8 Cara Menjinakkan Burung Perkutut Lokal dengan Mudah

Burungnya.com – Ternyata menjinakkan Perkutut Lokal cukup mudah. Mungkin bayangan Anda, Perkutut Lokal selalu giras dan sulit jinak. Namun, bila burung ini dirawat dari kecil atau anakan, pasti akan jinak juga.

Dalam hal ini yang dibutuhkan hanya kesabaran dan konsisten. Sebab, Anda merawat dan melatih Perkutut lokal mulai dari anakan. Mengapa harus Perkutut Lokal anakan? Perkutut jinak yang bagus memang harus dipelihara dari anakan. Nanti sampai dewasa, dia tetap jinak.

Di sini yang dimaksud Perkutut jinak adalah Perkutut yang bisa dirawat di luar kandang. Perkutut bebas terbang di alam dan mau mendekat saat Anda memberi makanan.

Jadi, bukan seperti burung free flight yang terbang jauh, lalu ditiup peluit dia langsung datang. Tingkat kecerdasan burung free flight berbeda dengan burung Perkutut.

Baca juga: 22 Cara Mengatasi Perkutut Lokal Giras agar Cepat Jinak

Cara Menjinakkan Perkutut Lokal (youtube.com)
Cara Menjinakkan Perkutut Lokal (youtube.com)

Cara Menjinakkan Perkutut Lokal

1. Hati yang Ikhlas

Anda harus mempunyai hati yang ikhlas saat akan menjinakkan Perkutut Lokal. Pasalnya, nanti proses latihan selalu di luar ruangan sehingga Anda harus ikhlas saat burung terbang jauh dan tak kembali.

Kalau hati ikhlas nanti burung juga mengerti. Biasanya dia seperti sudah mengerti siapa pemiliknya dan siapa yang memberi makanan. Jadi, walau terbang jauh sekalipun, Perkutut akan tetap kembali pulang.

2. Perkutut Dirawat dari Anakan atau Piyik

Anda bisa mencari Perkutut Lokal anakan dari alam atau para penjaring. Usia yang tepat untuk melatih Perkutut jinak adalah kurang dari 10 hari.

Jika Anda melatih Perkutut yang umurnya lebih dari 10 hari, naluri liarnya sudah muncul. Berbeda kalau perawatan dimulai dari anakan Perkutut usia 8 hari atau kurang, pasti dia lebih cepat jinak.

Baca juga: 10 Cara Menjinakkan Perkutut dengan Air Hangat

3. Konsisten dalam Melatih

Dalam latihan Anda harus konsisten setiap hari dan jam yang sama. Misalnya, Anda mempunyai waktu melatih Perkutut di pagi hari dan sore hari. Berarti setiap hari lakukan pelatihan seperti itu terus dan berulang.

Latihan bisa dengan cara meletakkan burung di sangkar kemudian Anda mundur dan memanggilnya. Jangan lupa siapkan makanan di tangan supaya dia mau terbang mendekat.

4. Suara Panggilan yang Sama

Anakan Perkutut bisa mengenali suara panggilan dari siulan Anda. Pastikan Anda memiliki suara panggilan siul yang sama sejak dia masih anakan.

Siulan ini yang dipakai agar dia lebih mudah mengenali Anda. Walau lokasi burung Perkutut agak jauh, begitu Anda bersiul, nanti dia akan datang.

Dalam hal ini Anda harus bersiul yang sama saat sedang meloloh makanan atau memberinya makan. Nanti begitu burung lapar dan Anda bersiul, dia pasti datang mendekat untuk meminta makanan.

Loading...
Cara Menjinakkan Burung Perkutut Lokal di Alam (youtube.com)
Cara Menjinakkan Burung Perkutut Lokal di Alam (youtube.com)

5. Alat Meloloh Harus Sama

Sejak masih anakan usia beberapa hari, Perkutut lokal harus diloloh dengan alat yang sama. Misal Anda menggunakan kain warna ungu, berarti kain itu yang akan dipakai meloloh dan memberi makan sampai dia dewasa.

Burung Perkutut lokal bisa mengenali warna dan aroma kain yang digunakan untuk melolohnya. Begitu dia tahu Anda membawa alat meloloh tersebut, pasti dia akan mendekati dan minta makan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Perkutut Bunyi dengan Cetekan Jempol

6. Mengenali Perkutut Mulai Jinak

Burung Perkutut yang mulai jinak, pasti akan mengikuti kemana Anda berada. Misalnya, Anda sedang bawa makanan, dia akan mengikuti Anda dan terbang-terbang di sekitar Anda.

Anda menggeser tangan ke kanan, Perkutut juga ikut ke kanan. Begitu pula bila makanan digeser ke kiri, dia akan tetap mengikutinya. Itu tandannya burung Perkutut lokal sudah mulai jinak.

7. Uji Coba Melepas Burung

Nah, apabila burung Perkutut lokal sudah kelihatan jinak, Anda bisa mencoba melepasnya. Namun, pastikan burung dilepas dalam kondisi lapar.

Kalau dia sedang lapar, dia tidak akan terbang jauh. Perkutut lokal merasa masih membutuhkan Anda dan menunggu Anda memberi makanan kepadanya.

Walau dilepas sekalipun, Perkutut akan tetap mendekati Anda untuk meminta makanan. Anda tinggal menyiapkan makanan di tangan, pasti burung datang sendiri.

8. Mengenal Lingkungan Sekitar

Tadi burung Perkutut Lokal sudah jinak, sehingga saat mengenalkan pada lingkungan sekitar. Di awal tadi kami mengatakan bahwa Perkutut jinak adalah burung yang dirawat di luar kandang tapi tetap mau datang saat Anda memberi makanan.

Sehingga burung harus diperkenalkan dengan lingkungan sekitar. Caranya Anda harus melatih di area lingkungan yang sama, contoh di depan rumah. Walau terbang tinggi, area terbangnya masih di sekitar rumah saja.

Baca juga: 7 Cara Merawat Perkutut Lokal Agar Cepat Manggung

Kalau Anda melepaskan burung di sore hari, nanti dia akan tidur di pohon-pohon dekat rumah Anda. Besok paginya saat Anda ingin memberi makan, Anda cukup duduk di teras dan mengeluarkan makanan, maka burung akan terbang mendekati Anda.

Jadi, Anda seperti memiliki burung Perkutut liar tapi jinak karena sudah dirawat sejak kecil. Lebih bagus lagi bila Anda memiliki banyak Perkutut, nanti saat dipanggil, yang datang akan banyak sekali. Sebab, Perkutut lokal liar lainnya akan ikut datang untuk meminta makanan.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menjinakkan burung Perkutut Lokal dengan mudah. Burung Perkutut tetap bisa terbang bebas di luar kandang, tapi dia jinak dan menuruti keinginan Anda.

Kami mengetahui metode penjinakkan Perkutut Lokal ini dari channel YouTube Syarief Partner. Jadi, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menonton video berikut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!