Cara Mengetahui Usia Burung Kenari (youtube.com)

12 Cara Mengetahui Usia Burung Kenari Paling Mudah dan Akurat

Burungnya.com – Masyarakat awam tentunya sulit mengetahui usia burung Kenari. Sebab, secara fisik hampir semua burung Kenari terlihat sama, kecuali saat anakan dan dewasa. Meski begitu, Anda bisa mengetahui umur Kenari dengan mudah dan akurat.

Sama seperti Anda mengetahui usia seseorang. Kira-kira apa yang menjadi patokan untuk mengetahui umur seseorang? Pastinya yang pertama adalah ciri fisik. Dari raut muka dan kulit akan kelihatan berapa usia orang tersebut. Kemudian agar lebih akurat lagi, tanyakan berapa usianya atau tanggal lahirnya, pasti usianya akan ketahuan.

Kalau burung Kenari tidak jauh beda. Anda bisa melihat ciri fisik dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sebenarnya dari situ saja sudah ketahuan berapa kisaran usia Kenari. Namun, terkadang perkiraan seperti ini kurang akurat jadi harus diketahui lebih mendalam.

Cara Mengetahui Usia Burung Kenari

Cara Mengetahui Umur Burung Kenari (pinterest.com)
Cara Mengetahui Umur Burung Kenari (pinterest.com)

1. Kondisi Kaki

Hal paling mudah untuk melihat umur Kenari dari kondisi kakinya. Perhatikan kaki Kenari, kalau masih muda kakinya terlihat bersih, segar, sehat, mengkilat, dan basah. Namun, kalau Kenari sudah tua, kakinya akan kelihatan keriput, bersisik. kering, tebal, dan mengelupas.

2. Kloaka atau Kelamin

Semakin tua usia Kenari, biasanya ukuran kloaka akan semakin besar. Apabila ukuran kloaka atau kelamin burung lebih besar dari Kenari betina, biasanya burung tersebut sudah berusia lebih dari 4 bulan.

3. Warna Bulu

Burung Kenari yang sudah tua, rata-rata warna bulunya akan memudar. Pada awalnya burung Kenari mungkin sangat cerah warna bulunya. Namun, semakin tua bulu Kenari akan memudar dan gelap. Terkadang, perubahan pada bulu juga terlihat pada tanda jatuhnya bulu-bulu Kenari.

4. Suara Kicau

Kenari muda selalu berkicau gacor, keras, dan lantang. Lama-kelamaan akan semakin bagus suaranya. Namun, kalau sudah tua dan mendekati akhir usia, kualitas suara Kenari akan menurun drastis. Bahkan, terkadang suaranya cuma sekadar suara panggilan saja, bukan suara yang mewah.

5. Warna Paruh

Paruh burung Kenari yang sudah tua akan terlihat kering dan tidak cerah lagi. Warna paruhnya akan memudar dan penuh dengan goresan karena sudah digunakan sejak lama. Kalau paruh Kenari jarang diasah dipotong, mungkin akan terlihat sangat panjang.

6. Bentuk Tubuh

Untuk burung Kenari yang masih muda pastinya memiliki tubuh proporsional. Terlebih bila asupan makanannya bergizi dan bernutrisi. Namun, kalau Kenari sudah tua, tubuhnya akan cenderung melemah. Saat berdiri, burung tersebut tidak terlalu tegak.

7. Jumlah Mabung

Rata-rata burung Kenari mabung sebanyak satu kali sehari. Bila Kenari sudah mabung dua kali, berarti umur Kenari Anda sekitar 2 tahun, begitu seterusnya. Namun, ada juga masa mabung terlalu cepat atau lambat, sehingga waktu mabung tidak menentu.

Loading...

8. Umur Kenari

Burung Kenari bisa hidup lama sampai umur 10 tahun. Namun, rata-rata Kenari usia 5-8 tahun sudah mati karena perawatan yang kurang baik. Usia Kenari betina bisa mencapai 4-6 tahun, sedangkan Kenari jantan mencapai 10 tahun. Meski begitu, ada juga Kenari yang bisa hidup sampai usia 15 tahun.

9. Saat Kawin

Burung Kenari yang masih muda selalu agresif melihat pasangan. Setiap bertemu lawan jenis, dia bisa langsung birahi. Namun, kalau Kenari sudah tua, dia cenderung malas kawin.

Aktivitas Kenari Betina tua saat Kawin

  • Suka berada di sarang tapi tidak bertelur.
  • Telur jarang ada yang isi atau kosong.
  • Alat kelamin bengkak karena keseringan kawin.

10. Tingkat Kelincahan Burung Kenari

Kenari muda terlihat lebih aktif lompat ke sana ke mari. Sementara, Kenari tua cuma berdiam diri di satu tempat. Tak heran, Kenari yang sudah dewasa dan mapan lebih suka nagen di tangkringan.

11. Nafsu Makan Burung

Asal Anda tahu, burung yang jarang makan bukan berarti dia sakit. Bisa jadi, usia burung Kenari tersebut sudah tua, sehingga nafsu makannya menurun. Misalnya, dalam sehari pakan biji-bijian seperempat cepuk tidak akan habis. Kalau Kenari muda, setengah cepuk pakan bisa habis dalam sehari.

12. Tanya Pemilik Penangkaran

Kalau mau akurat tanyakan ke penangkaran saat Anda beli burung Kenari. Dengan begitu pasti usia Kenari dapat diketahui secara akurat karena hasil penangkaran sendiri. Minimal kalau bukan dari penangkaran besar, Anda tanyakan kepada peternak yang merawat burung tersebut sejak anakan, pasti ketahuan usianya berapa.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengetahui usia burung Kenari paling mudah dan akurat. Selain dari fisik, Anda bisa mengetahui usia Kenari dari masa mabung dan tingkan kelincahan. Ada juga cara lain yang mudah dan pasti akurat yaitu tanya umur Kenari ke penangkaran.

Kalau Anda membeli Kenari dari teman yang tidak mengetahui asal usulnya, berarti cara mengetahui usianya dengan melihat ciri fisik. Sebenarnya dari fisik sudah ketahuan Kenari masih muda, dewasa, atau sudah tua. Namun, terkadang cara ini kurang memuaskan karena bulan tahunnya tidak diketahui.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara membedakan usia burung kenari
  • melihat umur burung kenari
  • melihat usia burung kenari
  • menebak umur burung kenari

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!