10 Cara Menghilangkan Bau Pipis Kucing yang Menyengat

Burungnya.com – Banyak orang emosi saat mencium bau pipis kucing yang menyengat. Apalagi kalau dia tidak pernah memelihara kucing, tapi air kencingnya selalu tersebar di rumah.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada bahan atau obat untuk membersihkan kotoran pipis kucing di rumah? Soalnya, air kencing tersebut baunya sangat menyengat di hidung.

Cara Menghilang Bau Pipis Kucing

1. Keringkan Air Kencing Kucing

Gunakan handuk bekas untuk menyerap urine kucing yang menggenang. Lakukan segera karena cairan kering akan mengeluarkan bau yang menyengat.

Jika sudah kering, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda. Lalu, seka area yang bernoda. Jangan lupa untuk menyemprotkan produk penghilang bau.

2. Pakai Cuka

Jika Anda tidak memiliki penghilang bau, Anda juga bisa menggunakan cuka dan soda kue sebagai penggantinya. Campur dengan jumlah yang sama dan semprotkan pada area tempat urine kucing berada.

Biarkan selama 30 menit, lalu seka dengan handuk bekas. Selain cuka dan soda kue, obat kumur juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap ini.

3. Kopi

Tak hanya cuka, kopi juga bisa membantu menghilangkan bau pesing. Saat kencing di TKP, taburkan serbuk kopi pada bekas pipis kucing, lalu diamkan satu malam.

Kopi akan membantu menyerap aroma yang tidak sedap ini, dan sebaliknya, rumah akan menjadi lebih segar dengan aroma kopi.

4. Vacuum Cleaner

Jika kucing buang air kecil di atas karpet – seperti yang kita ketahui bersama, ada beberapa jenis kucing yang suka menggunakan permukaan yang empuk sebagai tempat buang air kecil, seperti karpet, selimut atau seprai – segera sedot debu tersebut pakai vacuum cleaner.

Jangan lupa untuk menaburkan kopi atau soda kue di permukaan dan menyedot debu lagi.

5. Karbol

Jika kucing suka buang air kecil di lantai atau sudut lantai, mohon gunakan handuk bekas untuk segera mengeringkan urine. Setelah itu, tuangkan asam karbol di sana dan bersihkan kembali dengan handuk bekas.

Tahukah Anda karbol akan membantu menghilangkan bakteri atau bakteri. Bilas dan seka area tersebut dengan air bersih.

Cara Membersihkan Pipis Kucing (mybritishshorthair.com)
Cara Membersihkan Pipis Kucing (mybritishshorthair.com)

Cara Membersihkan Pipis Kucing

1. Pipis Kucing di Kasur

Kencing kucing di tempat tidur merupakan bencana tersendiri, karena sangat sulit untuk menghilangkan baunya. Untungnya, Anda bisa mencoba beberapa trik soda kue.

Gunakan tisu kertas sekali pakai, handuk, atau pakaian bekas untuk menyerap urine sebanyak mungkin dari kucing. Jangan digosok karena baunya akan tertinggal.

Loading...

Biarkan mengering, lalu taburkan baking soda pada bagian yang berbau, tutupi dengan selembar kertas dan biarkan selama beberapa hari. Cukup gunakan penyedot debu untuk menyedot sisa soda kue dan baunya akan hilang.

2. Air Kencing Kucing di Kain

Sulit untuk menahan dorongan tiba-tiba kucing untuk muncul di pangkuan pemiliknya. Namun, tidak jarang pakaian menjadi berbau akibat noda kucing.

Begitu pula dengan karpet atau gorden yang biasanya menjadi sasaran penyemprotan urine kucing untuk menandai area tersebut.

Pertama, cuci seperti biasa, lalu tambahkan 2 cangkir soda kue dan rendam dalam air hangat. Biarkan semalaman, lalu bersihkan dengan deterjen bebas amonia.

Hindari merendamnya dalam air panas, karena ini akan mencegah masuknya bau.

3. Pipis Sembarang di Rumah

Kucing, terutama pejantan, cenderung menandai wilayahnya di tempat-tempat yang sulit ditemukan. Mulailah dengan karpet, pergi ke area di belakang lemari, lalu ke dinding.

Coba gunakan bahan alami untuk membuat produk penghilang bau. Dalam botol semprot, campurkan air panas dengan minyak esensial peppermint dan semprotkan pada area yang berbau menyengat. Dalam beberapa jam, baunya akan hilang.

4. Tanda dari Kucing

Kucing itu buang air kencing di luar kotak pasir, sebenarnya berusaha memberi tahu pemiliknya.

Ada banyak alasan untuk perilaku ini, termasuk tidak suka dengan lokasi kotak kotoran, bersaing dengan kucing lain untuk kotak kotoran, kotak kotoran yang berantakan, birahi, dan masalah kesehatan yang membuat stres.

5. Tidak Dilatih

Kemungkinan kucing buang air kecil sembarangan karena tidak pernah dilatih sebelumnya. Jadi, walau sudah diberi kotak pasir, dia tetap pipis di mana-mana.

Kalau sudah demikian, Anda harus segera melatihnya. Jangan sampai kucing pipis di semua lokasi rumah. Selain sangat bau, Anda mungkin akan kesulitan membersihkannya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara menghilangkan dan membersihkan bau pipis kucing yang menyengat. Tingkat bau air kencing kucing berbeda-beda tergantung makanannya.

Agar kucing tidak pipis sembarangan, sebaiknya dilatih sejak dini. Jangan melatih kucing kalau sudah terlanjur dewasa, biasanya prosesnya akan lama.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!