Skip to content

5 Cara Menghemat Pasir Gumpal atau Pasir Wangi Kucing

Cara Menghemat Pasir Gumpal Kucing

Burungnya.com – Untuk yang praktis, biasanya cat lovers lebih suka memakai pasir gumpal atau pasir wangi pada kucing. Meski begitu, jika pemakaian berlebihan, maka penggunaan pasir kucing bentonite bisa menjadi sumber pengeluaran yang banyak sekali menguras kantong.

Apakah ada cara untuk menghemat pasir gumpal atau pasir wangi? Caranya ternyata ada dan simpel. Selama ini mungkin Anda memasukkan banyak pasir di litter box kucing.

Hal tersebut tidak masalah, tapi sebenarnya termasuk pemborosan. Sebab, nanti bila kucing pipis atau buang kotoran, maka otomatis pasir akan menggumpal. Pasir gumpal ini sifatnya menyerap air dan mengumpul.

Tujuannya biar pemilik kucing bisa dengan mudah mengangkat pasir yang menggumpal dan membuangnya ke toilet atau menguburnya di tanah.

Ada lagi yang namanya pasir zeolit. Pasir ini bisa dicuci dengan disinfektan, lalu dikeringkan dan dipakai kembali. Tentu ini lebih murah karena pasir Zeolit tidak dibuang dan bisa digunakan kembali.

Baca juga:

Walau begitu, sebagian pemilik kucing yang sibuk kerja tentu menganggap waktu sangat berharga. Kebanyakan dari mereka merasa cuci pasir termasuk buang-buang waktu.

Mereka lebih suka pasir gumpal karena kotoran dan pasir bisa menggumpal dan tinggal buang aja.

Sama seperti pampers bayi yang bisa pakai terus buang. Kalau clodi bayi bisa dicuci lagi, tapi banyak orangtua tidak punya waktu mencucinya. Sehingga pampers lebih praktis di pasaran.

Cara Hemat Pasir Gumpal atau Pasir Wangi Kucing

1. Pakai Alas Kertas atau Koran

Untuk menghemat pasir gumpal, Anda bisa menaburkan pasir tipis-tipis saja. Pertama beri alas kertas polos di litter box.

Sengaja dipilih kertas polos supaya kucing tidak tertarik memainkannya. Sebenarnya kertas koran juga bisa tapi sebagian kucing justru memainkannya dan pasirnya berantakan.

Kalau kertas polos seperti kertas HVS atau kertas bungkus nasi, pasti lebih natural sehingga tidak terlalu memikat kucing.

Taburkan pasir wangi tipis-tipis di atas kertas. Kalau kucing pipis, pasir akan menyerap airnya dan menggumpal.

Sekali dua kali kertas belum basah, tapi dalam beberapa jam ke depan kertas bisa basah. Sehingga Anda harus mengganti kertas lagi setiap hari.

Walau kurang praktis tapi ini bisa menghemat pasir wangi. Sehingga stok pasir yang digunakan bisa diminimalisir.

Cara Hemat Pasir Kucing

Cara Hemat Pasir Kucing

2. Pasir Gumpal Tipis Tanpa Alas

Kalau Anda sering berada di rumah, Anda bisa menaburkan pasir gumpal tipis-tipis tanpa alas dan langsung di litter box.

Nanti begitu kucing selesai pipis atau pup, pasir yang menggumpal bisa langsung dibuang.

Kalau cara pertama untuk pekerja kantoran yang jarang di rumah. Kotoran kucing terkumpul cukup banyak, terus dibuang sekalian dengan alasnya.

3. Pasir Gumpal Campur Pasir Zeolit

Agar lebih hemat, Anda bisa mencampur pasir gumpal dengan pasir zeolit. Perbandingannya 3:1 atau 5:2. Jadi porsi pasir gumpal lebih banyak dari pasir zeolit.

Pasir gumpal 3 gelas dan pasir zeolit 1 gelas. Kemudian dicampur jadi satu dengan scoop kering. Supaya kotoran tidak bau, Anda bisa menambahkan baking soda secukupnya.

4. Langsung Angkat dan Buang

Begitu lihat kucing selesai pipis, tentu air pipisnya masih basah. Anda tidak perlu menunggu sampai pasirnya menggumpal dan menggulungnya. Justru langsung buang saja pipis yang bawahnya sudah terkena pasir.

Bagian atasnya tidak perlu ditutup pasir lagi, tapi langsung dibuang. Mungkin ini terlihat sepele, tapi bisa menghemat pasir gumpal atau wangi.

Cara Menghemat Pasir Wangi Kucing

Cara Menghemat Pasir Wangi Kucing

5. Kucing Dilatih Buang Kotoran di Closet

Jika Anda memiliki kapasitas untuk melatih kucing. Coba latih kucing buang kotoran di closet. Meski cukup sulit, tapi pasti akan sangat menghemat pasir gumpal.

Cara melatihnya, setiap kucing selesai makan, coba arahkan kucing ke closet. Tunggu sampai kucing pup atau pipis di sana.

Ini mungkin perlu waktu karena mengubah kebiasaan kucing buang kotoran di litter box jadi buang kotoran di closet.

Bahkan nanti kalau kucing kalian sudah bisa buang kotoran sendiri di kamar mandi, Anda tidak perlu beli pasir gumpal atau pasir wangi lagi.

Kesimpulan

Demikian cara menghemat pasir gumpal atau pasir wangi kucing. Cara ini terbilang mudah dan lebih murah karena penggunaan pasir gumpal memang dibatasi.

Pasir gumpal diberikan tipis-tipis dan diberi alas kertas. Trik lainnya pasir gumpal dicampur pasir zeolit. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat penggunaan pasir gumpal pada kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara menghemat pasir

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.