5 Cara Menjinakkan Trucukan Tangkapan Alam

Burungnya.com – Jika kalian tahu, cara menjinakkan Trucukan ternyata cukup mudah. Walau burung hasil tangkapan alam sekalipun, burung Trucukan bisa jinak dan nurut.

Burung Trucukan sendiri sebenarnya burung sawah yang harganya murah. Dibandingkan dengan burung kicauan Murai, Kacer, hingga Jalak, sebagian menganggap Trucukan burung murahan.

Padahal, sejatinya ada sisi menarik dari burung Trucukan. Suara burung Trucukan sangat keras dan melodi yang khas. Kemudian bila Trucukan jinak sekali, dia bisa menirukan gaya garuda atau orang Jawa menyebutnya nggaruda.

Oleh karena itu, kami membagikan cara menjinakkan Trucukan agar cepat nggaruda. Sayap Trucukan nanti bisa membentang seperti garuda saat sedang berkicau.

Baca juga: Cara Membuat Burung Kacer Cepat Jinak Dalam Waktu Singkat

Cara Menjinakkan Trucukan

Di dunia perburungan, Trucukan (Yellow-vented bulbul) sering disebut Merbah Cerukcuk atau Jogjog. Burung ini suka berkelompok untuk cari makan atau sekadar bertengger.

Saat malam, Trucukan suka tidur dengan berdampingan bersama temannya. Makanan Trucukan sebagian besar buah-buahan lunak, seperti pisang kepok.

Cara Menjinakkan Trucukan Tangkapan Alam
Cara Menjinakkan Trucukan Tangkapan Alam

Burung Trucukan mudah sekali dipelihara. Bahkan, cukup diberi pisang kepok, dia bisa bertahan hidup dan gacor. Anda cukup memberikan pisang kepok setengah saja, Trucuk sudah senang sekali.

Berikut cara menjinakkan Trucukan dewasa hasil tangkapan alam:

1. Menggunakan Kerodong

Pertama, burung Trucukan dijinakkan dengan kerodong. Burung yang baru dibeli atau ditangkap, pasti stres. Anda bisa membeli sangkar sendiri dan kerodong.

Masukkan Merbah Cerukcuk ke dalamnya dan kerodong full. Setelah dikerodong dan diberi makan, seminggu kemudian, coba buka kerodongnya.

Burung yang semula grabyakan, pasti sudah mulai tenang. Bahkan, burung tidak stres lagi.

2. Burung Dimandikan

Selanjutnya, coba mandikan burung Trucukan dengan cara disembur. Pegang burung dengan tangan kanan atau kiri. Kemudian ambil air bersih dan masukkan ke dalam mulut Anda.

Semburkan airnya ke tubuh burung Trucukan. Lakukan hal tersebut sampai bulu-bulunya basah kuyup.

Baca juga: Cara Menjinakkan Burung Baru Tangkap atau Beli dengan Sembur

Tapi perlu digarisbawahi bahwa mulut Anda harus bersih agar kumannya tidak berpindah ke burung.

Lalu, biarkan burung sebentar dan angin-anginkan. Setelah itu, jemur burung Trucukan sambil diberi jangkrik 5 ekor atau ulat hongkong secukupnya.

3. Batasi Makanan

Pemberian makanan burung Trucukan harus dibatasi dan tidak berlebihan. Maksudnya porsi voer cukup setengah cepuk saja.

Biarkan burung memakannya dulu sampai habis, baru nanti diberi lagi. Namun, sebelum diberi lagi, biarkan burung lapar dalam beberapa jam.

Ini sama seperti terapi lapar agar burung lebih menurut dan tidak ganas. Selanjutnya berikan makanan Trucukan sedikit demi sedikit.

Nanti, lama kelamaan dia akan ketergantungan dengan Anda. Burung Trucukan jinak sendiri karena kebiasaan.

Cara Menjinakkan Burung Trucukan
Cara Menjinakkan Burung Trucukan

4. Kandang Aviary

Katanya kandang aviary bisa dipakai untuk melatih burung Jog Jog lebih jinak. Cara melatihnya cukup memberikan pakan dengan cara dilempar ke dalam kandang.

Burung awalnya akan diam saja karena belum terbiasa. Kemudian bila sudah mengetahuinya, burung Trucukan akan menyambar makanan tersebut.

5. Diajak Main dengan Tangan

Selanjutnya, ajak burung Trucukan main dengan tangan. Entah itu menggoda Trucukan dengan lambaian tangan atau memasukkan tangan ke dalam kandang.

Nanti, aroma tangan Anda akan dikenali oleh burung tersebut. Sehingga begitu, Anda melambaikan tangan, burung Trucukan akan nggaruda dan gacor.

Baca juga: Pakai Air Ludah, Dalam 1 Hari Lovebird Bisa Langsung Jinak, Begini Caranya

Kesimpulan

Demikian cara menjinakkan burung Trucukan hasil tangkapan alam. Perlu diketahui bahwa praktek untuk membuat Trucukan jinak tidak semudah yang dibayangkan.

Biasanya burung liar butuh perhatian khusus dan ketelatenan ekstra. Jadi, Anda harus lebih sabar dalam merawat Trucukan agar cepat jinak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.