Cara Menghilangkan Sisik Tebal atau Keras di Kaki Burung (youtube.com)

6 Cara Menghilangkan Sisik Tebal dan Keras di Kaki Burung

Burungnya.com – Beberapa jenis burung yang sudah tua akan memiliki sisik tebal dan keras di bagian kakinya. Sisik ini bisa mengganggu kesehatan dan mengurangi nilai jual. Saat kaki burung bersih dan tidak bersisik nilai jualnya tinggi karena dianggap masih muda.

Oleh karena itu, sebagian kicau mania memilih untuk menghilangkan sisik pada kaki burung, seperti Kacer, Jalak Suren, Cucak Ijo, dan Murai Batu. Beberapa jenis burung ini kakinya sering bersisik saat usia sudah tua. Sehingga kalau sudah tua, kaki Kacer, Jalak Suren, Cucak Ijo, dan Murai Batu harus dihilangkan sisiknya.

Ada beberapa cara membersihkan sisik tebal dan keras di kaki burung. Namun, Anda harus berhati-hati karena pembersihan sisik kaki pada burung mempunyai efek samping yang kemungkinan dapat merugikan burung tersebut. Sebelum Anda benar-benar melakukannya, pikirkan dulu dengan matang.

Risiko Saat Sisik Kaki Dibersihkan

  • Takut pada pemiliknya.
  • Burung merasa kesakitan.
  • Trauma karena sisiknya dilepas.
  • Macet bunyi.
  • Burung stres.
  • Kaki burung keseleo.
  • Burung jadi giras.
  • Terakhir burung terlepas.

Cara Menghilangkan Sisik Tebal dan Keras pada Burung

Sisik Kaki Burung Tebal dan Keras atau Medang (caragacor.com)
Sisik Kaki Burung Tebal dan Keras atau Medang (caragacor.com)

1. Air Hangat Dicampur Garam

Siapkan air hangat dalam baskom, kemudian dicampur dengan garam secukupnya. Rendam kaki burung tua pada air garam hangat. Setelah beberapa menit, kupas kulit kaki atau sisik kaki burung secara perlahan menggunakan kuku jari.

Jika sisiknya sulit terlepas, sebaiknya rendam kaki burung lebih lama sampai kulitnya terasa lembek. Kalau sudah lembek, biasanya sisik akan terlepas dengan mudah. Setelah sisik lepas, bersihkan dengan kain atau handuk dan olesi kakinya dengan minyak tawon agar tidak bengkak.

2. Minyak Tawon

Tadi minyak tawon untuk mengantisipasi agar kakinya tidak bengkak. Namun, sekarang minyak tawon yang hangat dapat digunakan untuk mengelupas sisik kaki burung. Pengelupasan sisik kaki tidak terjadi secara langsung. Anda harus mengoleskan minyak tawon berkali-kali sampai sisiknya mau terlepas.

Loading...

3. Pasta Gigi Pepsoden

Selain untuk sikat gigi, pasta gigi Pepsoden dapat dipakai untuk membersihkan sisik kaki burung. Caranya, oleskan pasta gigi pada kaki burung yang bersisik. Rasa hangat atau mint dari pasta gigi dapat membuat sisik di kaki burung terkelupas.

4. Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa

Untuk minyak zaitun atau minyak kelapa penggunaannya masih sama dengan minyak tawon. Jadi, minyak dioleskan secara merata pada sisik kaki secara berulang. Setelah itu, kupas sisiknya menggunakan kuku jari.

5. Baby Oil

Biasanya baby oil digunakan untuk melembabkan kulit bayi, sekarang gunakan minyak tersebut untuk mengupas sisik pada burung. Caranya, oleskan baby oil pada permukaan sisik kaki burung. Tunggu beberapa menit, goyang-goyangkan sisik yang tebal atau keras dan kupas sisik menggunakan kuku tangan.

6. Mandi

Burung yang sering dimandikan sisiknya akan terkelupas dengan sendirinya. Kaki burung menjadi bersih dan tidak tebal lagi. Proses pemandian bisa dengan cara disemprot atau mandi sendiri di keramba.

Kesimpulan

Demikian cara menghilangkan sisik tebal dan keras di kaki burung yang sudah tua. Burung-burung jenis Kacer, Cucak Ijo, Jalak Suren, dan Murai Batu sering kali kakinya bersisik. Kalau burung kecil seperti Pleci dan Kolibri juga bersisik kakinya, tetapi tidak perlu dibersihkan sisiknya karena terlalu berisiko menyebabkan patah kaki.

Baca juga:

Sebaiknya Anda berhati-hati dalam membersihkan sisik pada kaki burung. Jika salah sedikit, kaki burung bisa kesleo dan patah. Kami di sini hanya menyampaikan informasi saja. Untuk akibat dan hasil yang ditimbulkan dari proses pembersihan sisik kaki burung menjadi tanggung jawab masing-masing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!