5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Bahan Sederhana di Rumah

Burungnya.com – Siapa yang tidak kasihan bila melihat kucing gatal-gatal karena kutu? Tenang saja, kalian bisa menghilang kutu tersebut tanpa menggunakan obat. Dengan bahan-bahan sederhana di rumah, Anda bisa membasmi kutu pada kucing.

Kutu yang tadinya nyaman tinggal di bulu kucing akan pergi dan pindah ke tempat lain. Dengan begitu, kucing tidak akan garuk-garuk bulu lagi.

Yang terpenting di sini adalah masalah kesehatan, lingkungan bersih, dan teman bermain kucing yang sehat. Percuma bila sudah dihilangkan kutunya, tapi kesehatan kucing kurang diperhatikan.

Terlebih lingkungan rumah dan pekarangan sangat kotor. Kucing juga dibiarkan main sembarangan di luar rumah. Hal ini tentunya bisa membuat kucing tertular kutu dari kucing lain.

Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing

1. Lemon

Asam sitrat pada lemon dapat menjadi pembasmi kutu alami. Caranya, rebus dulu 2 potong lemon dan biarkan terendam selama beberapa jam.

Tiriskan cairan lemon dan pindahkan ke botol semprot. Kemudian semprotkan di bagian bulu-bulu kucing. Ingat semprotan ini jangan sampai mengenai mata kucing.

Perhatikan pula tubuh kucing setelah disemprot. Bila muncul ruam-ruam merah di kulit berarti kucing iritasi. Jadi hentikan perawatan menggunakan lemon.

Apabila kucing tidak suka air, gunakan saja sisir atau sikat gigi bekas. Celupkan sisir atau sikat gigi ke dalam larutan lemon, lalu arahkan ke bulu kucing.

Lakukan hal tersebut sesering mungkin sampai kutu hilang dan mati. Nanti kucing Anda tidak akan garuk-garuk lagi.

2. Rempah

Cara membasmi kutu kucing selanjutnya bisa menggunakan minyak oregano. Caranya, campur 1 sendok teh minyak oregano dengan 3 sendok teh minyak zaitun.

Oleskan sedikit larutan ke beberapa bagian tubuh kucing, seperti perut, telinga, ekor, dan leher.

Cara membuat ramuan daun rosemary untuk menghilangkan kutu kucing. Pertama daun rosemary digiling sampai jadi bubuk. Taburkan bubuk tersebut di tempat kucing sering berdiam diri.

Jika kucing tidak suka, coba campurkan ramuan tadi kurang dari 1 sendok teh jintan ke dalam makanannya.

Oh iya, apabila Anda tidak memiliki semua rempah di atas, Anda dapat memanfaatkan garam meja. Soalnya, garam dapat membunuh kutu pada bulu kucing.

Hebatnya lagi, garam meja juga dapat membunuh telur kutu di karpet. Caranya, taburkan garam di area yang sering dilewati kucing. Kalau lapisan yang keras, campur saja garam dengan air lalu semprotkan pada permukaan dan gosok perlahan.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Bahan Sederhana di Rumah (icanews.es)
Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Bahan Sederhana di Rumah (icanews.es)

3. Sari Cuka Apel

Perlu Anda ketahui bahwa sari cuka apel tidak dapat mengusir serangga, tapi bisa membantu mengurangi kutu kucing.

Loading...

Caranya campur sari cuka apel dan air. Perbandingan cuka dan air 2 : 1. Setelah itu semprotkan larutan tersebut pada bulu kucing.

Selain disemprot, cuka apel dan air bisa juga dioleskan langsung ke bulu kucing.

4. Sabun Cuci Piring

Misalnya, Anda di rumah menggunakan Sunlight atau Mama lemon untuk mencuci piring. Pakai sabun cuci piring tersebut untuk menghancurkan dan menghilangkan kutu hanya dalam beberapa menit saja.

Caranya cukup usapkan saja sabun cuci piring pada bulu kucing. Setelah diusap merata, bilar dengan air sampai bersih.

Alternatif lainnya, masukkan sabun cuci piring pada wadah kaca atau keramik. Kemudian dekatkan pada sumber cahaya.

Kutu akan mendatanginya dan masuk ke dalam perangkap. Biasanya kutu akan mati karena tenggelam dalam air tersebut.

Baca juga:

5. Lavender dan Chamomile

Tanaman lavender bisa juga diterapkan untuk membasmi kutu kucing. Selain kutu hilang, kucing juga bisa lebih tenang dan tidak aktif.

Caranya, rendam lavender selamaman. Lalu saring dan taruh lavender dalam botol semprot.

Setelah tercampur di dalam botol, semprotkan ke bulu-bulu kucing tanpa dibilas.

Oh iya, teh chamobile juga dapat mengusir kutu kucing. Caranya cukup seduh teh tersebut dan dinginkan. Setelah dingin, oleskan cairan ke bulu kucing. Ulangi selama beberapa hari bila hasilnya kurang memuaskan.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membasmi kutu kucing dengan bahan sederhana di rumah. Tips ini memang simpel tapi bisa berhasil bila diterapkan dengan benar.

Kucing yang tadinya kutuan akan segera sembuh dan kutu menghilang. Selalu rawat kucing Anda dengan baik. Paling tidak setiap seminggu sekali kucing dimandikan agar bulunya bersih dan sehat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!