Cara Menghitung Kecepatan Burung Merpati Balap Sprint

Cara Menghitung Kecepatan Burung Merpati Balap Sprint

Burungnya.com – Terkadang penggemar burung Merpati bingung. Bagaimana cara mengukur kecepatan Merpati Balap Sprint? Kalau punya alat pengukur kecepatan, tentu hal tersebut menjadi hal yang mudah. Namun, jika tidak memiliki alat tersebut gimana? Ternyata tetap mudah, asalkan Anda dapat menghitung kecepatan burung dengan rumus matematika.

Seperti yang Anda ketahui, kita sudah diajarkan cara menghitung kecepatan suatu objek dengan rumus V = S / T. Mungkin sebagian dari Anda sudah lupa. Rumus ini untuk menghitung kecepatan dengan keterangan Kecepatan sama dengan jarak dibagi waktu.

Jadi, intinya kalau Anda ingin menghitung kecepatan burung Merpati Balap, maka Anda harus mengetahui jarak dan waktunya. Cukup mudah bukan? Alat yang dibutuhkan cuma meteran dan penghitung waktu atau stopwatch.

Cara Melatih Merpati Balap untuk Pemula (liputan6.com)
Cara Melatih Merpati Balap untuk Pemula (liputan6.com)

Rumus Menghitung Kecepatan Burung Merpati

V = S / T

Keterangan:

V = Velocity atau kecepatan dengan satuan meter / menit

S = Distance atau jarak tempuh

T = Time atau waktu

Dengan begitu, Anda tidak harus menyerahkan semuanya kepada juri. Namun, setiap peserta lomba kalau bisa menghitung sendiri kecepatan burung Merpati Balapnya masing-masing. Tujuannya agar tidak terjadi kecurangan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Contoh Penghitungan Kecepatan Merpati Balap Sprint

Kami akan memberikan contoh cara menghitung kecepatan Merpati Balap Sprint A dan B. Anda dapat membandingkan siapa kira-kira yang paling cepat. Setelah ini Anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah.

1. Merpati Balap Sprint A (MBS – A)

Jarak (S): 1 Km = 1000 meter

Waktu (T): 10 menit

Kecepatan: V = S / T = 1000 / 10 = 100 meter / menit

Kalau dijadikan satuan Km / jam, rumusnya sebagai berikut:

100 meter / menit = … Km / jam

100 meter / menit = 100 : 1000 Km / menit = 0,1 Km / menit

1 menit = 1 : 60 jam = 1 / 60 jam

100 meter / menit = 0,1 Km / 1 / 60 jam = 0,1 Km x 60 Km / jam = 6 Km / jam

Kesimpulan

Kecepatan MBS – A = 100 meter / menit atau 6 Km / jam

2. Merpati Balap Sprint B (MBS – B)

Jarak (S): 1 Km = 1000 meter

Waktu (T): 20 menit

Kecepatan: V = S / T = 1000 / 20 = 50 meter / menit

Kalau dijadikan satuan Km / jam, rumusnya sebagai berikut:

50 meter / menit = … Km / jam

50 meter / menit = 50 : 1000 Km / menit = 0,05 Km / menit

1 menit = 1 : 60 jam = 1/ 60 jam

50 meter / menit = 0,05 Km / 1 / 60 jam = 0,05 Km x 60 Km / jam = 3 Km / jam

Kesimpulan

Loading...

Kecepatan MBS – B = 50 meter / menit atau 3 Km / jam

Jadi dapat disimpulkan antara kecepatan Merpati Balap Sprint A dan B lebih cepat Merpati Balap yang A. Merpati tersebut keluar sebagai juara.

Perhitungan seperti ini dapat membantu Anda apabila pihak juri melakukan kecurangan. Namun, ada sejumlah masalah yang mungkin Anda hadapi, yakni keterlambatan jam atau kecepatan jam saat berputar. Biasanya masalah ini terjadi pada jam manual lama atau merek STB, Benzing dan lain-lain.

Kalau Anda menggunakan jam manual Yunfei, jam elektrik Benzing, dan Toppigeon, masih akurat karena dianggap memiliki perputaran yang tepat setiap detiknya.

Joki Merpati Balap (youtube.com)
Joki Merpati Balap (youtube.com)

Cara Penghitungan Lainnya

Jika jarak tempuhnya cukup jauh, Anda dapat menggunakan berbagai perangkat manual atau otomatis (ETS). Fungsinya untuk mencatat waktu tepat kedatangan atau masuknya burung ke kandang, sehingga dapat diketahui waktu tempuh terbang burung Merpati Balap.

Ada juga software yang bisa dipakai untuk mengetahui jarak terbang Merpati Balap, yakni Google Earth dan WGS-84. Perangkat lunak ini dapat mengetahui jarak titik pelepasan Merpati dengan titik finish di kandang.

Kesimpulan

Demikian cara menghitung kecepatan burung Merpati Balap Sprint menggunakan rumus matematika. Apabila Anda sudah memiliki alat pengukur kecepatan, maka penghitungan seperti ini bisa dikesampingkan.

Baca juga:

Penghitungan kecepatan burung Merpati Balap hanya untuk sarana latihan sebelum lomba. Bagi Anda yang tidak mempunyai jam penghitung, mungkin cara ini sangat berguna. Saat lomba penghitungan seperti ini juga dapat diterapkan untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!