10 Ciri Burung Kacer Juara dan Berkualitas Bagus

Burungnya.com – Kali ini kami akan membahas tentang ciri burung Kacer juara. Burung Kacer dikenal masyarakat sebagai burung yang memiliki kicauan sangat merdu.

Saking merdunya, tak jarang para penghobi burung kicau rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan burung Kacer berkualitas bagus. Namun, Anda harus berhati-hati.

Sekarang, banyak sekali penjual burung ‘nakal’ yang mengatakan burungnya pernah juara dan berkualitas bagus. Namun, setelah dibeli ternyata burung Kacer tersebut tak mau berkicau sama sekali.

Kalau sudah demikian, apa yang harus dilakukan? Agar tak tertipu lagi, Anda sebaiknya harus belajar mengenali burung Kacer juara dan yang tidak. Burung Kacer juara dapat diketahui dari indukannya.

Baca juga: Perawatan Burung Kacer Juara 1 Sebanyak 15 Kali dalam 6 Minggu

Indukan Kacer Juara

Makanan Burung Kacer Terbaik (dailymotion.com)
Makanan Burung Kacer Terbaik (dailymotion.com)

Biasanya kalau indukan burung Kacer sudah juara, maka anakannya berpotensi besar mengikuti jejak indukan. Seperti pepatah mengatakan “buah yang jatuh tak pernah jauh dari pohonnya”.

Meski begitu, semua anakan burung Kacer juara tak selalu mencetak burung Kacer berkualitas bagus. Hal itu kembali lagi pada perawatan yang dilakukan oleh pemilik burung.

Jika sejak anakan dirawat dengan baik, maka saat dewasa nanti, burung Kacer tersebut akan menjadi juara.

Nah, jika Anda tidak membeli burung Kacer dari anakan yang bagus, Anda juga bisa membeli burung Kacer yang sudah dewasa.

Namun, Anda harus benar-benar pintar memilih burung Kacer berkualitas bagus. Bagaimana cara mengetahui burung Kacer berkualitas bagus?

Baca juga: 5 Syarat Utama Kacer Siap Lomba agar Jadi Juara

Ciri Burung Kacer Juara dan Berkualitas

1. Kacer Jantan

Memilih burung Kacer berkelamin jantan. Burung pejantan suaranya lebih keras dan gacor ketimbang burung betina. Selain itu mental Kacer jantan selalu lebih fighter dari Kacer betina.

2. Bentuk Kepala

Burung Kacer memiliki kepala berbentuk agak kotak serta memiliki mata bulat dan besar. Lihat bagian kepala Kacer dan pastikan bentuknya kotak dengan mata bulat sempurna. Jika mata Kacer agak menutup atau sipit, lebih baik jangan dipilih.

Makanan Kacer Agar Cepat Gacor (flickr.com)
Makanan Kacer Agar Cepat Gacor (flickr.com)

3. Lubang Hidung

Ciri burung Kacer juara biasanya memiliki lubang hidung yang dekat dengan mata. Apakah ciri ini bisa menjamin Kacer berkualitas bagus. Sebenarnya tidak ada jaminan juara, cuma kebanyakan burung Kacer juara cirinya demikian.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

4. Paruh Burung Kacer

Bagian paruh harus tebal, besar, dan panjang. Ya, saat membeli burung Kacer, pastikan paruh dalam kondisi tebal, besar, dan panjang. Jika paruh Kacer tampak tipis dan pendek, sebaiknya pilih yang lain.

5. Leher Kacer

Coba perhatikan leher Kacer. Biasanya leher burung Kacer dengan leher panjang dan jenjang akan cepat gacor. Mungkin karena pita suara dan tenggorokan membuat suara Kacer menjadi besar dan keras.

6. Sayap Rapi dan Rapat

Bagian sayap memiliki kerapatan bulu yang bagus. Saat diam di tangkringan, sayap Kacer terlihat menutup rapat dan rapi. Tidak ada bulu yang keluar. Selain itu, pilih sayap Kacer yang mengkilat.

Masteran Burung Kacer Gacor (worldbirdsblog.blogspot.com)
Masteran Burung Kacer Gacor (worldbirdsblog.blogspot.com)

7. Kaki Kacer

Kaki burung Kacer harus serasi antara kanan dan kiri serta mempunyai kaki besar dan cengkeraman yang kuat. Bagian tangkringan juga harus disesuaikan biar Kacer bisa mencengkeram dengan kuat dan nyaman.

Baca juga: 18 Cara Melatih Kacer Biar Gacor Ngeplong Setiap Hari

8. Lincah dan Gesit

Mencari burung Kacer yang lincah dan gesit. Mengapa harus demikian? Alasannya sudah pasti karena Kacer lincah dan gesit selalu sehat serta stamina bagus. Jika Kacer cuma diam saja, berarti ada kemungkinan Kacer tersebut sakit.

9. Bulu Kontras

Bagian bulu harus hitam mengkilap dengan warna yang kontras antara hitam dan putih. Biasanya ini ciri burung Kacer juara. Ya memang burung berkualitas selalu memiliki penampilan yang menawan.

Cara Menaikkan Mental Kacer (dictio.id)
Cara Menaikkan Mental Kacer (dictio.id)

10. Kacer Sehat

Burung Kacer sehat dan tidak cacat. Ini menjadi patokan utama untuk memilih ciri burung Kacer juara. Pasalnya, walau dia trah jawara kalau tidak sehat pasti kedepannya juga tidak bagus.

Baca juga: 18 Ciri Kacer Petarung Prospek Lomba dan Cara Melatihnya

Perilaku Kacer Juara

Burung Kacer juara mudah sekali terpancing suara burung gacor. Apabila dia mendengar suara Kacer lain, respon mentalnya naik dan ingin melawan.

Kacer juara yang bagus berperilaku fighter dan seperti mempertahankan wilayah teritorial. Sebagai contoh saat di lomba, Kacer akan cepat mudah panas bila mendengar Kacer lain.

Di sini Anda harus bisa mengatur emosinya agar tidak cepat lelah. Seperti yang kalian tahu, bahwa Kacer emosian biasanya mudah lelah. Sehingga performa Kacer tersebut tidak akan sampai sesi akhir.

Makanan Burung Kacer yang Bagus (howyoudoin.wordpress.com)
Makanan Burung Kacer yang Bagus (howyoudoin.wordpress.com)

Cara Merawat Kacer Juara

Burung Kacer juara harus selalu diperhatikan asupan makanannya. Air minum wajib bersih dan ganti setiap hari. Untuk makanan utama, pilih voer Kacer terbaik.

Sementara untuk pakan tambahan, selalu berikan jangkrik, ulat hongkong, dan ulat jerman kalau dia suka.

Apakah Kacer butuh jemur? Dalam hal perawatan Kacer, pengembunan dan penjemuran sangat penting. Embun bisa membantu menghilangkan stres dan membuat Kacer rileks.

Sedangkan jemur membantu burung Kacer terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh burung juga menjadi lebih hangat. Jemur ini sangat cocok

Kesimpulan

Ciri-ciri burung Kacer juara di atas harus Anda pelajari agar Anda tidak tertipu dengan burung Kacer abal-abal. Semoga ini bisa membantu Anda menemukan burung Kacer juara dan berkualitas bagus.

Ciri burung Kacer juara juga bisa dilihat dari bibit, bebet, dan bobotnya. Artinya lihat dulu trah indukan Kacer tersebut. Kalau indukan dulunya sering juara lomba, tentu anakannya akan mewarisi trah tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri kacer juara
  • ciri ciri kacer juara
  • ciri fisik kacer juara
  • ciri ciri burung kacer juara
  • ciri kacer jawara
  • ciri2 kacer juara
  • ciri burung kacer juara
  • kacer trah juara
  • Kcer jwraa

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.