area Terlarang

Area terlarang yang dimaksud adalah perut. Sebab, perut merupakan area sensitif kucing. Bila Anda mengelus kucing di bagian perut, nanti dia akan mencakar. dan menggigit.

Satu lagi area terlarang kucing yaitu telapak kaki. Di situ kucing merasa lemah sehingga harus segera dilawan bila ada orang yang menyentuh bagian tersebut.

5. Tunggu Sampai Kucing Datang Sendiri

Selanjutnya Anda bisa menunggu kucing sampai menghampiri Anda. Biasanya kucing yang sering dielus, dia akan semakin jinak dan suka dielus.

Jadi mulai tunggu kucing maunya apa. Bila kucing menghampiri Anda, segera elus pelan supaya dia menikmatinya.

Kesimpulan

Demikian cara mengelus kucing yang benar biar cepat jinak. Kucing akan memberikan sinyal dia suka atau tidak saat dielus. Apabila kucing merasa nyaman dan terdengar mendengkur, berarti dia suka dan rileks.

Namun, bila kucing mulai menghindar dan menjauh, berarti kucing tidak suka dielus. Terkadang kucing juga marah bila dielus secara kasar. Tidak jarang, kucing juga menggigit dan mencakar pemiliknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.