Ikatan Tali Dasi untuk Mengatur Suara Perkutut (youtube.com)

3 Cara Menghilangkan Suara Noklak Perkutut dengan Ikatan Tali

Burungnya.com – Berbeda dari yang lain, ternyata menghilangkan suara noklak pada burung Perkutut dapat dilakukan menggunakan seutas tali. Mungkin biasanya setingan suara Perkutut menggunakan perawatan atau makanan, tapi ternyata bisa juga diperbaiki memakai tali benang sutra yang diikat di leher sampai ke punggung.

Cara melakukannya juga tidak boleh sembarangan. Biasanya cara ini dilakukan oleh seorang ahli. Jadi, kalau Anda asal mengikat saja, mungkin suara noklak tidak akan hilang. Bahkan, ada juga yang menjadikan burung Perkutut mati karena terlalu kencang dalam mengikat.

Metode ini sudah lama dilakukan oleh Kung mania di beberapa daerah. Namun, kalau sekarang mungkin akan menjadi kontroversi dan dianggap penyiksaan burung. Pasalnya, mereka yang awam akan melihat metode ikat dasi noklak seperti menyiksa burung dengan ikatan tali.

Ikat Tali Benang untuk Mengatur Suara Perkutut (youtube.com)
Ikat Tali Benang untuk Mengatur Suara Perkutut (youtube.com)

Menurut seorang ahli dalam perburungan Perkutut, ikatan tali ini tidak akan menyiksa burung. Perkutut masih bisa bernapas normal dan makan dengan lahap. Tali benang tersebut hanya untuk mengatur agar suaranya bisa kung dan tidak noklak.

Cara Mengatur Suara Perkutut dengan Tali Benang

1. Benang Tali Diikat Mati di Leher Bawah Perkutut

Tali dikalungkan pada leher burung Perkutut. Sebaiknya pengikatan tali kurang lebih 1,5 cm di atas pangkal leher (batas leher dengan tubuh).

Kemudian, tali diikat mati dengan jarak kurang lebih 0,5 cm dari kulit. Perlu Anda ketahui, tali benang ini tidak boleh menindih bulu Perkutut sehingga sebelum diikat, bulu harus disibakkan menggunakan stik atau kayu kecil.

2. Tali Diikat Melewati Bawah Sayap dan Bertemu di Atas Punggung

Tali benang kemudian dilewatkan bawah sayap kanan, begitu pula dengan tali satunya yang kiri. Kedua tali bertemu di atas punggung melalui pangkal sayap.

Jarak tali di bawah sayap kurang lebih 2 cm dari pangkal sayap. Tujuannya agar burung lebih leluasa dalam bergerak dan bernapas.

3. Tali Diikat Mati di Atas Punggung

Setelah kedua tali benang bertemu di atas punggung, tali tersebut diikat mati dengan jarak kurang lebih 0,5 cm dari kulit. Ikatan ini agak longgar, sehingga masih bisa digeser ke atas atau ke bawah sampai ketemu suara depan atau ujung yang pas.

Biasanya burung Perkutut yang baru pertama kali diikat tali benang merasa tidak tenang. Kemungkinan Perkutut risih atau geli dengan ikatan tali dasi tersebut. Hal ini sama seperti manusia yang baru pertama kali memakai kalung atau dasi.

Sumber : Sumarjoto, R; Merawat Perkutut Ternak dan Perkutut Konkurs; Cetakan 3; Jakarta: Penebar Swadaya, 2000; halaman 37 – 41

Teknik Ikatan Tali di Leher Perkutut untuk Mengatur Suara (info-perkutut.co.cc)
Teknik Ikatan Tali di Leher Perkutut untuk Mengatur Suara (info-perkutut.co.cc)

Variasi Ikatan Tali Benang di Leher Perkutut

1. Ikatan Ditinggikan agar Suara Ujung Panjang

Agar suara ujung Perkutut panjang, maka ikatan tali di leher bagian atas ditinggikan. Untuk simpul di leher bawah dekat tembolok agak ditarik ke bawah mendekati dada.

Biasanya ikatan seperti ini menyebabkan sesekali suara noklak keluar, tetapi suara ujung akan terdengar lebih panjang. Selain itu, ikatan simpul di leher bawah dapat menebalkan suara ujung yang awalnya tipis menjadi bergaung.

Ikatan Tali Perkutut Untuk Mengatur Suara Noklak (info-perkutut.co.cc)
Ikatan Tali Perkutut Untuk Mengatur Suara Noklak (info-perkutut.co.cc)

2. Ikatan Benang Bulat atau Longgar agar Suara Besar

Suara Perkutut yang besar dan kecil merupakan bakat dari burung itu sendiri. Namun, Anda dapat mengatur besar kecilnya suara Perkutut menggunakan teknik ikatan di leher.

Posisi ikatan untuk volume suara letaknya di bagian leher bawah. Kalau ingin suara Perkutut agak besar, maka bentuk lingkaran tali agak membulat atau ikatan dilonggarkan. Model ikatan ini juga berfungsi agar volume suara Perkutut tidak berubah-ubah dalam kondisi apapun.

3. Ikatan Tali untuk Mengeluarkan Power dan Irama

Supaya suara Perkutut lebih power full dan berirama, maka ikatan talinya bagian punggung agak ke bawah. Sementara, ikatan tali di bagian leher juga lebih ke bawah sedikit mendekati dada.

Loading...
Ikatan Tali Perkutut untuk Setelan Suara Noklak dan Ujung (info-perkutut.co.cc)
Ikatan Tali Perkutut untuk Setelan Suara Noklak dan Ujung (info-perkutut.co.cc)

4. Ikatan Benang untuk Mengurangi Suara Patah

Hampir sama dengan posisi ikatan sebelumnya, untuk mengurangi suara patah, maka ikatan bagian punggung agak ke atas. Sedangkan, posisi ikatan tali di leher Perkutut masih sama yaitu agak ke bawah mendekati dada.

Jika ingin volume suara dikecilkan, maka ikatannya diubah dari posisi melingkar di leher bawah yang awalnya oval menjadi seperti leher botol terbalik.

Ikatan Tali Perkutut untuk Mengatur Volume Suara (info-perkutut.co.cc)
Ikatan Tali Perkutut untuk Mengatur Volume Suara (info-perkutut.co.cc)

5. Ikatan Tali untuk Menghilangkan Suara Noklak

Jika Anda ingin menghilangkan suara noklak pada Perkutut, maka ikatannya diletakkan pada posisi paling atas leher. Simpul ikatan di leher juga agak ke atas. Sementara, lingkar kalung di leher tidak perlu terlalu erat, tapi sisakan ruang agar burung bisa bernapas lega.

Boleh atau Tidak Menggunakan Ikatan Tali saat Lomba?

Ikatan tali benang di leher ini merupakan teknik dan trik untuk mengatur suara Perkutut. Jadi, saat perlombaan, burung boleh menggunakan tali pengikat tersebut.

Apakah ikatan tali ini dipakai burung selamanya atau pada waktu-waktu tertentu? Untuk penggunaan tali dasi di leher Perkutut dapat dilakukan kapan saja, tetapi sebagian besar digunakan saat lomba saja.

Cara Mengatur Suara Perkutut dengan Tali Benang (youtube.com)
Cara Mengatur Suara Perkutut dengan Tali Benang (youtube.com)

Manfaat Ikat Tali di Leher di Perkutut

  • Menghilangkan suara noklak.
  • Melembutkan irama Perkutut.
  • Mengurangi suara patah.
  • Memanjangkan suara ujung atau kung.
  • Menebalkan suara Perkutut.
  • Mengeluarkan power dan irama.
  • Memperbesar dan mengecilkan volume suara Perkutut.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menghilangkan suara noklak Perkutut menggunakan ikatan tali serta variasi ikatan tali untuk mengatur suara Perkutut. Jadi, sebenarnya ini merupakan metode untuk menyetel atau mengontrol suara Perkutut saja.

Masalah lain yang ditimbulkan dari pengikatan tali ini tergantung dari erat tidaknya tali. Semakin erat tali yang diikatkan pada leher dan punggung Perkutut, maka Perkutut akan semakin sulit bernapas. Namun, bila teknik pengikatan talinya benar, efek baiknya akan keluar.

Baca juga:

Jangan berpikiran negatif dulu sebelum mengetahui dampak positif dari ikatan tali Perkutut. Mungkin di awal-awal burung tidak nyaman dengan tali tersebut, tapi hal tersebut wajar karena burung butuh adaptasi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tali perkutut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!