20 Cara Mengetahui Kelamin Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah

20 Cara Mengetahui Kelamin Lovebird Jantan dan Betina dengan Mudah

Burungnya.com – Biasanya kicau mania kebingungan membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina. Pasalnya, kedua Lovebird tersebut hampir sama baik dari segi warna atau fisik. Namun, jika diamati lebih jeli, ternyata Lovebird jantan dan betina mempunyai banyak perbedaan.

Bagaimana cara mengetahui Lovebird jantan dan betina dengan mudah? Tidak perlu meminta bantuan kicau mania profesional karena Anda yang belum profesional pun bisa mengetahui kelamin Lovebird jantan dan betina cukup dengan melihat dan menyentuhnya.

Baca juga: 15 Setingan Lovebird Jantan Konslet dengan Pancingan Sepasang Lovebird

Ternyata Lovebird jantan dan betina mempunyai karakter, ciri fisik, dan kebiasaan yang berbeda. Dari situ, Anda dapat mengetahui mana Lovebird jantan dan Lovebird betina.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina (getwallpapers.com)
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina (getwallpapers.com)

Cara Membedakan Kelamin Lovebird Jantan dan Betina

1. Tubuh Lovebird

Sekilas tubuh Lovebird terlihat sama, tapi ternyata bodi Lovebird betina sedikit lebih besar dari Lovebird jantan.

2. Paruh Lovebird

Dilihat dari paruh Lovebird, ternyata Lovebird jantan memiliki paruh runcing, sedangkan Lovebird betina paruhnya lebar.

3. Tulang Panggul Lovebird

Bagian tulang panggul Lovebird betina lebih besar dan lebar dari Lovebird jantan. Hal ini karena tulang panggul Lovebird betina menjadi akses keluarnya telur.

4. Kebiasaan Kaki Lovebird

Saat bertengger, biasanya Lovebird jantan kakinya rapat. Sementara Lovebird betina kakinya lebih lebar atau mengangkang.

5. Tulang Supit Urang Lovebird

Bagian tulang supit urang Lovebird jantan lebih rapat dan keras atau tidak lentur. Namun, untuk Lovebird betina tulang supitnya renggang dan lentur.

6. DNA Sexing Lovebird

Kalau mau hasil yang akurat, Anda dapat mengirimkan contoh bulu ke layanan tes DNA untuk mengetahui mana Lovebird jantan atau betina. Tingkat akurasi tes DNA bisa mencapai 99 persen.

7. Lovebird Ternak

Saat akan mulai breeding, Lovebird betina biasanya akan menyelipkan bahan sarang ke bawah sayapnya.

8. Proses Kawin Lovebird

Untuk kawin silang, biasanya Lovebird jantan lebih mendominasi, sehingga posisinya lebih sering terlihat di atas tubuh Lovebird betina.

9. Lovebird Makan

Ketika makan, Lovebird jantan akan menyuapi Lovebird betina. Biasanya, makanan yang sudah berada di mulut Lovebird jantan akan dikeluarkan dan disuapkan ke Lovebird betina.

10. Aktivitas di Glodok

Kebiasaan Lovebird betina saat berada di glodok lebih sering diam daripada Lovebird jantan yang suka keluar glodok untuk menjaga betina.

Loading...

11. Sayap Lovebird

Lovebird betina yang birahi cenderung merentangkan sayap seperti ngapal saat bertemu Lovebird jantan. Ini tandanya Lovebird betina ingin dikawini. Lovebird jantan sebenarnya juga ngapal, tapi durasinya tidak terlalu lama.

12. Ekor Lovebird

Burung Lovebird betina mempunyai ujung ekor yang lebar dan rata. Sementara Lovebird jantan ujung ekornya runcing dan kecil.

13. Gigitan Lovebird

Mungkin jarang yang menyadari bahwa Lovebird betina lebih kuat dalam mengigit, sedangkan Lovebird jantan kurang begitu keras.

14. Ujung Sayap Lovebird

Bagian ujung sayap Lovebird jantan terlihat menyilang, sedangkan Lovebird betina sejajar atau tidak menyilang.

15. Cincin Emas

Tahukah Anda, cincin emas ternyata dapat dipakai untuk membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina. Caranya, cincin emas digantung di tali sepanjang 20 cm, kemudian diayunkan di atas kepala Lovebird dengan jarak 5 cm.

Jika gerakan cincin emas, maju mundur, berarti kelamin Lovebird jantan. Sementara, apabila cinci emas bergerak melingkar, berarti jenis kelamin Lovebird tersebut betina. Alternatif lainnya, cincin emas bisa diganti dengan pendulum.

16. Lovebird Birahi

Ketika Lovebird sedang birahi, Anda dapat melihat mana Lovebird jantan dan betina. Cirinya, Lovebird jantan akan menaikturunkan kepala di dekat Lovebird betina. Sementara, Lovebird betina akan menunduk sambil merentangkan sayap atau disebut juga ngleper.

17. Tugas Bangun Sarang

Saat membangun sarang, Lovebird betina yang berperan aktif dalam mengumpulkan kulit kayu. Sedangkan Lovebird jantan cuma bagian memberikan kulit kayu ke Lovebird betina.

18. Lubang Hidung Lovebird

Apabila lubang hidung Lovebird bentuknya oval atau lonjong, berarti itu Lovebird jantan. Namun, bila lubang hidung Lovebird bentuknya bulat lebar, berarti itu Lovebird betina.

19. Lingkar Kacamata Lovebird

Lovebird betina mempunyai lingkar kacamata berbentuk bulat, sementara Lovebird jantan klep kacamatanya berbentuk lonjong atau oval.

20. Kloaka Lovebird

Untuk Lovebird jantan memiliki kloaka atau 4nu5 yang kecil, menonjol, dan panjang. Sedangkan, Lovebird betina kloakanya lebar dan rata.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina (coopsandcages.com)
Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina (coopsandcages.com)

Demikian cara membedakan kelamin Lovebird jantan dan betina dengan mudah. Walau tidak semuanya akurat, tapi setidaknya cukup dengan melihat dan meraba, Anda sudah bisa mengetahui mana Lovebird jantan dan betina.

Baca juga: Untuk Lomba Lebih Bagus Lovebird Jantan atau Lovebird Betina?

Kalau mau hasil yang akurat, Anda dapat membawa sampel bulu Lovebird untuk pengujian DNA. Dari situ pasti akan diketahui mana Lovebird kelamin jantan dan betina. Namun, tes DNA membutuhkan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, cara ini biasanya hanya dilakukan oleh penangkar-penangkar besar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kebiasaan lovebird jantan
  • supit lovebird jantan dan betina
  • lovebird ngapal jantan atau betina
  • lovebird jantan betina pake cincin
  • Cara melihat kelamin love
  • Lovebird jantan ngapal
  • tulang supit burung lovebird nanggung
  • tulang supit love bird jantan dan betina
  • cara membedakan lb baby jantan dan betina
  • cara membedakan kelamin lakbet warna imas

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!