Cara Menurunkan Birahi Kenari dengan Daun Kemangi

Burungnya.com – Tahukah Anda, daun kemangi termasuk tanaman yang mudah tumbuh di pekarangan rumah. Sehingga, bila Anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas sekalipun, Anda masih bisa menanam daun kemangi 1-3 batang pohon. Nah, saat Kenari over birahi, Anda bisa menurunkan birahi Kenari dengan daun kemangi.

Biasanya daun kemangi dipakai untuk pelengkap makanan lalapan. Rasa daun ini khas karena beraroma mint dan memiliki banyak manfaat. Apa saja kandungan di dalam daun kemangi?

Kandungan Daun Kemangi

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu bahwa daun kemangi mengandung beberapa nutrisi seperti, air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein, serat, dan zeaxanthin.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, folat, serta vitamin A, B, C, dan K.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Pada manusia dan burung, tentu efek dan manfaat daun Kemangi berbeda. Kalau kemangi bisa menurunkan birahi Kenari yang terlalu tinggi, sementara untuk manusia, manfaatnya sebagai berikut:

  • Mencegah stres.
  • Menyehatkan sistem pencernaan.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Memiliki sifat anti radang atau anti kanker.
  • Mampu mengatasi jerawat.

Nah sekarang saatnya mengetahui cara menurunkan Kenari (OB) over birahi dengan daun kemangi muda. Apakah harus mencari daun yang muda-muda? Sebenarnya tidak harus daun muda, tapi yang terbaik untuk burung Kenari adalah daun kemangi muda.

Cara Menurunkan Birahi Kenari dengan Daun Kemangi

Pilih daun kemangi muda dan ambil bagian daun yang bagus. Artinya daun tersebut berwarna hijau muda, mulus, dan tidak dimakan ulat.

Ambil daun kemangi beberapa helai, kira-kira setengah genggam saja. Anda bisa memperkirakan porsi daun kemangi sekitar setengah cepuk makan.

Cuci daun kemangi di air yang mengalir atau pancuran air.

Setelah itu, daun kemangi dapat diberikan langsung dengan cara digantung di dinding sangkar atau dimasukkan ke dalam cepuk.

Jika Anda belum pernah memberikan daun kemangi, biasanya burung Kenari tidak mau. Anda bisa menyiasatinya dengan mengambil seluruh makanannya, setelah dia lapar baru Anda masukkan daun kemangi.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan daun kemangi ke burung Kenari dengan cara merebusnya. Masukkan beberapa daun kemangi ke dalam panci dan diisi dua gelas air.

Lalu masak sampai mendidih. Setelah air mendidih dan berwarna kekuningan, kecilkan api dan aduk-aduk daunnya. Terakhir matikan api dan tunggu sampai air dingin.

Loading...

Saring daun kemangi dan ambil airnya saja. Berikan air sari daun kemangi setelah burung dijemur. Porsi pemberian air daun kemangi cukup seperempat cepuk saja.

Terapi daun Kemangi untuk Kenari dapat dilakukan selama 3-7 hari.

Kesimpulan

Demikian tips menurunkan birahi Kenari dengan daun kemangi. Cara ini terbilang mudah karena daun kemangi sangat mudah didapatkan di sekitar rumah atau penjual sayur.

Baca juga:

Apabila Anda merasa kerepotan untuk merebus daun kemangi, lebih baik Anda memberikan daun kemangi secara langsung. Burung yang awalnya tidak suka kemangi akan menjadi suka kalau dia sedang lapar. Jadi, berikan daun kemangi saat burung lapar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!