7 Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Liar dengan Terapi Lapar

Burungnya.com – Pusing burung Lovebird di rumah tidak mau bunyi atau konslet? Tenang, Anda bisa beralih ke pelatihan penjinakkan Lovebird. Ya, Anda dapat menjinakkan Lovebird dewasa, galak, dan liar dengan terapi lapar.

Teknik penjinakkan burung Lovebird memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti terapi lapar, terapi semprot, terapi mandi, terapi air ludah, hingga selotip sayap. Namun, semua terapi tadi sepertinya cukup menyiksa burung walau tidak terlalu ekstrem.

Kalau mau proses penjinakkan yang aman, nyaman, dan menyenangkan, Anda bisa menggunakan terapi lapar. Nah, perlu digarisbawahi bahwa terapi lapar maksudnya bukan tidak memberi makan Lovebird seharian, tapi pengurangan porsi makan saja.

Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Liar dengan Terapi Lapar (youtube.com)
Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Liar dengan Terapi Lapar (youtube.com)

Tips Menjinakkan Lovebird Dewasa dan Liar

1. Terapi Lapar

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa terapi lapar bukan menghentikan pemberian makanan ke Lovebird. Namun, terapi ini mengurangi makanan sehari-hari Lovebird. Jika biasanya Lovebird diberi makan dua sendok makan milet, sekarang cukup diberi satu sendok makan milet.

Intinya, porsi makan dikurangi menjadi setengah saja. Tujuannya agar burung Lovebird menjadi lapar di keesokan harinya. Misalnya, hari ini Lovebird diberi pakan setengah, pasti besoknya burung akan sangat lapar. Setelah mandi dan jemur, coba burung jangan diberi makan dulu karena akan diterapi lapar.

Burung Lovebird jangan sampai tidak makan seharian. Kasihan kalau burung tidak makan lama, dia bisa sakit atau bahkan mati. Lebih baik kurangi saja takaran makanan Lovebird.

2. Pemberian Pakan dengan Tangan Hand Feeding

Nah, setelah takaran pakan dikurangi, Anda harus membiasakan Lovebird diberi makanan menggunakan tangan atau hand feeding. Proses ini harus dilakukan secara rutin setiap hari sampai burung mengenali Anda.

Paling tidak, Anda harus memberikan makanan ke Lovebird setiap 1-4 jam sekali. Jangan sampai dalam sehari burung tidak diberikan makan menggunakan tangan. Nanti, proses penjinakkan burung menjadi berantakan dan Lovebird tidak mau diberi makan pakai tangan.

3. Latihan di Indoor atau Outdoor

Agar aman, Anda harus melatih burung Lovebird di dalam ruangan atau indoor. Pastikan ruangan tersebut tertutup tanpa celah terbuka tapi udara bagus dan tidak pengap. Kalau ada lubang angin-angin yang cukup besar lebih baik ditutup dulu. Namun, bila lubang angin-angin kecil, tidak ditutup tidak masalah.

Setelah Lovebird cukup nyaman dan terbiasa makan dengan tangan, Anda harus mulai mengeluarkan burung dari sangkar. Kapan burung Lovebird bisa dikeluarkan dari sangkar?

Waktu yang tepat mengeluarkan burung dari sangkar adalah setelah Lovebird nyaman dengan Anda. Ketika Anda memberikan makan, dia langsung merespon dan mendekat. Burung tidak takut saat tangan Anda dekatkan ke tubuhnya. Namun, perlu diketahui lagi bahwa tahap mengeluarkan burung ini masih dilakukan di dalam ruangan.

Cara Menjinakkan Lovebird Terapi Lapar (youtube.com)
Cara Menjinakkan Lovebird Terapi Lapar (youtube.com)

Latihan di luar ruangan baru boleh dilakukan saat burung benar-benar jinak. Artinya burung sudah mengikuti ke manapun Anda pergi. Misalnya, Anda melatih di dalam kamar tidur, saat pergi ke dapur dia ikut, saat pergi ke ruang tamu, dia juga ikut. Ini pertanda burung sudah jinak dan bergantung kepada Anda.

Kalau sudah demikian, Anda boleh mulai melatihnya di luar ruangan. Meski begitu, jangan terlalu jauh, cukup di teras rumah atau samping rumah. Yang penting usahakan di luar rumah tidak ada burung lain atau Lovebird lain. Sebab, burung bisa saja terpikat pada burung lain di luar rumah.

4. Jangan Takut Dipatuk atau Digigit Lovebird

Hampir saja lupa mengingatkan bahwa dasar dari latihan menjinakkan Lovebird adalah jangan takut dipatuk atau digigit. Sebab, kalau Anda ragu mendekatkan jari Anda ke paruh Lovebird, maka dia juga ikut ragu dan justru dia takut dengan Anda.

Loading...

Agar Anda tidak takut dengan gigitan Lovebird, coba dekatkan jari Anda dulu ke paruhnya. Biarkan Lovebird mengigit jari Anda, rasakan seberapa sakit gigitan tersebut. Dengan begitu Anda akan mengetahui gigitan Lovebird tidak sepenuhnya sakit, tapi cuma bikin kaget saja.

Terus latih kekuatan jari Anda sampai terbiasa digigit Lovebird. Dengan demikian Anda tidak akan takut lagi digigit Lovebird. Sebab, Anda merasa bahwa gigitan Lovebird tidak menyakitkan. Naluri Lovebird memang ingin menggigit segala macam objek untuk pertahanan diri, keingintahuan yang tinggi, dan perkenalan.

5. Cara Menangkap Lovebird Saat di Luar Sangkar

Mungkin Anda bingung bagaimana cara menangkap Lovebird bisa sudah di tahap latihan di luar sangkar. Misalnya, burung sudah mau hand feeding dan jinak di dalam sangkar. Kemudian Anda belajar melatihnya di luar kandang. Namun, burung terbang ke sana ke mari dan tidak tahu cara mengembalikannya ke dalam sangkar.

Kalau kasusnya seperti ini kami asumsikan burung sudah bisa FTM atau Fly To Me. Berarti Anda tinggal memanggilnya atau memberikan pakan dari tangan, lalu memegangnya secara perlahan. Jika burung belum bisa FTM, sebaiknya dilatih dulu di dalam sangkar.

Caranya, burung latihan terbang FTM dari tangkringan ke pintu sangkar. Tangan Anda diletakkan ke pintu sangkar sambil bawa pakan, biarkan burung terbang hinggap ke tangan Anda. Lakukan latihan ini terus menerus sampai burung terbiasa dan nyaman.

6. Berapa Lama Latihan Menyuapi Pakan ke Paruh Lovebird sampai Jinak?

Ada juga kicau mania yang bertanya, berapa lama burung Lovebird dilatih hand feeding sampai bisa jinak main di luar sangkar? Jawabannya tergantung dari masing-masing Lovebird dan Anda sendiri.

Kalau burung sudah terbiasa makan di tangan Anda, pasti dia sudah bergantung kepada Anda. Nah, proses ini bisa dijalani selama beberapa hari, satu minggu, dua minggu, dan mungkin juga satu bulan.

Intinya Anda harus konsisten dan sabar dalam melatih Lovebird agar cepat jinak. Kalau dilakukan dengan sabar, biasanya tidak sampai satu minggu, burung Lovebird sudah jinak. Nah, mumpung ini masih pandemi virus Corona, Anda bisa melatih Lovebird dengan leluasa.

Kalau Anda seorang pekerja, maka latihan menjinakkan Lovebird akan sulit dilakukan. Sebab, proses melatih hand feeding harus dilakukan sesering mungkin dan konsisten setiap hari.

7. Lebih Mudah Melatih Lovebird dengan Pancingan Lovebird Jinak

Jika Anda sudah memiliki Lovebird jinak, maka melatih Lovebird lain untuk jinak akan lebih mudah. Pasalnya burung lain akan melihat bahwa ada burung yang sudah dekat dengan Anda. Dengan begitu, dia akan ikut-ikutan dekat dengan Anda.

Jadi, masukkan saja burung Lovebird yang sudah jinak dalam kandang kotak dengan burung lain yang belum jinak. Berikan pakan dengan tangan, burung yang sudah jinak akan cepat merespon karena sudah terbiasa. Sementara burung lain yang masih liar pasti terpancing untuk mendekat dan mengambil pakan dari tangan Anda.

Kesimpulan

Demikian cara menjinakkan Lovebird dewasa liar dengan terapi lapar. Mungkin ada juga cara penjinakkan Lovebird yang lain, tetapi terapi lapar cenderung lebih banyak berhasil. Namun, proses latihan ini membutuhkan banyak waktu luang dan harus dilakukan secara konsisten.

Baca juga:

Selain itu, jari Anda kemungkinan juga akan jadi korban keganasan Lovebird. Di awal-awal Lovebird akan galak dan menggigit jari Anda, tapi kalau hubungan kalian sudah dekat, maka dia tidak akan menggigit lagi. Bahkan, nanti Anda bisa mengajak Lovebird jinak jalan-jalan ke manapun, misal ke taman, ke rumah teman, ke cafe, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cra menjinak lovebir dewasa
  • cara mengatur porsi makan burung agar jinak
  • Terapi lapar

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!