Cara Menjinakkan Burung Hantu dengan Air Hangat (youtube.com)

12 Cara Menjinakkan Burung Hantu Galak dengan Air Hangat

Burungnya.com – Tantangan pertama dalam merawat burung Hantu biasanya adalah proses penjinakkan. Sebab, burung Hantu termasuk burung liar sehingga cukup sulit dipelihara di rumah atau berdampingan dengan manusia. Meski begitu, burung liar seperti burung Hantu masih bisa dijinakkan.

Cara menjinakkan burung Hantu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Azmi Exopets sudah membagikan tips menjinakkan burung Hantu galak dengan air hangat. Apakah air biasa tidak dapat digunakan untuk membuat burung Hantu jinak?

Tentu saja bisa, tapi mungkin prosesnya sangat lama, sehingga muncul tutorial menjinakkan burung Hantu dengan air hangat. Ingat, air yang dipakai air hangat bukan air panas. Tingkat kehangatan air tersebut jangan disamakan dengan air hangat yang kita gunakan untuk mandi.

Jadi, kalau bisa air hangatnya selevel dengan air hangat di ujung kuku jari. Jika Anda memiliki bayi yang baru lahir, maka samakan tingkat air hangatnya untuk memandikan bayi tersebut. Kalau disamakan dengan tingkat hangat air yang biasa kita gunakan untuk mandi, pasti burung akan merasa kesakitan.

Cara Menjinakkan Burung Hantu (youtube.com)
Cara Menjinakkan Burung Hantu (youtube.com)

Cara Menjinakkan Burung Hantu dengan Air Hangat

Perlu Anda ketahui dulu bahwa burung Hantu dapat mandi sendiri atau disemprot dengan sprayer. Namun, kalau baru beli, biasanya burung tidak mau mandi sendiri. Sehingga Anda harus membantunya untuk menyemprotkan air hangat ke tubuhnya.

Loading...
  1. Begitu beli burung baru, langsung berikan anglet jes dan tangkringan, jangan memasukkan burung ke dalam kandang.
  2. Siapkan semprotan dan air hangat.
  3. Semprot air (mode embun) searah dengan arah pertumbuhan bulu.
  4. Jadi cara nyemprotnya dari atas turun ke bawah seperti rintik air hujan.
  5. Pastikan cuaca di rumah cerah, agar bulu burung yang basah bisa kering.
  6. Waktu memandikan pagi hari, sekitar jam 07.00 – 08.00.
  7. Bersihkan kuku jari kaki dengan sikat gigi, tujuannya untuk membersihka sisa makanan atau daging.
  8. Selanjutnya jemur burung di bawah sinar matahari sampai bulu kering.
  9. Pendekatan burung Hantu dengan memberi makan lebih sering.
  10. Potong daging burung (burung Pipit atau burung Gereja) kecil-kecil agar proses memberikan makanan lebih lama.
  11. Setiap memberikan satu potong daging, elus lembut kepalanya atau panggil namanya.
  12. Proses penjinakkan burung Hantu sampai jinak bisa memakan waktu yang lama, kira-kira 1 minggu sampai 4 minggu kalau rutin.

Kesimpulan

Demikian cara menjinakkan burung Hantu galak dengan air hangat. Cara ini harus dilakukan secara sabar karena prosesnya tidak sebentar. Anda butuh waktu beberapa minggu agar burung Hantu liar dan galak bisa jinak total.

Baca juga:

Kebetulan sekarang lagi pandemi virus Corona, mungkin waktu Anda lebih banyak di rumah. Sehingga Anda bisa kerja di rumah sambil menjinakkan burung. Selain untuk hiburan, merawat burung Hantu bisa membuat waktu luang lebih berharga.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Te rima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!