8 Cara Mengetahui Usia Kucing dari Ciri Fisik

Burungnya.com – Berapa usia kucing bisa hidup? Dari berbagai pengalaman dan sumber terpercaya, diketahui kucing bisa hidup sampai umur 16 tahun, bahkan ada juga kucing usia 20 tahun. Perbedaan usia kucing bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang diberikan.

Semakin bagus nutrisi yang terkandung dalam makanannya, maka kucing akan sehat dan hidup lama tua. Kalau makanan kucing seadanya, ada kemungkinan kucing tidak bisa hidup sampai di titik maksimal.

Apalagi kalau kucing tersebut sakit-sakitan, tentunya kucing tadi bisa saja mati sewaktu-waktu. Oleh karena itu, jika Anda mencintai kucing seperti keluarga sendiri, tolong jaga dan berikan makanan kucing berkualitas.

1. Cara Mengetahui Usia Kucing dari Gigi

Hitung Jumlah Gigi Kucing

Ada beberapa patokan mengetahui usia kucing dengan menghitung gigi kucing. Tahukah Anda, gigi kucing yang pertama tumbuh adalah gigi seri. Bila kucing sudah tampak gigi seri, berarti usianya 2-4 minggu.

Kalau gigi taring sudah kelihatan, berarti umur kucing sekitar 3-4 minggu. Lanjut ke gigi geraham, berarti usianya 4-6 minggu.

Biasanya kucing yang umurnya belum genap 4 bulan belum memiliki gigi geraham. Apabila gigi dewasa sudah tumbuh, berarti usianya 6 bulan sampai 1 tahun.

Selain itu, usia kucing 1 tahunan, giginya sudah berwarna putih dan tidak terlihat kusam lagi.

Gigi Kucing Kuning

Biasanya seiring bertambahnya usia kucing, maka giginya akan menguning. Jadi, warna kuning pada gigi bisa sebagai penanda bahwa dia sudah cukup dewasa atau tua.

  • Kucing usia 2 tahun giginya sedikit menguning.
  • Umur 5 tahun, gigi kucing bertambah kuning.
  • Antara usia 5-10 tahun, gigi kucing kuningnya lebih jelas.
  • Kucing usia lebih dari 10 tahun giginya kuning maksimal.

2. Cara Mengetahui Umur Kucing dari Bulu

Untuk kucing muda pada umumnya mereka memiliki bulu yang lebih halus dan lebat. Kalau kucing tua dan dewasa, biasany bulu cenderung kasar. Kemudian di bulu kucing tua terdapat beberapa corak bulu warna abu-abu.

3. Tubuh Kucing

Kucing muda cenderung bertubuh ramping dan berotot. Kalau kucing medium atau muda biasanya lebih berisi dan bulat. Untuk kucing tua atau dewasa memiliki tulang bahu lebih jelas dan kulitnya kendur mengeriput.

Cara Mengetahui Usia Kucing (recoverywarriors.com)
Cara Mengetahui Usia Kucing (recoverywarriors.com)

4. Kucing Tua Gampang Sakit dan Agresif

Biasanya kucing tua usianya akan gampang sakit. Dia juga akan bertingkah agresif saat didekati. Kucing seperti ini juga mudah takut terhadap suara keras atau keberadaan seseorang dan hewan lain.

Loading...

5. Fungsi Organ Tubuh Menurun

Sudah pasti kalau kucing yang sudah mendekati tua akan mengalami penurunan fungsi organ, seperti penglihatan menurun, pendengaran menurun, radang usus, penyakit ginjal atau liver, serta tidak suka menggunakan kotak kotoran.

6. Waktu Aktif

Tahukah Anda, kucing tua cenderung aktif di malam hari. Sedangkan kucing muda atau remaja aktif di siang hari. Siang hari aktivitas padat, sehingga kucing tua memilih untuk beristirahat. Kalau malam hari suasana lebih hening, sehingga kucing tua lebih aktif.

7. Warna Mata

Usia kucing tua dapat dilihat dari warna matanya yang keruh. Kalau kucing muda biasanya warna mata lebih jernih dan cerah.

Selain itu, kucing tua terdapat urat dan pigmen mata yang kelihatan. Kalau kucing muda bagian iris mata bersih serta halus.

8. Air Mata Kucing

Untuk kucing muda jarang mengeluarkan air mata.Namun, kucing tua sebaliknya karena dia mengeluarkan air mata. Nah, pengeluaran air mata ini bisa menjadi pertanda bahwa kucing terkena penyakit tertentu.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengetahui usia kucing dari ciri fisiknya. Sebab, tubuh kucing tidak akan bisa bohong. Dari tubuhnya akan kelihatan berapa sebenarnya umur kucing tersebut.

Selain ciri fisik, perilaku kucing dan gigi juga bisa dijadikan patokan dalam mengetahui usia kucing. Nanti, Anda bisa berlatih mengetahui usianya dari para ahli atau cat lover.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!