10 Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Cepat dalam Hitungan Jam

Burungnya.com – Bagaimana cara menurunkan birahi Lovebird? Pertanyaan seperti ini sering muncul manakala Lovebird terlihat agresif saat bertemu lawan jenis. Kalau cuma menurunkan birahi Lovebird, sebenarnya sangat mudah, tapi ada cara yang lebih cepat, bahkan dalam hitungan jam.

Lovebird yang sudah over birahi (OB) harus segera diturunkan birahinya agar kemampuan ngekeknya selalu stabil. Ini penting jika Lovebird Anda sering mengikuti lomba. Kalau Lovebird Anda mau diternak atau dikawinkan, kondisi over birahi tidak terlalu bermasalah. Justru Lovebird harus dibuat birahi agar cepat kawin.

Baca juga: 3 Tingkatan Lovebird Birahi Lengkap dengan Ciri dan Cara Mengatasinya

Cara Menurunkan Lovebird Birahi

Cara Menurunkan Lovebird Overbirahi (trevorsbirding.com)
Cara Menurunkan Lovebird Overbirahi (trevorsbirding.com)

1. Lebih sering Memandikan Lovebird

Jika Anda ingin menurunkan birahi Lovebird, maka cara pertama yang harus dilakukan adalah memandikannya. Bahkan, frekuensi mandi Lovebird harus ditingkatkan agar birahinya turun. Apabila dalam sehari, Anda hanya memandikan Lovebird sekali, maka saat OB mandikan Lovebird lebih sering, yakni 2-3 kali sehari.

Durasi mandi Lovebird juga harus ditambah. Misal semula Anda hanya memandikan Lovebird selama 10 menit, maka sekarang tambah menjadi 2-3 kali lipat, yakni 20 menit sampai 30 menit. Sebaiknya, proses pemandian Lovebird dilakukan sebelum matahari terbit agar birahi Lovebird cepat turun.

Apakah Lovebird over birahi perlu dimandikan malam hari? Dalam kasus ini Lovebird dimandikan sebentar saja. Sebab, waktu terbaik memandikan Lovebird birahi adalah pagi hari.

2. Lovebird Diembunkan Setelah Solat Subuh

Jangan lupa, Lovebird juga perlu diembunkan dan dijemur agar birahinya cepat turun. Kapan waktu yang tepat untuk pengembunan Lovebird? Saat yang tepat untuk mengembunkan Lovebird yaitu pagi hari setelah solat Subuh, tepatnya pukul 04.00-05.00.

Lovebird harus diembunkan agar kesehatannya terjaga terutama masalah pernapasan. Pasalnya, udara di pagi hari masih sangat sejuk, sehingga baik untuk pernapasan dan kesehatan tubuh lainnya. Kalau pernapasan Lovebird sehat, tentu Lovebird bisa ngekek panjang dengan durasi yang lama.

Baca juga: 8 Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi dan Cepat Kawin

3. Lovebird Dijemur Sebelum Jam 09.00

Apabila Anda seorang pekerja kantoran, maka Lovebird bisa langsung dijemur mulai pukul 06.00-07.00. Anda bisa menitipkan Lovebird kepada keluarga atau tetangga agar proses jemurnya bisa lebih lama. Jadi, Anda bisa tenang saat meninggalkan Lovebird ke kantor.

Intinya, Lovebird dijemur begitu matahari terbit. Sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan Lovebird karena mengandung vitamin D. Terlebih sinar matahari di jam-jam tersebut masih terasa hangat sehingga nyaman untuk tubuh Lovebird.

4. Lovebird Dimasukkan Kandang Umbaran

Lovebird yang sedang overbirahi bisa dimasukkan ke kandang umbaran agar birahinya segera turun. Sebaiknya, Lovebird dipisah dari Lovebird lain. Jadi biarkan Lovebird berada di kandang umbaran sendirian.

Kalau Lovebird birahi dicampur dengan Lovebird lain, maka Lovebird tersebut bisa menyerang Lovebird yang lain. Hal ini tentunya akan membahayakan keselamatan Lovebird lain di dalam kandang umbaran.

5. Lovebird Tidak Dikerodong

Agar birahi Lovebird turun, sebaiknya Lovebird tidak perlu dikerodong mulai pagi hari sampai sore. Namun, saat menjelang malam atau udara terlalu dingin, Lovebird harus dikerodong.

Udara yang segar dan sejuk dapat membantu menurunkan birahi Lovebird. Sehingga disarankan Lovebird tidak perlu dikerodong dulu kalau Lovebird sedang over birahi.

Baca juga: 20 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Mencabuti Bulu

Loading...

Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Cepat

Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Untulan (hiperarticulos.com)
Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Untulan (hiperarticulos.com)

1. Hindari Pemberian Pakan yang Berpotensi Meningkatkan Birahi

Kalau Anda ingin cepat menurunkan birahi Lovebird, maka hal yang harus dilakukan adalah menghentikan pemberian pakan yang berpotensi meningkatkan birahi Lovebird. Apa saja makanan yang dapat meningkatkan birahi Lovebird? Makanan tersebut ialah jagung muda, kangkung, dan kwaci.

Ketiga makanan Lovebird ini sering kali dapat meningkatkan birahi. Sehingga, kalau Anda ingin birahi Lovebird turun, maka jangan diberi makanan tersebut. Sementara ganti makanannya dengan multivitamin dan usahakan agar air minum Lovebird tidak terkena sinar matahari.

2. Menurunkan Birahi Lovebird dengan Timun

Semua pasti sudah tak asing dengan timun, mentimun, atau ketimun. Nah, mentimun ini dapat menurunkan birahi Lovebird dengan cepat. Caranya, berikan mentimun di pagi hari sebelum Lovebird memakan sesuatu.

Sebab, dari beberapa pengalaman, Lovebird tidak begitu suka dengan timun. Jadi, sebaiknya timun diberikan saat Lovebird sedang lapar.

3. Daun Kemangi untuk Menurunkan Birahi Lovebird

Selain timun, Anda juga dapat menurunkan birahi Lovebird dengan daun kemangi. Dari dulu daun ini sudah dipercaya mampu menurunkan birahi dan menstabilkan birahi Lovebird dengan cepat.

Cara memberikan daun kemangi ke Lovebird, cukup diberikan dengan cara digantung di dinding sangkar atau dengan cara diseduh. Untuk cara kedua ini, Anda cukup menyiapkan memanaskan air kemudian masukkan daun kemangi.

Selanjutnya, biarkan air dingin sesuai suhu ruangan, kemudian ambil daun kemangi tadi dan berikan air seduhan tersebut kepada Lovebird yang birahi.

4. Lovebird Diberi Gabah dari Beras Merah

Lovebird Birahi Minta Kawin (youtube.com)
Lovebird Birahi Minta Kawin (youtube.com)

Cara lain untuk menurunkan birahi Lovebird dengan cepat yakni menggunakan gabah dari beras merah yang dicampur dengan milet putih. Pakan tambahan ini terbukti mampu menurunkan birahi Lovebird.

Anda bisa membeli gabah dari beras merah di kios-kios burung atau pasar burung. Harganya murah, tidak sampai Rp 10.000. Namun, tergantung seberapa banyak jumlahnya. Jika Anda membeli gabah beras merah dalam jumlah banyak, maka harganya lebih mahal.

Cara pemberian gabah beras merah ke burung Lovebird cukup mudah. Pertama bersihkan gabar beras merah dengan cara dicuci air. Ambil gabah yang mengendap di dalam air, sementara yang mengapung dibuang saja. Setelah itu keringkan dan taburkan 10-15 butir gabah beras merah ke pakan milet putih.

Baca juga: 10 Penyebab Lovebird Gacor Jadi Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya

5. Lovebird Dicarikan Untulan

Untuk Lovebird lomba atau Lovebird kontes yang sedang over birahi, Anda bisa mengatasinya dengan cara memberikan untulan atau pasangan Lovebird tersebut.

Tujuannya simpel, yaitu Lovebird yang awalnya over birahi bisa tersalurkan birahinya ke untulan tersebut. Namun, pastikan kedua Lovebird sudah berpasangan agar tidak saling serang saat disatukan ke dalam sangkar.

Demikian beberapa cara menurunkan birahi Lovebird dengan cepat dalam hitungan jam. Ya, dengan menjalankan perawatan tadi, maka birahi Lovebird akan segera turun dengan cepat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, segera bagikan ke teman-teman melalui media sosial. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/cara-menurunkan-birahi-lovebird-dengan-cepat-dalam-hitungan-jam/

Berikan komentar