10 Cara Mengobati Penyakit Kucing Scabies sampai Sembuh

Burungnya.com – Salah satu penyakit kucing yang membuatnya terlihat jelek adalah scabies. Kucing yang terkena penyakit scabies, bagian kulit luarnya seperti berkerak.

Penyebab scabies karena tungau kecil yang bersarang di bulu luar kucing. Nah, tungau ini menyerang kulit kucing sampai menyebabkan kerak dan kulit menjadi mati.

Kalau kerak ini dikerok, nanti kulit kucing tersebut bisa lecet dan terluka. Kucing menjadi kesakitan dan tersakiti.

Jangan sampai kucing yang sakit scabies didekatkan dengan kucing sehat. Nanti takutnya kucing sehat menjadi ikut terkena scabies.

Anda harus segera mengobati scabies kucing supaya semuanya sehat dan terkendali. Yang terpenting jaga kebersihan agar kucing tidak terkena scabies lagi.

Cara Mengobati Kucing Scabies

1. Pisah Kucing Sehat dan Sakit

Kalau kucing masih sehat, segera pisahkan kucing yang sakit scabies. Ini berbahaya karena scabies disebabkan oleh tungau dan bisa menular ke kucing lain.

2. Alat Grooming Dibersihkan

Semua alat yang biasa digunakan untuk merawat kucing harus dibersihkan dulu. Soalnya, alat-alat grooming ini rawan dijadikan tempat bersemayam kutu atau tungau. Cuci saja semua alat tersebut dengan sabun cuci biasa.

3. Kandang Kucing Dibersihkan

Biasanya bulu kucing menempel di kandang kucing. Nah, Anda juga harus membersihkan sisa-sisa bulu kucing yang menempel di situ. Jangan lupa bersihkan kandang dengan sabun agar bersih berseri.

4. Hindari Tempat Kotor

Pastikan tempat main kucing harus bersih. Jangan sampai kucing bermain di lokasi yang kotor. Soalnya, tempat kotor rawan sekali menjadi tempat bersarang tungau scabies.

5. Shampo Khusus Parasit

Tidak perlu berpikir pusing, sekarang sudah ada shampo khusus parasit kucing. Shampo tersebut mungkin kandungannya berbeda dari shampo biasa. Sehingga parasit yang menempel di sana bisa langsung mati.

Ya, kandungan dalam shampo tersebut mengandung sulfur atau sebasol. Namun, shampo ini hanya boleh diberikan selama 10-15 menit sekali dalam seminggu. Anda harus memberikan shampo tadi selama 1-2 bulan.

Merek shampo khusus kucing ini di antaranya Beverly Shampoo, Machiko Flea, Rainbow, dan lain sebagainya.

Cara Mengobati Penyakit Kucing Scabies (kittentoob.com)
Cara Mengobati Penyakit Kucing Scabies (kittentoob.com)

6. Salep Anti Parasit

Selain shampo, Anda juga dapat memberikan salep anti parasit tungau. Kucing-kucing akan segera sembuh dari scabies.

Loading...

Nama salep kucing tersebut di antaranya Deram Cream, Diatomix, dan Scabies Cream. Jangan gunakan salep ini pada kucing hamil karena bisa membahayakan janin.

7. Berikan Minyak VCO

Untuk mengobati kucing scabies, Anda juga bisa memberikan minyak VCO (virgin coconut oil). Nah, kalau minyak ini bisa diberikan pada kucing hamil yang terkena scabies.

8. Suntik Anti Scabies Kucing

Jika ingin yang cepat dan praktis, Anda dapat memberikan suntik anti scabies kucing. Suntikan ini harus diberikan oleh dokter hewan yang berpengalaman.

Suntik kucing scabies di antaranya ivermectin, selamectin, dan doramectin. Harga suntikan ini berkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000.

9. Obat Antibiotik Kucing

Mayoritas penyakit scabies kucing bisa menimbulkan luka serius. Agar penyakit kucing tidak semakin parah, berikan antibiotik. Obat antibiotik dapat diberikan secara oral dan injeksi.

10. Vitamin dan Suplemen

Untuk menjaga kesehatan kucing dari serangan penyakit scabies, Anda harus memberikan vitamin dan suplemen.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan sampai kucing terkena scabies daripada harus perawatan penyakit scabies sampai sembuh.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara merawat kucing scabies sampai sembuh. Kucing yang terkena scabies perlu perawatan dari dalam dan luar.

Anda juga harus berhati-hati karena bisa jadi tungaunya melompat ke rambut Anda. Bayangkan kucing Anda sudah tersiksa gara-gara tungau atau kutu, terus Anda juga terkena masalah serupa. Bukankah itu sangat menyakitkan?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!