Skip to content

13 Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran di Depan Rumah

Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran di Depan Rumah Sembarangan (youtube.com)

Burungnya.com – Sudah banyak korban kenakalan kucing. Sehingga banyak orang yang cari info cara mengusir kucing. Ya, terkadang di antara gosib tetangga, sampai terselip omongan tentang kenanalan kucing yang buang kotoran di depan rumah.

Kucing tersebut bukan kucing korban tetapi kotorannya selalu mengotori lingkungan rumah. Tidak hanya kucing kampung atau kucing oren yang seperti itu. Sebab, kucing peliharaan terkadang juga sering buang air besar di rumah tetangga.

Sebagai pemilik rumah mau mengingatkan juga tidak enak. Tapi kalau dibiarkan saja, bau kotoran kucing tersebut sangat menyengat.

Baca juga: Gara-gara Kotoran Kucing, Rumah Tetangga Ditutup Tembok Tinggi

Daripada terjadi pertengkaran di antara tetangga gara-gara kucing, lebih baik Anda mulai mengusirnya dengan cara yang manusiawi. Maksudnya, Anda bisa cari alternatif cara mengusir kucing tanpa kekerasan.

Cara Mengusir Kucing yang Buang Kotoran

Kalau kucing kampung biasanya memang tidak ada yang memelihara. Sehingga dia bebas berkeliaran di mana-mana. Terkadang kucing buang kotoran di depan rumah.

Yang lebih parah lagi, kucing milik tetangga yang dibiarkan berkeliaran ke rumah orang lain lalu buang kotoran sembarangan. Kalau sudah demikian, gimana?

Tentu mau menegur pemilik kucing juga tidak enak karena tetangga sendiri. Namun, kalau tidak ditegur, sampai kapan kita terus-terusan membersihkan kotoran kucing.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Oleh karena itu, pelajari cara mengusir kucing mulai dari yang sederhana sampai yang canggih.

1. Menebar Aroma Tertentu di Sekitar Rumah

Ternyata kucing tidak menyukai aroma tertentu yang berbau wangi. Jadi, Anda bisa menebar wewangian atau bahan-bahan sumber aroma, seperti lemon, menthol, hingga cabai.

Anda tidak harus menggunakan lemon asli, tapi cukup parfum berbau lemon atau pengharum ruangan lainnya. Dengan cara ini Anda bisa mengusir kucing dari rumah.

2. Menaruh Kawat Ayam

Beli kawat ayam tapi bukan untuk pagar, melainkan untuk diletakkan di permukaan tanah. Sebab, kucing menyukai tanah yang gembur dan tanaman seperti rumput.

Saat dikasih kawat, kucing akan merasa terganggu dan tidak mau buang kotoran di situ lagi. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kawat tersebut bisa juga mengenai anggota keluarga Anda di rumah.

Pikirkan lagi apakah cara mengusir kucing yang satu ini cukup berisiko atau tidak. Sebab, penghuni rumah juga bisa terkena jebakan Anda sendiri.

3. Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Ada salah satu tanaman yang dibenci kucing, yaitu Coleus canina. Tanaman ini bisa untuk mengusir kucing liar, anjing, dan hewan lainnya.

Tidak hanya Coleus canina, ada juga tanaman lavender rue, dan pennyroyal yang sukses mampu mengusir kucing.

Jadi, coba tanam tanaman tadi di sekitar rumah. Kalau perlu buat pagar hijau dari tanaman tersebut.

Kucing Buang Kotoran Sembarangan (youtube.com)

Kucing Buang Kotoran Sembarangan (youtube.com)

4. Pasang Pagar Listrik

Ini mungkin agak berisiko karena bisa menyakiti kucing liar. Namun, Anda bisa mengatur agar tegangan listrik di pagar tidak terlalu tinggi. Jadi, tujuan dipasang pagar listrik hanya untuk mengejutkan kucing saja.

Atur tegangan listrik rendah agar saat dipegang manusia tidak bisa menyetrum. Sehingga tidak akan ada hewan atau manusia yang tersakiti. Namun, bila tersentuh kucing, dia akan terkejut dan tidak berani kembali.

Waspada dengan jebakan pagar listrik seperti ini. Pasalnya, orang sekitar bisa juga terkena jebakan yang Anda buat.

5. Semprot Air

Kucing dari dulu tidak suka air. Walau ada juga sebagian jenis kucing yang sudah terbiasa dengan air. Namun, sebagian besar kucing benci dengan air.

Nah, agar kucing pergi dari halaman rumah, Anda bisa menyemprot kucing dengan sprayer atau selang pancuran air. Kucing yang terlihat menginjakkan kaki di pekarangan rumah langsung semprot saja.

Jika Anda tidak bisa 24 jam mengawasi kucing, Anda dapat menggunakan alat penyemprot otomatis yang biasa digunakan untuk menyirami tanaman. Atur penyemprotan secara otomatis di jam-jam yang biasa didatangi kucing.

6. Sensor Suara dan Suara Berisik

Cara mengusir kucing selanjutnya bisa dibilang canggih. Anda bisa membeli sensor suara ultrasonik untuk mengusir kucing. Jadi, begitu kucing melewati alat tersebut sensor infra red aktif dan memicu suara ultrasonik.

Suara tersebut tidak akan mengganggu telinga manusia, tapi bisa mengusik kucing, anjing dan kelelawar.

Jika ingin yang versi murah meriah, Anda dapat membuat peralatan berisik yang terbuat dari kaleng bekas diisi kerikil. Kaleng bekas diikat tali, lalu diberi kerikil kecil.

Saat kucing mendekat, tarik-tarik talinya, sehingga kaleng bekas tersebut akan mengeluarkan suara berisik yang bisa menakuti kucing. Metode ini sama seperti petani mengusir hama burung di sawah padi.

Namun, tentu alat tersebut kurang efektif dan justru bisa mengganggu tetangga sekitar. Lebih baik memang menggunakan sensor suara untuk mengusir kucing.

7. Obat Pengusir Kucing

Ada banyak obat pengusir kucing yang dijual di pasaran. Tandanya, banyak orang yang merasa terganggu dengan kotoran kucing.

Namun, pilih obat yang berbahan organik biar tidak menyakiti kucing. Kalau Anda memilih obat berbahan kimia keras, takutnya bisa menyakiti kucing.

Baca juga: Penghilang Bau Kotoran Pup Pipis Kucing Anjing Tikus

Ingat kita di sini bertujuan untuk mengusir kucing atau menakut-nakuti kucing saja, bukan menyakitinya. Jika Anda menggunakan obat keras, takutnya kucing tersebut malah mati.

8. Bersihkan Tumpukan Sampah

Kucing yang lapar akan mencari makanan di tumpukan sampah. Bahkan, dia tak segan untuk mengorek-ngorek sampah lalu membiarkan berhamburan begitu saja.

Jika tidak mau terjadi hal serupa, lebih baik segera buang tumpukan sampah di dekat rumah. Anda harus membersihkan lingkungan rumah secara teratur agar kucing malas datang-datang lagi.

9. Tutup Celah Sempit di Rumah

Anda pasti pernah melihat kucing bisa melawati celah sempit pagar milik orang lain. Nah, agar kucing tidak bisa melewati celah sempit lagi, tutupi saja celah tersebut dengan triplek atau seng.

Minta tukang las, untuk menutup celah pagar yang agak longgar. Dengan begitu, kucing liar tidak bisa masuk lagi ke pekarangan rumah Anda.

Cara Mengusir Kucing Buang Air di Halaman Rumah (motionarray.com)

Cara Mengusir Kucing Buang Air di Halaman Rumah (motionarray.com)

10. Kucing Takut dengan Lidi

Cara mengusir kucing yang satu ini cukup unik. Anda mungkin belum tahu bahwa kucing sebenarnya takut dengan lidi. Alasannya karena lidi mirip dengan ular. Bila lidi dikibas-kibaskan maka lidi tersebut akan menyerupai ular.

Jadi, pada dasarnya Anda tidak perlu menyakiti kucing dengan lidi, tapi cukup mengibaskan saja agar mirip ular.

11. Kucing Tak Suka Benda Pipih

Coba perhatikan, kucing ternyata takut dengan benda pipih seperti batang bambu yang pipih, potongan mentimun, dan lain-lalin.

Oleh karena itu, letakkan alat-alat tersebut di area rumah atau depan rumah. Tujuannya agar kucing tidak berani mendekat.

Faktanya kucing takut dengan mentimun. Coba lihat videonya di YouTube. Kucing yang ditakut-takuti dengan timun, pasti langsung lompat dan lari ketakutan. Kemungkinan kucing mengira mentimun adalah ular, padahal bukan.

Baca juga: Alasan Kucing Takut Timun

12. Beri Botol Berisi Air

Agar kucing liar tidak datang-datang lagi, coba letakkan beberapa botol berisi air putih di depan rumah. Nantinya, kucing akan berpikir botol air ini bisa menyakitinya.

Selain itu, saat botol berisi air terkena sinar matahari, pantulan cahayanya mirip dengan cermin. Sehingga kucing tadi akan takut untuk mendekat.

Ini cara mengusir kucing paling sederhana, tapi benar-benar ampuh. Coba letakkan botol minum plastik bening di teras rumah. Kucing tidak akan berani ke situ lagi.

13. Kucing Tidak Suka Oli

Setelah mengetahui di mana lokasi yang biasa didatangi kucing, coba siramkan oli di atasnya. Kucing tidak akan berani mendekat karena aroma oli dan tekstur oli yang cair dan lengket.

Jika Anda tega, coba siramkan sedikit oli di tubuh kucing. Biasanya kucing akan trauma dan tidak berani datang ke rumah Anda lagi. Oli ini bisa diganti dengan minyak karena teksturnya hampir sama.

Baca juga: Kucing Oren Dianggap Kucing Barbar, Begini 12 Faktanya

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengusir kucing agar tidak buang kotoran di halaman rumah. Kotoran kucing sangat tidak sedap dan bau, sehingga mengusirnya dari pekarangan merupakan tindakan yang tepat.

Kalau kucing dibiarkan buang kotoran sembarangan, nanti jadi kebiasaan dan rumah kita dijadikan toilet olehnya. Oleh karena itu, kita harus melakukan tindakan tegas dengan mengajarkan bahwa tidak baik pup di rumah orang atau tetangga.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • sensor pengusir kucing

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.