Cara Menjinakkan Burung Baru Tangkap atau Beli dengan Sembur

Burungnya.com – Semua pecinta burung pasti sudah mengetahui bahwa karakter burung berbeda-beda. Apalagi bila burung tersebut baru dibeli dari toko burung dan hasil tangkapan. Burung yang baru dibeli dan hasil tangkapan, tentunya masih giras dan galak.

Tidak mungkin burung akan merasa nyaman di tempat baru. Ini namanya burung sedang mengenal lingkungan dan pemilik baru. Anda tidak perlu khawatir karena dalam beberapa minggu, burung bisa menyesuaikan diri.

Walau hitungannya lama, burung pasti bisa adaptasi di tempat baru. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan perawatan terbaik. Namun, Anda bisa mempercepat burung jinak dengan metode yang dilakukan banyak orangtua terdahulu.

Bangun Hubungan antara Pemilik dan Burung

Di sini kami perlu tekankan lagi bahwa cara ini mungkin sedikit berbeda dengan zaman sekarang. Ini cara yang dilakukan orang zaman dulu. Sementara sekarang sudah ada alatnya.

Tahukah Anda, hubungan emosianal antara pemilik burung dan burung itu penting. Kita harus klik dulu dengan burung, baru burung bisa menerima kita.

Banyak sekali hubungan yang awalnya cuma sekadar pelihara saja, kemudian berubah menjadi sayang kemudian cinta.

Fakta Menarik Lovebird Kusumo (kumparan.com)
Fakta Menarik Lovebird Kusumo (kumparan.com)

Kami contohkan salah satu burung Lovebird Kusumo yang fenomenal. Dia dikenal banyak orang di Indonesia karena performa dan kemampuan ngekek stabil di lapangan. Kemudian tawaran transaksinya sudah di angka miliaran.

Sayangnya, sekarang Lovebird Kusumo sudah meninggal. Saat akan meninggalkan pemiliknya yaitu Om Sigit WMP, burung ini sering menghampiri tangan beliau.

Dia seakan ingin berpamitan kepada pemiliknya. Burung tidak dalam keadaan sakit atau stres terkena gangguan hewan lain. Tiba-tiba beberapa hari kemudian, didapati Lovebird Kusumo sudah tiada.

Baca juga: Lovebird Kusumo Meninggal, Dulu Sempat Ditawar Rp 2,2 Miliar

Burung ini sudah ditawar berkali-kali sampai tawaran miliaran. Namun, Sigit WMP tidak menjualnya. Beliau sudah menganggapnya keluarga sendiri. Bahkan, anak dan anggota keluarga yang lain juga menganggap Kusumo sebagai keluarga.

Tak heran Lovebird Kusumo sampai berpamitan saat akan meninggal. Ini yang namanya hubungan dari hati ke hati antara pemilik dan burung.

Cara Menjinakkan Burung Baru Tangkap dan Beli

Nah, Anda juga harus membangun hubungan emosional ini saat membeli burung baru atau mendapatkan burung hasil tangkapan alam. Tujuannya agar burung cepat jinak dan hidup normal seperti burung rumahan lainnya.

Bagaimana caranya? Mudah saja, di sini yang diperlukan cuma air saja. Tapi pilih air yang bersih. Soalnya, air ini nantinya akan disempurkan ke burung melalui mulut pemiliknya.

Cara Menjinakkan Burung Baru Tangkap atau Beli di Kios Burung (youtube.com)
Cara Menjinakkan Burung Baru Tangkap atau Beli di Kios Burung (youtube.com)

Di zaman dulu cara memandikan burung memang dengan cara disembur atau disemprot lewat mulut. Alasannya agar burung cepat jinak. Mungkin air yang keluar lewat mulut pemiliknya memiliki energi tertentu sehingga burung jadi lebih nurut dan jinak.

Baca juga: 16 Cara Merawat Kacer Dewasa Agar Cepat Jinak dalam 4 Minggu

Kalau air disemprotkan biasa dengan sprayer, tentu burung hanya akan merasakan seperti terkena air hujan rintik-rintik saja.

Loading...

Terapi Lapar Dulu

Oh iya, sebelumnya burung harus diterapi lapar. Paling tidak burung tidak dikasih makan selama 2,5 jam. Kalau minumnya tetap berikan di dalam kandang.

Setelah 2 jam lebih tidak makan, burung bisa dimandikan dengan cara disembur. Sembur burung beberapa kali sampai burung basah kuyup.

Begitu tubuh bagian atas basah, jepit kakinya di jari lalu disembur lagi bagian bawah tubuhnya.

Selesai proses mandi, burung bisa diberi jangkrik. Cek apakah burung langsung mau makan jangkrik atau tidak. Rata-rata burung tidak mau makan jangkrik atau mau gigit tapi tidak ditelan.

Baca juga: 7 Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Liar dengan Terapi Lapar

Nanti bila burung tidak mau menelan jangkrik, masukkan dulu burung ke dalam sangkar. Terus jangkrik diberikan menggunakan lidi yang panjang terus lama kelamaan pakai lidi yang pendek.

Setelah dikasih makan, burung bisa digantung dan diangin-anginkan depan rumah atau di bawah pohon. Pastikan lokasinya aman agar burung merasa nyaman.

Terapi Lapar Adalah Cara Menjinakkan Burung Paling Efektif (youtube.com)
Terapi Lapar Adalah Cara Menjinakkan Burung Paling Efektif (youtube.com)

Sembur Burung Agar Jinak Bahaya atau Tidak?

Anda cukup berkumur dulu sebelum menyembur supaya sisa makanan tidak ikut tersembur ke burung. Kalau Anda baru makan kemudian menerapkan mandi sembur, burung akan kaget karena di air mandinya ada tambahan makanan.

Air yang digunakan sendiri tentunya air bersih. Jadi, mandi sembur ini tidak berbahaya. Berbeda kalau airnya pakai air bensin pasti itu jadi berbahaya.

Syarat Mandi Sembur Agar Burung Jinak

Jenis burung yang boleh mandi sembur hanya burung yang bulunya kuat. Kalau burung bulu lembut, seperti Perkutut, Derkuku, dan Puter, sepertinya kurang cocok.

Burung bulu kuat yang dimaksud adalah Kacer, Jalak, Murai Batu, Cendet, Cucak Ijo, dan lain-lain. Intinya burung yang biasa makan serangga jangkrik. Kalau burung pemakan biji-bijian kurang disarankan.

Waktu pemandian bisa dilakukan setiap hari atau sehari dua kali. Tergantung waktu senggang saja. Nanti lama kelamaan burung akan jinak. Burung dewasa sekalipun juga bisa jinak.

Di sini yang diutamakan adalah terapi lapar dan mandi sembur. Dua faktor ini yang menyebabkan burung jadi jinak. Selain itu ada juga yang bisa membuat burung jinak, yaitu ketelatenan dan kesabaran pemiliknya dalam merawat burung. Intinya burung harus dibuat lapar dulu baru disembur.

Baca juga: 10 Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu dan Cara Mandinya

Kesimpulan

Demikian cara menjinakkan burung baru tangkap atau beli di pasar burung. Burung seperti itu memang tipikal giras, jadi wajar sebenarnya. Tapi waktu untuk menjinakkan burung tersebut jadi lama.

Oleh karena itu, prosesnya dipercepat dengan mandi sembur dan terapi lapar. Anda bisa membuatnya lapar kurang lebih 2-3 jam saja. Cara ini terbukti ampuh dan bisa membuat banyak jenis burung kicau jadi jinak.

Namun, cara mandi sembur lewat mulut terkadang menimbulkan pro kontra. Sebab, caranya sudah jadul dan sekarang sudah ada semprotan sprayer.

Meski begitu, bagi yang tertarik cara tradisional, Anda bisa menggunakan metode lama sembur. Jika Anda kurang cocok, Anda bisa semprot dengan sprayer saja, walaunpun hasilnya mungkin berbeda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Sumber video: Channel YouTube jaguar sniper

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!